Waktu yang Tepat Untuk Infus Injektor

Injektor bertugas menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Jika lubang-lubang (holes) pada injektor kotor atau tersumbat maka akan berpengaruh pada performa mesin secara keseluruhan. Oleh karenanya, injektor perlu dibersihkan secara berkala.

Salah satu metode membersihkan lubang injektor dari endapan kotoran adalah dengan melakukan infus. Pertanyaannya, kapan waktu yang tepat untuk infus injektor? Ingin tahu jawabannya? Berikut ulasan selengkapnya.

Waktu yang Tepat Untuk Infus Injektor

Seperti komponen motor lainnya, injektor juga perlu perawatan. Jika lubang- lubang yang ada di Injektor sampai kotor bahkan tersumbat, bisa jadi motor akan tersendat-sendat dan yang paling parah motor bisa mogok.

Untuk membersihkan injektor dengan cara infus, setiap pabrikan memiliki panduan yang berbeda. Untuk motor Yamaha bisa dilakukan infus setiap 10.000 km sekali. Berbeda dengan motor Honda yang menyarankan setiap 4.000 km dilakukan infus atau setiap kali melakukan servis berkala. Sedangkan ukuran cairan pembersih injektor disesuaikan dengan jenis motor itu sendiri.

Nah, jika motor injeksi sudah dipakai lebih dari 10.000 km, sebaiknya injektor perlu dibersihkan agar performa motor tetap prima. Sedangkan untuk membersihkannya bisa coba pakai cara infus. Jika injektor bersih, maka performa motor akan kembali seperti semula.

Baca juga: Tips Cara Merawat Motor Injeksi

Sebaliknya apabila lubang injektor kotor, aliran bahan bakar yang masuk ke ruang bakar jadi terganggu. Jika hal ini terjadi akan berpengaruh pada proses pembakaran mesin yang mengakibatkan performa mesin menurun. Makanya, perawatan mesin secara berkala sangat penting untuk menjaga performa mesin tetap prima dan motor jadi lebih awet.