Tips Cara Hidup Sehat yang Gampang dan Praktis

Hidup sehat menjadi impian setiap orang. Namun kenyataanya, masih banyak orang yang enggan menjalankan gaya hidup sehat. Padahal, cara hidup sehat gampang dilakukan, asalkan ada kemauan dan kesadaran dari diri kita sendiri. Keengganan ini biasanya muncul karena adanya anggapan kalau gaya hidup sehat itu sulit dijalani dan tidak menyenangkan.

Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena ada cara hidup sehat yang mudah dilakukan dan cukup menyenangkan. Asalkan didasari dengan niat dan komitmen kuat, maka semua itu terasa ringan dilakukan. Lalu, apa saja cara hidup sehat yang bisa dijalani?

Berikut tips cara hidup sehat yang gampang dan praktis yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh senantiasa sehat dan bugar. Jika dilakukan secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan dan menjadi kebiasaan yang baik dan sehat.

Tips Cara Hidup Sehat

1. Tidur dan beristirahat yang cukup

Ini adalah salah satu tips gaya hidup sehat yang gampang sekali dilakukan. Anda hanya diminta untuk menghindari kebiasaan tidur larut malam dan meluangkan waktu tidur yang cukup. Sebab tubuh membutuhkan istirahat setelah seharian beraktifitas.

Dengan tidur yang cukup, menjadi sarana untuk memperoleh tubuh bugar dan berat badan yang proporsional. Tidur dalam porsi yang pas juga membantu meningkatkan ingatan, merangsang kreativitas, hingga menghindarkan diri dari stres.

Baca juga: Cara Agar Terbiasa Bangun Pagi

2. Berjemur di pagi hari

Selain dari makanan, seperti ikan berminyak (salmon, sarden, makerel), telur, jamur, hati sapi, ikan cod, ikan tuna dan youghurt, vitamin D bisa juga didapatkan dengan cara sederhana yaitu berjemur. Anda bisa berjemur di pagi hari atau bisa juga dengan jalan-jalan disekitar rumah di area terbuka. Pastikan tubuh Anda mendapatkan cukup terpaan sinar matahari pagi.

Vitamin D banyak manfaatnya, selain sebagai suplemen untuk kesehatan tulang, jenis vitamin ini juga berguna untuk mengurangi risiko penyakit autoimun, jantung, stroke, kanker dan diabetes. Jadi, kalau ingin tubuh selalu bugar, pastikan Anda mendapatkan kandungan vitamin D yang cukup.

3. Berjalan dengan kaki telanjang

Menurut buku yang berjudul Earthing: The Most Important Health Discovery Ever? Tertulis, kalau bumi punya kekuatan penyembuhan menakjubkan. Katanya, bumi memiliki elektron bebas yang tidak akan habis. Kalau kita bersentuhan langsung dengan permukaannya, maka tubuh kita pun akan menerima energi positif yang berdampak baik bagi kesehatan.

Oleh karenanya, biasakan melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan permukaan tanah. Anda bisa memulainya dengan menjalani rutinitas jalan bertelanjang kaki di halaman rumah setiap pagi selama 15-30 menit. Kegiatan ini bisa Anda lakukan sembari menyerap kebaikan matahari pagi.

4. Banyak mengonsumsi air putih

Tips Cara Hidup Sehat yang Gampang dan Praktis

Tubuh mengandung lebih banyak cairan, oleh sebab itu air sangat penting bagi tubuh. Setiap hari tubuh akan kehilangan cairan, baik melalui keringat, urine atau buang air besar, sehingga kita perlu menjaga asupan air pada tubuh. Apalagi bagi orang yang sering beraktifitas dilapangan, tenru akan lebih banyak membutuhkan asupan air.

Jumlah air yang dibutuhkan setiap orang berbeda, tergantung pada faktor tertentu. Seperti kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik yang diakukan, sampai berat badan seseorang, mempengaruhi jumlah air yang dibutuhkan. Namun pada umumnya tubuh perlu 2,7-3,7 liter asupan cairan.

Baca juga: Cara Agar Kebutuhan Cairan Harian Terpenuhi

5. Rajin berolahraga

Berolahraga secara teratur memberi manfaat yang besar bagi keseharan tubuh. Seperti menurunkan resiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan penurunan berat badan. Jika tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki atau aktifitas sehari-hari seperti memilih untuk naik tangga daripada lift akan menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan murah.

Pilih jenis olahraga yang kamu senangi, hal ini akan meningkatkan semangat Anda untuk rutin dan terus melakukannya sekaligus membuat Anda tidak gampang bosan. Jika ingin suasana baru, pilih olahraga yang banyak berinteraksi dengan orang lain, seperti sepak bola, basket, bola voli, badminton dan lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Badan Lebih Berotot

6. Hindari mengonsumsi Alkohol

Tak berbeda dengan kafein, alkohol adalah diuretik. Tidak hanya itu saja, alkohol sudah terbukti punya efek negatif pada tubuh dan kesehatan. Seperti mempengaruhi fungsi otak, hati, paru-paru, dan organ tubuh lainnya. Jika Anda sering mengonsumsi alkohol, mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk tersebut. Agar tubuh Anda terjaga kesehatannya.

7. Berhenti merokok

Tips Cara Hidup Sehat yang Gampang dan Praktis

Sudah banyak dibuktikan bahwa merokok dapat merugikan kesehatan, mulai dari resiko terkena kanker paru hingga kanker mulut atau tenggorokan. Sudah terbukti tidak ada hubungannya antara rokok dan kejantanan, justru merokok malahan terbukti menghilangkan kejantanan itu sendiri. Jadi merokok dapat berakibat buruk bagi kesehatahn Anda.

Selain berhenti merokok, jauhi para perokok. Meskipun Anda tidak merokok, tetapi kumpul dan nongkrong bareng sama perokok, otomatis Anda jadi perokok pasif. Oleh karena itu, berhenti merokok dan pilih teman yang bukan perokok.

Baca juga: Cara Ampuh Berhenti Merokok Total

8. Jaga pola makan

Makanlah secara teratur, jangan makan terlalu kenyang. Makanlah dengan porsi sedikit tapi sering, sehingga tubuh akan mencerna makanan dalam proses metabolisme dengan lebih sempurna. Hindari makanan berminyak dan tinggi kalori, serta batasi konsumsi gula dan garam.

Sebagai pengganti konsumsi buah dan sayuran atau bisa juga mengonsumsi salad. Kurangi juga konsumsi kafein dan minuman bersoda. Sebaiknya ganti dengan jus buah bebas gula yang banyak mengandung air.

Itulah tips cara hidup sehat yang gampang dilakukan, mudah bukan? Selanjutnya yang dibutuhkan hanyalah kemauan keras dan komitmen yang kuat untuk menjalaninya. Ingat, sehat itu tak ternilai harganya. Jika Anda ingin memiliki badan sehat dan bugar, mulailah membiasakan diri dengan merubah gaya hidup Anda dengan pola hidup sehat.