Tips Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama

Seiring dengan kemajuan zaman, laptop sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian orang. Tak heran jika pengguna laptop dari waktu ke waktu semakin meningkat. Seperti perangkat elektronik lainnya, jika sudah lama dipakai tentu akan muncul berbagai masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi pada laptop adalah baterainya lemah atau ngedrop.

Nah, jika tidak ingin baterai laptop Anda cepat mengalami kerusakan, maka perlu dilakukan perawatan. Ketelitian saat pemakaian juga perlu diperhatikan. Penggunaan laptop terus menerus tanpa henti serta beban kerja yang berat bisa membuat baterai mudah mengalami kerusakan. Makanya, sebelum baterai laptop menjadi lemah, ada baiknya bila melakukan perawatan terhadap baterai laptop Anda.

Cara Jitu Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Sebenarnya cara merawat agar baterai laptop lebih awet dan tahan lama cukup mudah. Lalu, bagaimana caranya? Berikut tips agar baterai laptop awet dan tahan lama.

1. Gunakan Charger yang Original

Gunakan selalu charger yang masih original atau masih bawaan pabrik laptop tersebut. Jangan gunakan charger laptop lain walaupun port chargernya sama. Karena setiap charger memiliki standar yang berbeda-beda, bisa saja charger tersebut membuat arus listrik tidak stabil atau mempunyai arus yang lebih tinggi. Hal ini bisa memperpendek umur baterai.

Tips Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama
Gunakam Charger Asli



2. Charging Laptop Dalam Keadaan Mati

Usahakan saat mengisi daya baterai laptop dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan agar pengisian daya baterai lebih cepat penuh. Berbeda jika mengisi daya baterai dalam keadaan laptop masih menyala dan digunakan selama pengisian. Selain pengisian baterai menjadi lebih lama, baterai juga akan bekerja ekstra, melakukan pengisian dan menopang kinerja laptop. Hal ini bisa membuat baterai cepat lemah.

3. Cabut Charger Saat Daya Sudah Penuh

Jika pengisian daya baterai laptop sudah 100% alias penuh, segera cabut charger tersebut. Jangan biarkan arus listrik terus mengalir, sementara baterai telah terisi penuh, hal ini bisa membuat baterai cepat rusak.

4. Charge Laptop Jangan Menunggu Baterai Habis

Saat melakukan pengisian baterai, jangan menunggu daya baterai sampai 0%. Lakukan pengecasan saat daya laptop masih 15-20%. Hal ini dilakukan supaya baterai lebih awet dan tidak mudah sowak.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Ampuh

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Pernah Digunakan

Matikan atau hapus aplikasi yang memang tidak diperlukan sama sekali. Walaupun tidak pernah digunakan, aplikasi akan berjalan di belakang layar. Anda bisa melihat aplikasi mana yang berjalan di background melalui Task Manager. Untuk menjaga agar baterai laptop lebih awet, matikan atau hapus aplikasi yang tidak perlu.

6. Aktifkan Fitur Battery Saver atau Eco Mode

Fitur Battery Saver atau Eco Mode akan menghasilkan perubahan yang mendasar dalam memperpanjang masa pakai baterai. Fitur ini akan menyesuaikan pengaturan pada status daya rendah guna menjaga daya tahan baterai lebih lama.

Demikian cara efektif agar baterai laptop awet dan tahan lama yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.