Penyebab Video Tidak Dapat Menghasilkan Uang Di YouTube

Bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube? Ya, bergabung dengan Youtube Adsense adalah salah satu caranya. Youtube Adsense sendiri adalah program Google Adsense yang diterapkan di youtube. Anda bisa menghasilkan uang hanya dengan mengupload video. Namun channel Anda harus memenuhi persyaratan dan kebijakan dari youtube.

Dengan mengikuti program adsense melalui youtube, maka video yang Anda upload, akan dipasangi iklan. Nah, iklan inilah yang akan menghasilkan uang untuk Anda. Semakin banyak orang yang menonton serta jumlah klik iklan yang dilakulan penonton, semakin banyak pula bayaran yang Anda terima.

Banyak sekali orang yang sudah sukses menjadi youtuber, namun tak sedikit juga yang gagal. Lantas, mengapa sampai gagal mendulang dolar dari youtube? Mengapa video yang diupload tak bisa menghasilkan uang? Apa yang menjadi penyebab video tidak dapat menghasilkan uang dari youtube? Berikut ini beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya.

1. Kualitas video yang buruk

Kualitas video yang buruk menjadi salah satu penghalang untuk meraih uang dari youtube. Berbeda dengan video yang punya kualitas baik, youtube akan memberi perhatian lebih terhadap video tersebut. Begitu juga para pengunjung, mereka akan lebih tertarik untuk menonton video dengan kualitas baik. Bahkan tak jarang mereka akan mensubscribe channel Anda, dan akhirnya penggemar channel Anda pun terus bertambah.

Penyebab Video Tidak Dapat Menghasilkan Uang Di YouTube
Video Harus Berkualitas Baik

Selain itu, iklan yang akan ditampilkan youtube pada video yang kualitasnya buruk, biasanya mempunyai harga klik yang rendah. Dan jelas, hal ini akan mengakibatkan pendapatan Anda kurang bersinar. Untuk itu buatlah video yang berkualitas baik.

2. Video mengandung konten yang dilarang Google Adsense

Youtube melarang konten yang mengandung sara, pornografi, kekerasan dan juga perjudian. Jadi, pastikan bahwa konten video Anda tidak menyalahi aturan yang ditetapkan Google Adsense. Jangankan untuk bisa mendapatkan uang, jika Anda sampai melanggar peraturan diatas akun Anda akan beresiko dibanned oleh Youtube.

Baca juga: Cara Mendapatkan Ribuan Subscriber dengan Cepat

3. Video tidak original

Yang dimaksud tidak original adalah video tersebut bukan milik dan buatan Anda sendiri, atau mengandung konten milik orang lain. Jika menggunakan video atau konten yang memiliki klaim hak cipta, maka harus mendapatkan izin tertulis dari pihak bersangkutan. Jika tidak, video tersebut tidak dapat dimonetisasi dan tidak akan bisa menghasilkan uang. Misalnya saja acara televisi atau sebuah film.

Musik atau konten audio yang mempunyai hak cipta jika digunakan, juga harus ada izin tertulis dari pemegang hak cipta. Namun ada sebagian pemilik hak cipta yang mengizinkan musik atau konten audionya dipakai orang lain, dengan cara bagi hasil. Jika semacam ini, video Anda masih bisa dimonetisasi walaupun harus berbagi hasil dengan pemegang lisensi.

4. Reputasi di Youtube buruk

Jika mempunyai video yang memenuhi kriteria menghasilkan uang di youtube, namun ada salah satu video yang mengandung konten yang dilarang youtube atau terkena klaim hak cipta, maka youtube menganggap Anda mempunyai reputasi yang buruk. Dan hal ini akan berakibat terpuruknya video Anda. Karena youtube akan lebih memprioritaskan akun yang benar-benar mempunyai reputasi baik kepada pengunjung. Utuk itu, jaga reputasi Anda dengan baik.

Semoga bahasan penyebab video tidak dapat menghasilkan uang di youtube bisa berguna bagi calon youtuber. Selamat mencoba mejadi youtuber sukses.