Penyebab Motor Matic Jalannya Terasa Loncat

Saat motor matic jalannya terasa loncat-loncat, tentu sangat kurang nyaman dikendarai. Gejala ini tentu sangat mengganggu, terutama jika sering melewati polisi tidur atau kemacetan. Apalagi jika ini terjadi pada tarikan awal atau saat akselerasi seperti tiba-tiba loncat.

Nah, untuk mengetahui penyebab motor matic jalannya terasa loncat, bisa dibawa kebengkel untuk pemeriksaan bagian CVTnya. Masalah ini jangan sampai dibiarkan berlarut-larut, jika tidak ingin kondisi motor semakin parah.

Lantas, apa masalah yang membuat motor matik tarikannya lompat?

Penyebab Motor Matic Jalannya Terasa Loncat

Penyebab umum motor matic tarikan awal loncat adalah pada seputar kopling gandanya. Kopling ganda yang sudah tipis di bawah 1 mm atau mangkokan ganda yang sudah aus atau ngantong membuat tarikan motor gredek dan terasa lompat.

Penyebab Motor Matic Jalannya Loncat

Biasanya kopling ganda yang tipis ini menimpa sepeda motor yang jarak tempuhnya telah 30 ribu km lebih.

Baca juga: Penyakit Langganan Motor Matic dan Solusinya

Selain itu, kotoran yang menumpuk pada bagian cvt juga bisa menyebabkan tarikan motor terasa loncat. Hal ini biasanya terjadi pada motor yang tergolong baru.

Penyebab lain motor tarikannya loncat adalah karet kopling ganda yang sudah keras dan peyang. Karet ini sebagai bantalan alur mengembang dan menutupnya kampas kopling ganda, sehingga kalau sudah keras dan peyang gerakan kampas tak lancar. Makanya pada putaran rendah loncat-loncat.

Pergerakan kampas kopling ganda yang seret atau macet juga bisa disebabkan oleh dudukan antara kampas ganda dengan as tempat kampas kopling ganda. Ha ini bisa disebabkan adanya kotoran atau karat yang menempel. Untuk itu pada area tersebut perlu dibersihkan.

Penyebab Motor Matic Jalannya Lompat

Baca juga: Penyebab Motor Matic Digas tidak Mau Jalan

Kebocoran grease atau gemuk yang terjadi pada pulley belakang juga bisa menyebabkan motor terasa lompat. Jika terjadi kebocoran yang disebabkan seal pulley belakang yang sudah mulai rusak, maka grease ini bisa menempel pada permukaan kampas kopling ganda dan mangkokannya.

Karena permukaan yang licin terkena gemuk, akibatnya daya cengkram kampas kopling ganda akan terganggu. Hal ini akan membuat motor terkadang menyentak karena kampas kopling ganda selip. Sebaiknya segera ganti sil-sil pulley belakang jika mulai ada tanda-tanda kebocoran gemuk. Biar lebih jelas tonton video di bawah ini.

Nah, itulah beberapa penyebab motor matic jalannya terasa loncat. Jika motor mengalami gejala tersebut segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan agar tidak bertambah parah.