Penyebab Motor Matic Goyang Bagian Belakang

Salah satu masalah yang timbul pada motor matic adalah kendaraan terasa goyang bagian belakang ketika dipakai berkendara. Terlebih saat melewati jalan yang rusak atau saat bermanuver seperti berbelok.

Kondisi tersebut terjadi karena adanya kerusakan pada komponen kendaraan. Selain shock breaker piranti yang disebut engine mounting menjadi salah satu sebab motor goyang pada bagian belakang. Mengingat komponen ini berfungsi sebagai penyambung antara mesin dengan rangka atau body motor.

Selain menyebabkan motor oleng dan goyang tidak stabil saat dikendarai, masalah pada engine mounting juga menyebabkan mesin motor terasa bergetar hebat. Ditambah lagi, kerusakan engine mounting juga menyebabkan bantingan sokbreker jadi kurang maksimal sehingga terasa keras.

Nah, jika mengalami gejala seperti ini jangan langsung servis atau ganti shock breaker belakang, tapi periksa terlebih dulu engine mountingnya. Karena sebagian besar motor matic pakai engine mounting yang ada karetnya. Jika sudah berumur biasanya diatas 5 tahun karetnya akan pecah-pecah atau longgar.

Penyebab Motor Matic Goyang Bagian Belakang

Baca juga: Penyebab dan Solusi Motor Matic Brebet di Putaran Rendah

Jika karet engine mounting sudah aus dan bearingnya sudah oblak maka harus dilakukan penggantian. Jika engine mounting tidak segera diganti, motor terasa goyang bagian belakang, terutama saat sedang nikung.

Itulah beberapa penyebab motor matic goyang bagian belakang dan solusi mengatasinya.