Penyebab Motor Injeksi Mogok Dan Cara Mengatasinya

Sudah diketahui bahwa, motor berteknologi injeksi mengkonsumsi bahan bakar lebih irit daripada motor karburator. Karena sistem pengabut bahan bakarnya diatur secara elektronik sehingga lebih akurat. Cara kerja sistem elektronik ini bergantung pada sistem kelistrikan, terutama pada aki. Karena menggunakan sistem elektronik, banyak pemilik motor injeksi yang khawatir bila motornya mogok saat digunakan. Untuk itu berikut beberapa penyebab motor injeksi mogok dan cara mengatasinya yang perlu diketahui.

Penyebab Motor Injeksi Mogok Dan Cara Mengatasinya

1. Aki
Sudah sedikit disinggung diatas bahwa motor injeksi memiliki ketergantungan dari kondisi kelistrikan yang dialirkan oleh aki. Apabila aki drop, maka tegangan juga ikut drop, sehingga mengakibatkan arus listrik ke ECU beserta fuel pump mati dan bensin serta pengapian tidak bisa mengalir dan akhirnya motor akan mogok.

Cara mengatasinya dengan mengganti aki baru atau di-jumper. Ciri-ciri aki drop atau lemah bisa dilihat apabila kontak pada posisi “ON” lampu indikator, klakson atau lampu sein tidak mau menyala atau tidak normal. Apabila aki lemah, coba hidupkan mesin menggunakan kick starter. Caranya dengan menyelah berulang-ulang. Dengan cara tersebut aki yang tekor bisa terisi setrum kembali. Dan inilah yang bakal membantu proses menghidupkan komponen injeksi serta sensor-sensornya dan memungkinkan mesin kembali hidup.

2. Sekring atau Fuse
Selain dari aki, kondisi sekring atau fuse yang putus juga bisa mengakibatkan motor injeksi ngadat. Caranya dengan mengecek sekring bila hangus atau putus ganti dengan sekring cadangan.

3. Busi
Busi juga bisa menyebabkan motor injeksi mogok. Hal ini disebabkan kondisi busi yang sudah buruk atau kemasukan air bisa menjadi penyebab motor mogok. Cara mengatasinya buka busi, lalu bersihkan busi dari kerak hitam, jangan diampelas, tiup bila tutup kop businya ada air, lalu pasang kembali, lalu coba motor dihidupkan.

4. Bahan Bakar
Selain dari faktor kelistrikan dan pengapian, motor injeksi mogok bisa juga karena kehabisan bensin. Biasanya motor injeksi yang kehabisan bahan bakar walaupun sudah diisi bensin penuh akan sulit dinyalakan. Cara mengatasinya, putar kunci kontak pada posisi “ON” selama sekitar 4 detik lalu posisikan kontak “OFF” kembali, tanpa menstarter motor. Lakukan secara berulang 3 sampai 5 kali, hal ini bertujuannya agar fuel pump memompa bensin, kemudian baru distarter.


Sebenarnya masih ada faktor lain yang bisa menyebabkan motor injeksi mogok. Namun, beberapa penyebab motor injeksi mogok diatas adalah hal yang lumrah terjadi dan solusi mengatasinya juga mudah. Semoga bermanfaat.