Penyebab Injektor Kotor dan Mampet

Apa saja yang menjadi penyebab injektor kotor dan mampet? Nah, itulah pertanyaan yang akan Biangcara bahas dalam artikel ini. Mulai dari faktor penyebab injektor kotor dan tersumbat, sampai bagaimana cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Injektor adalah salah satu komponen penting pada motor berteknologi injeksi. Injektor ini bertugas menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. Jika lubang-lubang (holes) pada injektor kotor bahkan sampai mampet, maka bahan bakar yang disemprotkan injektor jadi terganggu. Sehingga akan berdampak pada turunnya performa mesin.

Bahkan jika sampai injektor mampet karena tersumbat kotoran yang menumpuk, dapat menyebabkan motor mogok total. Kalau sudah begini, tentu akan bikin repot, apalagi jika mogok di jalan. Nah, agar terhindar dari masalah tersebut, berikut beberapa penyebab injektor kotor yang perlu diketahui, agar bisa dilakukan pencegahan.

Penyebab Injektor Kotor dan Mampet

1. Bahan bakar

Bahan bakar disinyalir menjadi penyebab utama injektor tersumbat. Bukan tanpa sebab, meskipun proses tersebut tidak terjadi dalam waktu singkat, kotoran dalam bahan bakar lama-lama bisa menumpuk dan menyumbat lubang-lubang (holes) injektor.

Nah, agar injektor tidak tersumbat oleh kotoran dari bahan bakar dengan cepat, mulai sekarang gunakan selalu bahan bakar berkualitas baik. Karena bahan bakar dengan kualitas tinggi, lebih bersih ketimbang bahan bakar dengan kualitas rendah.

2. Air dalam tangki

Penyebab Injektor Kotor dan Mampet

Air yang masuk ke dalam tangki juga bisa menyebabkan injektor jadi kotor dan tersumbat. Karena tangki terbuat dari logam, maka air yang mengendap dalam tangki, lama-lama membuat tangki jadi berkarat, Nah, tangki yang berkarat tersebut akan menghasilkan kotoran berupa serbuk/pasir.

Meskipun fuel pump (pompa injeksi) terdapat filter bahan bakar, namun jika kotoran terus menumpuk, filter juga jadi sangat kotor dan rusak. Dan akhirnya kotoran tersebut masuk ke injektor.

Karena itu, pastikan bahan bakar yang di masukkan ke dalam tangki bersih dari air dan kotoran. Hindari menyemprotkan air bertekanan ke arah tutup tangki, karena air bisa saja masuk ke dalam tangki.

Baca juga: Penyebab Motor Injeksi Mogok dan Cara Mengatasinya

3. Kerak di ruang bakar

Kerak di ruang bakar juga bisa menyebabkan injektor kotor dan mampet. Kerak ini dihasilkan dari sisa pembakaran mesin. Pada motor yang sudah lama dipakai, bukan cuma ruang bakar dan exhaust saja yang berkerak, namun kerak juga akan menjalar ke jalur intake dimana injektor berada.

Nah, kotoran dari proses pembakaran tersebut akan menempel dan menutupi lubang injektor. Jika hal ini terjadi terus menerus, akhirnya lubang-lubang injektor jadi tersumbat dan mampet.

Berikut video tutorial cara kuras air yang ada dala tangki bensin.

Itulah beberapa penyebab injektor kotor dan mampet yang biasa terjadi pada motor injeksi.