Penyebab dan Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC

Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit yang mudah menular. Proses penyebaran TBC terjadi melalui udara, yaitu ketika penderita tuberkulosis bersin atau batuk disertai dengan keluarnya percikan dahak kemudian terhirup oleh orang lain. Penyebab tuberkulosis adalah bakteri Mycobacterium Tuberculosis.

Meskipun tergolong penyakit menular, namun masih bisa dilakukan pencegahan agar tidak terjangkit penyakit TBC. Salah satunya dengan mencegah penularan bakteri tuberkulosis dari satu orang ke orang lain. Caranya dengan mengidentifikasi penderita TBC, kemudian diberikan pengobatan.

Lalu, bagaimana cara mencegah penularan TBC yang bisa dilakukan?

1. Diagnosis Sejak Dini

Pencegahan penyebaran TBC akan efektif bila dilakukan diagnosis dan pengobatan sejak dini. Mengobati pasien TBC hingga sembuh dapat mencegah penularan penyakit ini lebih luas ke lingkungan sekitar.

Baca juga: Cara Mengobati Batuk dan Dahak tanpa Obat

2. Pemberian Vaksin BCG

Vaksin Bacillus Calmette-Guerin (BCG) efektif untuk mencegah TBC. Vaksin ini paling banyak digunakan untuk memvaksin bayi baru lahir.

3. Gunakan Masker

Menutup mulut dan hidung menggunakan masker dapat mencegah terpeciknya dahak yang mengandung bakteri tuberkulosis ke udara. Pasien TBC maupun orang yang berada dilingkungan pasien dapat memakai masker untuk mencegah penularan.

4. Buat Ventilasi atau Saluran Udara yang Baik

Penyebab dan Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC

Ventilasi udara yang baik dapat mengurangi penularan, karena bakteri tuberkulosis yang ada di ruangan dapat keluar dan akan mati bila terkena sinar UV dari matahari. Berikan juga pencahayaan yang cukup ke dalam rumah, agar bakteri yang ada dalam rumah, bisa mati terkena sinar UV dari matahari.

Baca juga: Cara Agar Terbiasa Bangun Pagi

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga. Dengan sistem imun yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak rentan terhadap berbagai macam penyakit, termasuk bakteri penyebab TBC.

Itulah tips cara mencegah penularan penyakit TBC. Jagalah lingkungan agar tetap bersih dan sehat, lakukan olahraga secara rutin, konsumsi makanan bergizi, akan dapat membantu kamu terhindar dari infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis.