5 Penyakit Langganan Motor Matic dan Solusinya

Zaman telah berubah, kini motor matic telah menjadi primadona bagi pengguna motor di Indonesia. Bukan cuma ibu-ibu dan remaja putri saja, kini motor matic sudah digunakan oleh berbagai kalangan. Ya, kepraktisan berkendara, menjadi salah satu daya tarik yang sulit ditolak. Tak heran, jika pengguna motor matic semakin membludak.

Namun sayangnya, masih banyak pengguna motor matic yang belum tahu, masalah yang kerap dialami motor matic. Kebanyakan dari mereka hanya asal pakai saja. Nah, bagi kamu yang belum tahu, apa saja penyakit langganan motor matic dan solusinya, berikut beberapa kerusakan atau masalah yang biasa terjadi pada motor matic yang perlu kamu tahu.

Penyakit Langganan Motor Matic dan Solusinya

1. Motor Mati Mendadak

Mesin mati mendadak, bisa dibilang penyakit yang kerap menimpa motor matic. Apa penyebabnya? Salah satu penyebab motor matic mendadak mati adalah tekanan kompresi bocor yang diakibatkan oleh setelan klep yang terlalu rapat. Bila celah klep terlalu rapat, motor kurang bertenaga dan cepat panas, akhirnya motor bisa saja tiba-tiba mendadak mati.

Untuk mengatasinya, segera bawa motor ke bengkel resmi atau bengkel langganan kamu untuk dilakukan penyetelan klep sesuai standar pabrikan. Sebab setiap motor mempunyai ukuran celah klep berbeda- beda.

Baca juga: Motor Injeksi Sering Mati Mendadak, Ini Solusinya!

2. Tarikan Gas Terasa Berat

Penyakit Langganan Motor Matic dan Solusinya

Tarikan motor terasa berat menjadi salah satu penyakit musiman motor matic. Hal ini bisa disebabkan oleh filter udara yang kotor penuh debu dan kotoran. Sehingga membuat motor tarikannya berat seperti tertahan.

Solusinya, lakukan pemeriksaan pada filter udara. Motor matic kebanyakan menggunakan penyaring udara atau filter udara jenis basah, apabila sudah sangat kotor kamu tinggal menggantinya dengan yang baru. Sebab filter jenis ini tidak bisa dibersihkan dan harus diganti.

Baca juga: Penyebab Motor Matic Digas Nggak Mau Jalan

3. Motor Terasa Tersendat Saat Dipakai

Selain tarikan motor yang berat, motor matic juga sering kali tarikannya kurang lancar dan terasa nyendat. Sehingga, jalannya motor tidak stabil dan tentu saja kurang nyaman dikendarai. Penyebab motor tersendat cukup banyak. Salah satunya disebabkan oleh terhambatnya suplay bahan bakar yang disebabkan tersumbatnya lubang ventilasi udara yang ada pada tutup tangki.

Cara mengatasinya cukup dengan memastikan lubang ventilator tutup tangki tidak tersumbat dan bersih dari kotoran. Cuci bersih kemudian semprot dengan udara bertekanan atau kompresor untuk membuang kotoran yang menyumbat lubang.

4. Mesin Cepat Panas

Jika sirkulasi oli kurang lancar bisa membuat mesin cepat panas atau over heating. Kondisi ini bisa disebabkan oleh volume oli berkurang tidak sesuai standar. Sehingga oli tidak mampu melumasi komponen mesin secara maksimal dan mesin jadi cepat panas.

Pada motor matic yang menggunakan radiator, jika coolant atau air radiator berkurang tidak sesuai standar bahkan sampai habis, juga bisa menyebabkan mesin over heating dan motor bisa mendadak mati.

Solusinya, biarkan mesin menjadi dingin. Setelah benar-benar dingin, periksa kondisi oli dan air radiator, jika berkurang tambahkan jika memungkinkan. Jika tidak, biasanya motor akan bisa dihidupkan kembali jika sudah dingin dan sebaiknya langsung bawa ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut agar motor normal kembali.

Baca juga: Cara Skir Klep yang Benar dan Tujuan Skir Klep

5. Rem Kurang Pakem

Penyakit Langganan Motor Matic dan Solusinya

Sebenarnya bukan hanya motor matic saja yang kerap mengalami rem kurang cakram (pakem). Penyebabnya bisa karena kampas rem sudah habis atau master rem dan kaliper bermasalah. Untuk itu kamu harus tahu tanda-tanda kalau salah satu komponen rem, terutama kampas rem sudah habis.

Jika motor di rem terasa tidak pakem dan tangkai rem terasa keras menandakan adanya gejala kerusakan pada komponen rem. Oleh karenanya, segera bawa motor matic kamu ke bengkel untuk pengecekan dan dilakukan perbaikan. Kalau sampai dibiarkan, bisa saja rem jadi blong dan ini sangat berbahaya.

Untuk mengatasi rem cakram kurang pakem, lebih jelasnya kamu bisa lihat video tutorial di bawah ini:

Nah, itulah beberapa penyakit langganan yang sering menimpa motor matic. Jadi, jika motor matic kamu terasa ada yang tidak beres, segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan. Jika perlu lakukan service berkala secara rutin, agar motor matic kamu tetap nyaman saat digunakan.