Pengertian Internal Link dan External Link dan Cara Membuatnya

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang pengertian Internal Link dan External Link dan cara membuatnya dalam sebuah artikel. Disini akan saya coba jelaskan secara ringkas apa yang dimaksud dengan Internal Link dan External Link tersebut serta cara membuatnya dalam sebuah artikel.

Istilah Internal Link dan External Link dalam dunia blogging biasanya masih berkaitan dengan teknik SEO dalam sebuah blog atau website. Oleh sebab itu cukup penting bagi seorang blogger untuk memahami apa fungsi dari Internal Link dan External Link agar website atau blog lebih SEO friendly. Sehingga nantinya artikel-artikel yang dibuat mendapat peringkat yang lebih baik di hasil pencarian search engine.

Pengertian Internal Link

Internal link adalah link yang dibuat untuk mengaitkan antara artikel satu dengan artikel lainnya dalam sebuah blog. Jadi link atau tautan yang dibuat tersebut akan mengarah ke artikel lainnya dalam sebuah blog. Internal link juga bertujuan untuk memberitahukan ke pembaca maupun search engine tentang adanya keterkaitan artikel yang dibuat dengan artikel lainnya yang sudah diposting sebelumnya. Dengan membuat internal link, website akan mendapatkan backlink dari internal link website itu sendiri.

Dengan adanya internal link, crawler search engine dalam menjelajahi halaman situs kita akan lebih mudah sehingga berpengaruh terhadap posisi artikel kita dihasil pencarian search engine. Selain itu, internal links juga memudahkan para pengunjung website kita untuk menemukan informasi lain yang masih terkait dengan artikel yang telah dibaca. Dengan cara ini, Anda akan membuat pengunjung bisa berada lebih lama di situs website atau blog kita. Pada intinya, Internal Link dalam website atau blog merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk meningkatkan SEO (Search Engine Optimization).

Pengertian External Link

External Link adalah link atau tautan pada halaman atau artikel sebuah website atau blog yang mengarah ke website atau blog lain. Jadi link atau tautan tersebut akan menuju ke halaman atau artikel pada website lain. Dan ini berarti bila pengunjung blog mengklik tautan tersebut maka pengunjung akan keluar dari blog Anda dan menuju ke blog lain yang diarahkan oleh link atau tautan tersebut.

Eksternal Link adalah kebalikan dari Internal Link. Kalau Internal Link mempunyai pengaruh yang baik bagi website kita, namun External Link justru berpengaruh tidak bagus bagi blog kita. Dalam hal ini akan berpengaruh pada teknik SEO website Anda, terutama bila link yang keluar tersebut menuju ke website yang mempunyai pagerank yang lebih rendah, apalagi bila tidak relevan dengan konten web Anda dan status link tersebut dibuat dofollow. Sehingga dimata search engine akan kurang bagus dan bisa berpengaruh pada hasil pencarian. Selain itu  External Link juga dapat meningkatkan potensi pengunjung website Anda keluar dan pergi ke link web external tersebut.

Cara Membuat Internal Link dan External Link

Untuk membuat Internal Link ataupun External Link caranya sama tidak ada perbedaan. Pada website atau blog yang menggunakan platform  blogger maupun wordpress caranya juga hampir sama, hanya beda pada bentuk tombol untuk menyisipkan link namun prinsipnya sama.

Caranya sebagai berikut,
1, Tekan atau klik pada simbol atau tulisan link pada halaman penulisan artikel.
2, Anda tinggal menuliskan kalimat yang akan tampil pada artikel pada kolom yang disediakan. Kemudian tulis juga link atau alamat url yang menjadi tujuan pada kolom yang tersedia. Lihat gambar dibawah,

Pengertian Internal Link dan External Link dan Cara Membuatnya
Pengertian Internal Link dan External Link dan Cara Membuatnya

3, Atau bisa dengan diblok tulisan pada artikel yang ingin dibuat link. Kemudian masukkan link atau url yang menjadi tujuan.
4, Centang pada pilihan buka tab baru apabila ingin link tersebut dibuka pada tab halaman baru. Bila tidak biarkan saja.
5, Klik tombol ‘ok’ atau ‘tambahkan link’.


Mudah bukan? Sekarang link pada artikel Anda sudah jadi. Anda juga bisa membuat lebih dari satu link pada setiap artikel sesuai kebutuhan. Anda juga dapat membaca ulasan Cara Membuat Sitemap dan Mengirim Peta Situs.

Demikian pembahasan tentang Pengertian Internal Link dan External Link dan Cara Membuatnya. Semoga bermanfaat.