Motor Injeksi Brebet dan Tenaga Loyo, Periksa Komponen Ini!

Jika motor injeksi brebet dan tenaga loyo, bisa jadi disebabkan oleh adanya gejala kerusakan injektor yang ada di motor injeksi. Ketika injektor rusak atau bermasalah kinerjanya jadi kurang optimal. Pengkabutan bahan bakar yang dihasilkan kurang sempurna, sehingga pembakaran yang dihasilkan pun tidak sempurna. Akibatnya motor jadi brebet dan kurang bertenaga.

Injektor bermasalah atau rusak bisa disebabkan oleh kotoran yang menyumbat salah satu dari lubang injektor (holes). Sehingga semprotan bahan bakar yang dihasilkan kurang maksimal.

Selain itu, jika injektor error, jumlah bahan bakar yang disemprotkan bisa juga lebih sedikit atau juga terlalu banyak. Sehingga campuran udara dan bahan bakar tidak seimbang yang menyebabkan pembakaran diruang bakar kurang sempurna. Jika hal ini terjadi, maka jalannya motor akan tersendat-sendat dan gas motor tidak mau stabil.

Baca juga: Motor Injeksi Sering Mati Mendadak, Ini Solusinya!

Motor Injeksi Brebet

Dalam keadaan normal, injektor akan menyemprotkan bahan bakar sesuai dengan perintah ECM atau ECU. Melalui data yang didapat dari sensor-sensor yang ada, ECM menentukan berapa banyak bahan bakar yang disemprotkan injector ke ruang bakar. Jika injector mengalami masalah, semprotan bensin ke ruang bakar bisa tidak sesuai dengan kebutuhan mesin. Akibatnya motor loyo dan brebet.

Untuk mengetes kinerja dari injektor, bisa dicek menggunakan alat Injector Tester. Alat ini, bisa digunakan untuk mengecek jumlah atau volume bahan bakar yang dikeluarkan, mengetahui berapa tekanan semprotan yang dihasilkan dan arah semprotan injektor. Jika hasilnya tidak sesuai standar, maka injektor perlu diganti dengan yang baru.

Baca juga: Tips Cara Merawat Motor Injeksi

Perlu diketahui juga bahwa, alat Injector Tester tidak bisa digunakan untuk memperbaiki injektor, namun hanya digunakan untuk mengecek kondisi injektor. Jika ada yang tidak beres alat ini bisa mendeteksinya. Nah, jika injektor bermasalah perlu dilakukan penggantian agar motor normal kembal

Nah, jika motor injeksi yang kamu miliki mengalami brebet saat digas dan tenaganya loyo, coba lakukan pengecekan pada injektor, walaupun sebenarnya masih banyak kemungkinan penyebab lain. Oleh karena itu lebih baik lakukan pemeriksaan ke bengkel untuk mengatasinya.