Menulis Artikel yang SEO

Menulis artikel yang SEO bisa dilakukan dengan mudah asal tahu caranya. Sebelum mulai menulis sebaiknya kuasai dulu materi yang akan kita tulis. Buat garis besar dari topik yang akan kita buat sehingga memudahkan dalam menulis artikel. Berikut tips cara menulis artikel yang SEO yang membuat mudah ditemukan oleh search engine.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis Artikel

Dalam menulis artikel ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian, antara lain sebagai berikut:

1. Pelajari kata kunci

Sebelum memulai penulisan tentukan topik artikel yang akan kita buat. selanjutnya coba cari kata kunci yang berkaitan dengan topik yang sudah ditentukan, apakah kata kunci tersebut banyak digunakan orang- orang dalam mesin pencarian google atau tidak. Untuk mengetahuinya anda dapat menggunakan gooogle keyword planner, masukan saja kata kunci tersebut terus perhatikan berapa kali kata tersebut muncul. Karena semakin tinggi angka kemunculannya (minimal ribuan kali) maka peluang artikel dengan kata kunci tersebut akan muncul dihalaman depan pencarian google semakin tinngi pula.

2. Perhatikan penulisan judul

Judul dalam artikel merupakan bagian yang perlu mendapat perhatian. Sebuah judul bisa mewakili topik dari sebuah artikel dan bisa juga menjadi kata kunci bagi mesin pencarian. Untuk itu hindari penggunaan judul yang sama dengan artikel yang lain. Sehingga memudahkan mesin pencarian mengenali tulisan-tulisan kita didalam blog yang terdiri dari banyak artikel.
Dalam menulis, usahakan menempatkan kata kunci diawal kalimat pertama atau paling tidak diantara kalimat pertama dan kedua pada paragraf pertama. Berilah perhatian lebih pada paragraf pertama ini.

3. Perhatikan jumlah kata dalam artikel

Jumlah kata dalam sebuah tulisan juga patut mendapat perhatian. Bila anda sedang membuat artikel sebaiknya buatlah tulisan yang cukup panjang jangan terlalu pendek. jika terlalu pendek dimata mesin pencarian dianggap kurang berkwalitas dibanding artikel dengan jumlah kata atau karakter yang lebih banyak. Perlu dipahami juga, demi untuk membuat tulisan panjang jangan sampai kita mengulang terlalu sering kata maupun kalimat yang sama persis. Hal ini juga kurang baik, carilah padanan kata yang mempunyai arti sama.

4. Penguasaan materi

Didalam menulis artikel alangkah baiknya kita memahami betul-betul topik atau materi yang akan digunakan untuk membuat sebuah artikel. Kalau sudah menguasai betul topik atau materinya, maka akan memudahkan dalam penulisan. Anda dapat memulai dengan membuat pokok-pokoknya lebih dahulu, barulah penjelasannya dibuat sedetail mungkin.

5. Buatlah karya sendiri

Senang rasanya bila dapat membuat tulisan hasil karya sendiri, yang dimaksud bukan artikel orang lain yang kita tulis dengan tangan sendiri tapi hasil dari pemikiran kita sendiri. Boleh saja meniru karya orang lain tapi jangan langsung ditiru apa adanya tulisan tersebut alias mengkopas tulisan tersebut dan langsung dibuat artikel didalam blog. Jangan lakukan hal itu, karena bisa dianggap melanggar hak cipta dan dapat menyebabkan blog kita dihapus google.
Perbanyak membaca tulisan dari berbagai sumber yang berkaitan dengan tema yang akan anda buat untuk menambah referensi dalam penulisan. Kemudian tulislah dengan kalimat-kalimat hasil pemikiran kita sendiri.

6. Padanan kata kunci

Padanan kata kunci maksudnya kelompok kata bisa berupa kalimat atau suku kata yang mempunyai kesamaan dengan kata kunci. Cara mengetahuinya adalah dengan memasukan kata kunci atau keyword kemesin pencarian google. Coba anda perhatikan baik-baik dihalaman pertama pencarian pada bagian bawah, tepatnya dibawah sejumlah situs yang muncul dihalaman tersebut. Tentu ada beberapa pilihan pencarian, gunakanlah kata- kata itu untuk dimasukan kedalam artikel secara acak dalam paragraf. Tapi ingat jangan terlalu sering menempatkannya karena akan berakibat kurang baik.

7. Membuat link

Apabila ada pengunjung keblog anda, kemudian membaca sebuah artikel, usahakan supaya pengunjung tersebut membaca artikel yang lain didalam blog. Caranya dengan memasukan link yang mengarah keartikel kita yang lain. Usahakan link yang dimasukan mempunyai relevensi dengan apa yang sudah dibaca, sehingga menimbulkan minat bagi pengunjung untuk membaca lagi. Jika terlalu banyak pengunjung yang keluar setelah baca satu artikel, menimbulkan efek kurang baik terhadap blog kita.

8. Belajar dari pesaing

Banyak sekali situs internet yang bertebaran saat ini , jumlahnya ribuan bahkan puluhan ribu lebih yang ingin artikelnya tampil dihalaman pertama mesin pencarian dan menjadi urutan teratas. Mereka selalu berlomba untuk menjadi nomor wahid . Nah, Kita bisa belajar dari para pesaing, dengan cara membaca serta memperhatikan tulisannya, baik isi materi maupun teknik penulisannya. Pahami cara menulis terutama bagaimana penyusunan kalimatnya, penggunaan heading, penempatan kata kunci dalam artikel dan berapa banyak pengulangan keyword tersebut dan sebagainya. Perhatikan betul teknik para master yang situsnya nongkrong diurutan teratas.


Pelajari juga, Cara Menulis dan Memposting Artikel

Demikian beberapa tips cara menulis artikel yang SEO yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.