Mengenal Istilah dan Ikon di Instagram

Bagi yang baru menggunakan Instagram, mungkin masih belum mengenal istilah dan ikon yang ada di Instagram. Berbeda dengan orang yang sudah lama malang melintang di aplikasi sosial media yang satu ini. Tentu, mereka sudah fasih akan arti dari simbol-simbol yang ada di aplikasi Instagram.

Seperti aplikasi pada umumnya, Instagram memiliki istilah dan ikon yang mempunyai fungsi tertentu dengan berbagai macam bentuk. Seperti dalam bentuk kata atau kalimat dengan istilah yang spesifik atau dalam bentuk simbol. Semuanya mempunyai maksud tersendiri.

Nah, bagi kamu yang baru menggunakan Instagram dan belum mengenal istilah dan ikon di Instagram, berikut beberapa istilah dan ikon Instagram yang perlu dimengerti. Agar ketika menggunakan Instagram dapat menikmati fitur-fitur yang ada di aplikasi sosial media yang satu ini secara maksimal.

Mengenal Istilah dan Ikon di Instagram

Lalu, apa saja istilah dan ikon Instagram yang perlu diketahui? Yuk cari tahu.

1. Feed
Feed adalah foto dan video yang kamu lihat ketika membuka aplikasi Instagram alias di halaman beranda. Bahasa Indonesia untuk feed adalah kabar

2. Stories
Stories atau Cerita adalah foto atau video pendek yang akan terhapus secara otomatis dalam waktu 24 jam. Fitur ini bisa kamu temui di jajaran gambar profil berbentuk lingkaran di atas feed.

Mengenal Istilah dan Ikon di Instagram

3. Live Video
Live Video adalah fitur untuk pengguna Instagram membuat tayangan langsung. Fitur ini hadir di dalam Instagram Stories.

Baca juga: Cara Melihat Instagram Stories yang Disembunyikan

4. Direct
Direct adalah pesan langsung antar pengguna Instagram. Kamu bisa mengirim foto dan video ke temanmu (baik personal atau grup). Kamu juga bisa mengirim foto atau video yang akan hilang secara otomatis (seperti Stories).

Kamu bisa mengenali dan mengakses fitur Direct dari ikon pesawat kertas (semacam ini: ) atau geser layar dari kanan ke kiri.

5. Follow dan Follower
Saat kamu menggunakan Instagram, kamu akan diminta untuk mengikuti (Follow) pengguna lain. Entah teman atau orang lain yang populer. Artinya foto dan video orang yang kamu ikuti akan muncul di feed aplikasi Instagram kamu.

Kamu juga akan diikuti oleh pengguna lain (Follower). Artinya, foto dan video yang kamu upload akan muncul di feed aplikasi Instagram orang yang mengikuti kamu.

Baca juga: Cara Menambah Follower paling Ampuh

6. Tanda Hati
Tanda hati adalah tanda yang dipakai untuk menunjukkan kalau suka pada foto atau video tertentu. Sama seperti ikon Like di Facebook.

Ikon hati ini juga bisa digunakan untuk melihat foto yang kita punya, yang disukai orang lain dan komentar dari follower.

7. Tanda Balon Percakapan 
Tanda ini menunjukkan fitur komentar. Tanda ini berada di bawah foto atau video di feed, jika kamu ingin memberi komentar tekan saja tanda tersebut.

Mengenal Istilah dan Ikon di Instagram

8. Tanda Bookmark
Tanda ini digunakan ketika ingin menyimpan foto atau video kiriman pengguna lain. Kamu bisa melihat semua foto yang telah kamu simpan dengan menekan tanda ini di profilmu.

9. Tanda @
Tanda @ (baca: et. Nama lain: ampersat, arroba) adalah tanda yang ada di depan nama pengguna. Saat kamu menggunakan tanda ini di depan nama pengguna dalam keterangan foto (caption) atau komentar, orang itu akan ditandai dan menerima pemberitahuan.

10. Tanda Pagar #
Tanda pagar (tagar) atau hashtag adalah label yang menunjukkan tema foto atau kata kunci foto. Ketika kamu menggunakan tagar tertentu di caption, pengguna lain bisa menekannya dan melihat foto dan video dengan tema sama. Foto atau video dengan tagar juga lebih mudah dilihat, karena pengguna lain bisa menemukannya saat menelusuri konten tagar tersebut.

Itulah beberapa ikon dan istilah yang ada di Instagram serta fungsi dari ikon tersebut. Semoga artikel ini bisa membantu pengguna yang baru menggunakan Instagram.