Mengatasi Tarikan Awal Motor Matic Bergetar

Sudah dapat dimaklumi bahwa motor umumnya membutuhkan perawatan berkala agar tetap bisa digunakan dengan nyaman. Pada motor matic hal yang sering dijumpai adalah pada tarikan awal saat motor akan berjalan, motor terasa bergetar hingga menjalar sampai ke stang kemudi. Ini yang umumnya dikeluhkan oleh para pemilik motor matic Honda Vario 125 PGM FI. Namun pada putaran mesin tinggi hal tersebut hilang. Bagaimana cara mengatasinya?

Bagi pengguna motor, sudah tentu menginginkan kenyaman saat berkendara. Tarikan motor terasa bergetar sungguh menggangu kenyamanan saat berkendara, untuk itu sebaiknya masalah tersebut segera diatasi. Bila tidak ingin repot, anda dapat langsung membawa motor anda ke bengkel resmi atau bisa juga ke bengkel kepercayaan anda untuk mengatasinya. Namun bagi anda yang punya hobi utak-atik motor bisa dicari penyebabnya dulu agar bisa mengatasinya.

Penyebab Tarikan Awal Motor Matic Bergetar

Penyebab tarikan awal motor matic bergetar hingga terasa ke stang kemudi, biasanya timbul dari kondisi kampas kopling ganda (weight set) serta rumah kopling ganda (clutch housing) yang kotor atau sudah tipis dan aus. Sehingga menyebabkan daya cengkram kopling kurang maksimal dan menyebabkan motor bergetar.

Gambar rumah kopling ganda (clutch housing)

Mengatasi Tarikan Awal Motor Matic Bergetar
Mengatasi Tarikan Awal Motor Matic Bergetar

Jangan lupa perhatikan juga komponen lain dalam rumah CVT, seperti fan belt, CVT spring dan roller CVT. Apakah semua komponen tersebut masih dalam keadaan baik. Setelah mengetahui penyebabnya, bagaimana solusi mengatasinya agar motor matic normal kembali?

Gambar kampas kopling ganda (weight set)

Mengatasi Tarikan Awal Motor Matic Bergetar
Mengatasi Tarikan Awal Motor Matic Bergetar

Cara Mengatasi Tarikan Awal Motor Matic Bergetar

Langkah pertama yang dilakukan yaitu, cobalah bersihkan kampas kopling ganda (weight set) dan mangkok kopling ganda (clutch housing) terlebih dahulu. Apabila setelah dibersihkan motor bisa normal kembali berarti penyebabnya karena adanya kotoran yang mengganggu kerja komponen kopling tersebut. Namun apabila motor masih bergetar disarankan segera untuk mengganti komponen tersebut agar masalah bisa teratasi.

Motor bergetar kemungkinan bisa juga disebabkan masalah lain, namun kasus yang sering terjadi diakibatkan oleh permasalahan yang disebutkan diatas. Untuk itu lebih baik, bawa motor ke bengkel resmi Honda atau bengkel langganan anda. Namun bagi anda yang punya pengetahuan tentang motor, bisa mencoba cara yang telah dijelaskan.


Demikian tips cara mengatasi tarikan awal motor matic bergetar, semoga dapat membantu para biker yang suka utak-atik motornya.