Mengatasi Lampu Depan Mati Vario 125

Lampu depan pada sepeda motor sekarang ini, dibuat menyala terus selama mesin hidup atau kontak pada posisi on. Hal ini mengakibatkan lampu akan lebih cepat mati seiring dengan pemakaian motor tersebut. Terlebih pada motor yang belum menggunakan lampu jenis LED. Untuk itu, pada ulasan kali ini akan saya bagikan bagaimana cara mengatasi lampu depan mati pada vario 125.

Motor vario 125 keluaran lama belum menggunakan lampu jenis LED. Menurut para ahli, lampu jenis LED lebih awet alias tahan lama ketimbang lampu jenis pijar yang masih digunakan pada vario 125 keluaran lama. Banyak pemilik sepeda motor vario 125 yang mengatakan, lampu depan sering mati gara-gara bohlam atau bola lampunya putus. Namun lampu depan mati tidak melulu karena bohlamnya putus, ada faktor lain yang bisa menyebabkan lampu depan motor Anda mati.

Mengatasi Lampu Depan Motor Mati



Memperbaiki lampu depan motor vario 125 sebenarnya cukup gampang dan bisa dilakukan sendiri dirumah tanpa perlu ke bengkel. Untuk itu, kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara memperbaiki lampu motor yang mati, terutama pada motor vario 125 keluaran lama. Untuk bisa memperbaikinya, harus diketahui dulu apa penyebabnya. Bagaimana cara mengetahui penyebabnya?

Penyebab Lampu Mati

Beberapa faktor yang umum terjadi penyebab lampu depan vario 125 mati adalah bola lampu (bohlam) putus atau bisa juga dari tombol (saklar) lampu yang rusak. Dua hal tersebut yang sering menyebabkan lampu motor mati dan cukup mudah untuk mengatasinya.

Untuk mengetahui penyebab pasti dari kedua hal tersebut, perlu dilakukan pengecekan. Untuk itu simak dan perhatikan baik-baik langkah demi langkah ulasan ini.

Cara Mengetahui Penyebab Lampu Mati

Lampu depan vario 125 terdri dari dua buah bola lampu kanan dan kiri. Masing-masing bola lampu bisa berfungsi untuk jarak dekat dan jarak jauh yang diatur menggunakan tombol lampu. Nah, untuk bisa mengetahui penyebab lampu mati, langkah yang perlu dilakukan adalah:

1. Putar kontak posisi on dan hidupkan mesin.



2. Perhatikan, apakah kedua bola lampu kiri dan kanan mati semua atau mati salah satu.

a. Jika tombol lampu pada posisi jarak dekat, bola lampu mati salah satu, namun bila posisi tombol lampu jarak jauh, lampu hidup semua. Maka kemungkinan besar bola lampunya putus. Begitupun pada posisi sebaliknya.

b. Jika tombol lampu posisi jarak dekat ataupun jarak jauh bola lampu mati salah satu namun bergantian antara kanan dan kiri, maka sangat memungkinkan bola lampunya yang putus. Misalnya, posisi jarak dekat yang mati sebelah kiri dan posisi jarak jauh yang mati sebelah kanan.

c. Jika pada posisi tombol jarak dekat bola lampu mati semua dan pada posisi tombol lampu jarak jauh lampu hidup semua atau mati salah satu, maka ada dua kemungkinan yaitu, kedua bola lampu putus, atau tombol lampunya bermasalah (rusak). Ini pun berlaku pada posisi sebaliknya.

d. Jika posisi tombol jarak dekat dan jarak jauh lampu mati semua, maka kemungkinan kedua bola lampu putus atau tombol lampunya yang rusak.

Setelah melakukan pengecekan diatas langkah selanjutnya adalah, bagaimana cara menentukan apakah bola lampunya putus atau tombol lampunya yang rusak?




1. Lakukan pengecekan pada tombol lampu terlebih dahulu, yaitu dengan membuka (mencopot) tombol lampu tersebut. Karena hal ini lebih cepat dan mudah dilakukan daripada mencopot bola lampunya. Cara membukanya bisa menggunakan plat tipis semisal skrap atau obeng tipis untuk mencongkelnya. Ingat, hati-hati jangan sampai terkena tangan atau menimggalkan bekas congkelan yang mengganggu. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada video di bawah ini:

2. Lepaskan tombol lampu dari soket tiga buah kabel yang menancap.

3. Lakukan jumper pada soket tiga kabel tersebut. Kabel putih biasanya untuk lampu jarak dekat dan kabel biru biasanya untuk jarak jauh. Sedangkan kabel positif (setrum) berada ditengah. Hubungkan kabel positif dengan kabel putih kemudian kabel biru. Bila lampu menyala maka tombol lampunya yang rusak. Bila lampu tidak menyala maka bola lampu (bohlam) putus.

Mengatasi Lampu Depan Mati Vario 125
Soket Tombol Lampu

4. Lakukan penggantian pada komponen yang rusak dan selesai.

Masih ada kemungkinan lain penyebab lampu tidak bisa hidup, misalnya kerusakan pada kabel atau lainnya. Namun kemungkinan diatas biasanya yang sering terjadi pada vario 125. Selain itu pengecekannya juga lebih gampang.

Demikian tips cara mengatasi lampu depan mati. Bagi Anda yang tidak suka ribet, di bawa ke bengkel tentu langsung teratasi dan beres. Namun bagi yang ingin memperbaikinya sendiri, bisa dicoba cara diatas. Hitung-hitung untuk menambah ilmu. Demikian, semoga bermanfa’at.