Memperbaiki Kesalahan Perayapan pada Google Webmaster

Seperti telah diketahui bahwa Google Webmaster Tools merupakan alat untuk berkomunikasi para Blogger dengan Google. Apabila website tidak terhubung dengan webmaster maka website akan sulit terindex oleh Google dengan cepat. Berbagai fitur yang ada di dalam Webmaster juga berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebuah situs, baik untuk versi desktop maupun mobile.

Pemilik situs seharusnya selalu memperbaiki segala kesalahan yang terdapat di dalam Webmaster, supaya websitenya dapat menduduki peringkat pertama dalam mesin pencarian Google. Banyak sekali kesalahan yang perlu diperbaiki, seperti kesalahan perayapan, data terstruktur, duplikat konten, kebergunaan seluler, sumber daya yang diblokir, penargetan internasional dan lainnya.

Berbagai kesalahan tersebut jika tidak segera di perbaiki dapat berakibat fatal untuk website Anda, contohnya seperti sebagian konten artikel tidak dirayapi oleh google, bahkan website anda bisa hilang dalam mesin pencarian google. Makanya, jika menemukan kesalahan didalam Webmaster segera diperbaiki.

Terdapat banyak faktor penyebab terjadinya kesalahan perayapan, antara lain karena link rusak, ada link artikel yang belum di masukan ambil sebagai google, artikel yang telah di hapus namun link di Webmaster belum dihapus dan sebagainya. Untuk itu pada postingan kali ini akan membahas bagaimana cara mengatasi kesalahan perayapan tersebut agar tidak berimbas kepada kesehatan sebuah website.


Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan pada Google Webmaster

1. Masuk ke akun Webmaster https://www.google.com/webmasters/tools pilih alamat blog yang ingin diperbaiki (jika memiliki lebih dari satu blog).

2. Klik menu Perayapan => Kesalahan perayapan, kemudian bisa dilihat apakah ada kesalahan atau tidak, baik pada desktop atau ponsel cerdas. Jika ada maka segera diperbaiki. Bila terdapat kesalahan yang cukup banyak, silahkan copy paste semua kesalahan tersebut sehingga nantinya tidak mondar-mandir ke halaman tersebut.

3. Kemudian klik menu Google Index => klik Hapus URL

4. Kemudian Klik Sembunyikan sementara, kemudian pastekan url yang sudah Anda copy sebelumnya, kemudian klik => Terus

5. Kemudian pilih Jenis Permintaan ‘Sembunyikan laman dari hasil penelusuran dan hapus dari cache untuk sementara’ kemudian klik => Kirim Permintaan
Setelah anda klik kirim permintaan maka status dari penghapusan URL masih ‘tertunda’ namun, setelah google merayapi ulang situs Anda maka statusnya akan berubah menjadi ‘dihapus’.

6. Ulangi langkah yang sama untuk semua url yang error.

Jika telah melakukan semua cara di atas maka langkah selanjutnya silakan Anda kembali ke ‘Kesalahan Perayapan’ kemudian klik semua link kesalahan dan klik ‘Tandai sebagai telah di perbaiki’ => kemudian klik ‘Oke’, dan selesai.

Silakan cek kembali kesalahan perayapan pada webmaster keesokan harinya apa masih ada kesalahan lagi atau tidak, perbaiki kalau memang ada. Usahakan Anda sering mengecek kesalahan tersebut karena baik untuk kesehatan blog kita.

Demikian tutorial cara memperbaiki kesalahan perayapan pada Google Webmaster, Semoga bermanfaat.