Membuat Saluran Khusus Adsense Untuk Meningkatkan Penghasilan

Saluran khusus adsense atau custom channel merupakan salah satu fitur Google Adsense yang berguna untuk lebih memaksimalkan penghasilan publisher adsense. Dengan menggunakan fitur ini, iklan yang dipasang akan lebih tertarget sesuai dengan niche blog yang dikelola. Misalnya tentang kesehatan, blogging, kuliner, wisata atau lainnya.

Saluran khusus ini akan menginformasikan kepada pengiklan adword agar lebih fokus pada blog kita sesuai dengan jenis iklan yang dia iklankan. Jika pengiklan cocok dengan saluran khusus yang kita buat, maka akan terjadi penawaran dan mereka mau membayar biaya lebih tinggi per klik (CPC). Dengan begitu, otomatis nilai iklan kita akan menjadi lebih tinggi dan akhirnya pendapatan adsense kita juga akan meningkat.

Selain membuat nilai iklan lebih optimal, kita juga bisa memanfaatkan saluran khusus ini untuk memantau kinerja iklan dari masing masing saluran yang kita buat. Karena setiap saluran khusus terdapat laporan tersendiri secara mandiri. Jadi kita bisa melihat iklan yang kinerjanya maksimal dan yang kurang maksimal. Dengan begitu kita bisa mengganti iklan yang kurang memuaskan dengan iklan yang punya performa bagus agar lebih menguntungkan.



Bagaimana cara membuat saluran khusus agar penghasilan lebih maksimal?

Membuat Saluran Khusus Adsense Untuk Meningkatkan Penghasilan
Cara Mengoptimalkan Iklan Adsense

Untuk membuat saluran khusus adsense ini sangat mudah, Anda tak perlu punya keahlian khusus untuk membuatnya. Caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Login ke akun adsense, disarankan ganti dashboard adsense Anda menggunakan bahasa inggris.
2. Pilih menu “Ads”, tunggu beberapa saat akan muncul beberapa sub menu, kemudian pilih “Custom channels”.
3. Setelah itu pilih “New custom channel”, maka akan muncul halaman baru berupa form untuk membuat saluran khusus.
4. Isi form tersebut, Name untuk nama channel. Anda bebas menentukan nama channel yang akan dibuat.
5. Ad units, untuk menambahkan unit iklan yang akan ditawarkan, tekan “add” untuk menambahkannya ke daftar pilihan. Usahakan pilih unit iklan yang aktif saja.
6. Targeting, beri centang pada bagian ini. Kemudian isi lagi form yang ditampilkan.
7. Ads appear on, tempat dimana iklan akan ditampilkan. Jika ingin menampilkan iklan tertarget di beranda, maka masukkan kata dalam bahasa inggris ‘homepage’. Jika ingin menempatkan iklan pada artikel blog dengan kategori olahraga, maka ditulis ‘sports articles’.
8. Ad location, lokasi dimana iklan ditempatkan. Pilih “Multiple locations” jika space iklan yang diberikan lebih dari satu.
9. Description, masukkan deskripsi blog secara spesifik tidak perlu panjang lebar.
10. Site language, untuk memilih bahasa situs. Pilih “Indonesian” jika blog Anda menggunakan bahasa Indonesia.
11. Selanjutnya klik “Save” untuk menyimpan semua pengaturan yang telah Anda lakukan.

Baca juga: Cara Memasang Iklan Adsense di Blog WordPress

Sekarang Anda sudah selesai membuat saluran khusus adsense untuk meningkatkan penghasilan. Dan mungkin, ini akan membutuhkan waktu beberapa hari untuk melihat hasilnya. Selamat mencoba.