Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Binahong merupakan salah tanaman yang bisa tumbuh di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Binahong adalah salah satu jenis tanaman yang menjalar, dan panjangnya bisa mencapai 5 meter lebih. Daun dari binahong ini berbentuk menyerupai hati dan mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tumbuhan binahong yang mempunyai nama lain family basellaceae ini memiliki khasiat mempercepat penyembuhan bekas luka, mampu mengobati berbagai masalah perut, mampu mengatasi masalah kulit, dan juga efektif untuk mencegah kanker dan tumor.

Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Sudah dijelaskan diatas bahwa tanaman binahong mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat daun binahong dalam bidang kesehatan.

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat daun binahong adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Luka bisa disebabkan akibat benturan fisik ataupun kegiatan mikroba. Meskipun terkesan sepele, luka yang tidak kunjung sembuh dapat menyebabkan infeksi dan membahayakan keselamatan seseorang.




Daun binahong telah digunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit serta peradangan. Daun ini dapat membantu proses penyembuhan luka lebih cepat.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa daun binahong yang diekstrak dengan menggunakan etanol memberikan efek penyembuhan luka yang lebih baik ketimbang obat merah (povidone iodine). Daun binahong juga memiliki komponen anti-radang, antioksidan, antibakteri, dan efek analgesik. Komponen ini dikarenakan tingginya kandungan saponin, alkaloid, polifenol, flavonoid, glikosida, dan triterpen yang merupakan kandungan-kandungan yang berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Mengobati Wasir (Ambeien)

Wasir atau ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang menyebabkan penurunan terhadap bantalan anus. Beberapa penyebab yang mengakibatkan seseorang terkena wasir adalah mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, kurang minum air putih, duduk terlalu lama dengan posisi yang sama, sering menahan untuk BAB dan lain sebagainya.

Mengobati wasir dengan daun binahong sangat mudah, caranya cukup dengan mencuci bersih daun binahong (minimal 16 lembar). Masukkan daun binahong yang telah dicuci bersih ke dalam panci yang berisi air. Jika sudah mendidih, angkat dan saring. Masukkan air rebusan daun binahong dalam gelas, dan minum ramuan ini minimal 3 hari sekali.

3. Mencegah Stroke

Tanaman binahong mempunyai kandungan saponin, berguna sebagai anti kolesterol. Hal ini akan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah akibat menumpuknya lemak.

Stroke adalah penyakit yang terjadi akibat penyumbatan, penyempitan, serta pecahnya pembuluh darah yang menuju ke otak sehingga asupan darah dan juga oksigen menuju ke otak semakin menurun. Kandungan saponin pada daun binahong dapat mencegah penyumbatan dan penyempitan yang terjadi akibat penumpukan lemak dan menurunkan efektifitas kolesterol.



4. Mencegah Tumor dan Kanker

Penyakit tumor ada dua macam, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak biasanya tidak berbahaya karena tidak tumbuh besar dan tidak menyebar ke jaringan lain. Sedang tumor ganas disebut sebagai kanker yang tumbuh dengan cepat dan dapat merusak jaringan tubuh yang lain. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun binahong ini dapat membantu menurunkan risiko seseorang terserang tumor dan kanker. Namun, perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui khasiat daun binahong dalam mengobati tumor dan kanker.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan senyawa bioaktif flavonoid dan alkaloid pada daun binahong ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskuler. Tekanan darah tinggi dapat memicu munculnya penyakit lain, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, serta stroke.

6. Mengobati Diabetes

Tingginya kadar gula darah akan menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes. Kandungan alkaloid pada daun binahong baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan daun binahong memiliki komponen hipoglikemik, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah pada tubuh.

7. Menghilangkan jerawat

Selain kandungan anti bakteri, kandungan asam askorbat atau vitamin C pada daun binahong ini juga menjadi antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mempercepat penyembuhan luka jerawat. Hal ini akan membuat jerawat pada kulit lekas sembuh dan juga akan membuat kulit tampak lebih sehat dan segar.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

8. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat adalah penyakit yang timbul akibat kelebihan zat purin dalam tubuh. Purin berasal dari makanan dan minuman seperti jeroan, makanan laut, daging, makanan kaleng, dan sebagainya. Pada proses normal, asam urat akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin dengan mekanisme penyaringan pada ginjal. Namun, pada pasien asam urat, zat purin yang terdapat dalam tubuhnya sangat berlebih sehingga menyulitkan ginjal untuk melakukan fungsinya.

Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun binahong 1 kali sehari. Kandungan asam askorbat atau vitamin C yang terdapat pada daun binahong akan menetralkan kelebihan zat purin yang terdapat pada tubuh Anda.

Demikian beberapa manfaat daun binahong bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.