Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Buah sirsak mempunyai rasa manis dan asam. Buah sirsak juga kaya akan serat. Selain mengandung banyak serat, juga mengandung banyak karbohidrat, vitamin C, B1, dan B2. Selain daging buahnya yang kaya akan gizi daunnya pun mengandung senyawa yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun sirsak merupakan bagian yang paling bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan daun sirsak menjadi populer ketika hasil dari sebuah penelitian menyatakan bahwa terdapat senyawa yang dapat mengobati kanker dalam daun sirsak.

Salah satu kandungan yang terdapat dalam daun sirsak adalah Annonaceous Acetogenins. Menurut penelitian Acetogenins merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

1. Mengobati Kanker

Manfaat daun sirsak pertama yang membuat daun sirsak menjadi terkenal adalah mengobati kanker. Bahkan daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi. Hal ini dikarenakan acetogenin mampu mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker. Acetogenins pada sirsak sangat kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor.

Caranya adalah dengan merebus 5-10 lembar daun sirsak dengan 2-3 gelas air mineral. Rebus hingga air tersisa berkisar 1 gelas. Kemudian bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum rutin setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

2. Mengobati asam urat

Selain bisa mengobati kanker, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Caranya adalah dengan merebus 5-10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 2-3 gelas air mineral. Rebus hingga air tersisa sekitar 1 gelas. Minum air rebusan tadi, bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi secara tetatur agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

3. Mengobati kolesterol

Bagi Anda yang mempunyai kolesterol tinggi, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun sirsak. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kolesterol, sama dengan cara diatas, yaitu merebus daun sirsak dan diminum secara tetatur tiap hari.

Selain membantu mengatasi penyakit diatas rebusan daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengatasi diabetes, paru-paru dan dapat meningkatkan kesuburan. Perlu diperhatikan, pengobatan alternatif atau tradisional bukan untuk menggantikan pengobatan atau terapi medis dari dokter, melainkan hanya sebagai tambahan atau pelengkap.


Baca juga: Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Karena itu, tidak boleh sembarangan, sebab reaksi tiap orang terhadap obat-obatan bisa berbeda satu sama lain. Meski punya keluhan yang sama, belum tentu cocok bagi seseorang akan cocok untuk orang lain. Jadi, lebih baik bila ingin mencoba pengobatan herbal konsultasi dulu dengan dokter yang menangani dan memahami kondisi Anda. Demikian sedikit ulasan tentang khasiat dan manfaat daun sirsak bagi kesehatan
Semoga bermanfaat.