Daftar Tips dan Trik Keren Tersembunyi di WhatsApp

Ingin tahu daftar tips dan trik keren tersembunyi di whatsApp yang belum banyak diketahui orang? Yup, kamu berada di tempat yang tepat, karena kali ini Biangcara akan mengupas tuntas bagaimana cara membuat chat WA kamu tampil menarik, keren dan bikin penasaran.

WhatsApp Messenger kini mejadi aplikasi chatting yang memiliki banyak fitur. Bukan hanya sekedar berkirim pesan teks, gambar atau video saja. Kini pengguna WhatsApp, dapat melakukan panggilan audio maupun video, serta dapat memanfaatkan fitur tambahan lain yang berguna di WhatsApp.

Meski punya banyak fitur, namun nyatanya masih banyak pengguna yang kesulitan menggunakan fitur tambahan ini. Bahkan ada sebagian pengguna yang belum sadar kalau ada fitur menarik yang tersembunyi dalam WhatsApp.

Salah satu fitur yang cukup menarik adalah fitur untuk memodifikasi bentuk tulisan agar tampil lebih keren. Kamu bisa membuat tulisan jadi tebal, miring ataupun terbalik. Selain itu kamu juga bisa membuat tulisan jadi berwarna, sampai membuat stiker bikinan kamu sendiri, pokoknya masih banyak fitur-fitur lain yang bikin WhatsApp kamu tambah menarik dan kekinian.

Biar tidak bikin tambah penasaran, apa saja fitur-fitur unik WhatsApp yang jarang diketahui banyak orang, berikut daftar tips dan trik keren tersembunyi yang ada di WhatsApp.

Daftar Tips dan Trik Keren Tersembunyi di WhatsApp

1. Membuat Tulisan Bold

Tulisan WhatsApp bold adalah jenis tulisan yang dibuat tebal. Penggunaan tulisan tebal bisa digunakan untuk berbagai hal. Seperti ketika ingin menegaskan atau memperjelas sesuatu.

Cara membuatnya, kamu hanya perlu menambahkan tanda bintang (*) di awal dan di akhir kalimat. Misalnya, ketika ingin membuat kata Biangcara menjadi bold, maka tulis *Biangcara*, maka tampilan pada WhatsApp akan berubah menjadi Biangcara. Mudah bukan?

2. Membuat Tulisan Italic

Selain tulisan bisa dibuat tebal, kamu juga bisa membuat tulisan berjenis italic. Jenis tulisan ini seperti tulisan pada umumnya, hanya saja bentuknya miring.

Cara membuatnya, kamu tinggal menambahkan underscore () di awal dan akhir kalimat. Misalnya _Biangcara maka tampilannya akan miring menjadi, Biangcara.

3. Membuat Tulisan Dicoret

Pernahkah kamu melihat tulisan yang dicoret pada bagian tengah? Nah kamu bisa membuat tulisan jenis ini di WhatsApp. Tulisan ini biasanya dipakai untuk menandai kesalahan penulisan atau untuk menulis potongan harga suatu produk.

Caranya cukup tambahkan tanda (~) si awal dan akhir kalimat. Misalnya ~Biangcara~ maka tampilan tulisan di WhatsApp menjadi Biangcara.

4. Membuat Kombinasi Tulisan Bold, Italic dan Dicoret

Jika kamu ingin membuat tulisan dengan 3 jenis bentuk tulisan bold, italic dan dicoret tengah sekaligus dalam satu tulisan, juga bisa.

Caranya juga mudah. Cukup kombinasikan ketiga kode atau simbol diatas dan letakkan di awal dan akhir tulisan. Misalnya jika ingin membuat tulisan tebal dan miring, maka tulis Biangcara atau Biangcara. Jika ingin membuat tulisan tebal, miring dan dicoret tengah maka tulis ~Biangcara~ atau ~Biangcara~.

Kamu bisa membuat kombinasi ketiga simbol tersebut untuk membuat tulisan lainnya. Perhatikan letak simbol tersebut, jika penempatannya salah tidak akan berhasil.

Daftar Tips dan Trik Keren Tersembunyi di WhatsApp

5. Membuat Tulisan Berwarna

Berbeda dengan cara membuat tulisan tebal atau miring, untuk membuat tulisan jadi berwarna kamu membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Terdapat banyak aplikasi tambahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat tulisan WhatsApp jadi berwarna. Salah satunya aplikasi Bluewords.

Caranya Install aplikasi Blueword kemudian jalankan aplikasi. Kemudian pada kolom styles, pilih yang warna biru, lalu Isi tulis sesuai keinginan kemudian tekan dan tahan bagian preview. Setelah teks disalin, lalu kirim ke pesan WhatsApp. Mudah bukan?

Kamu juga bisa mengkombinasikan dengan jenis tulisan bold, italic dan dicoret tengah dengan menambahkan kode atau simbol diatas.

6. Membuat Tulisan Terbalik

Untuk membuat tulisan terbalik kamu perlu bantuan pihak ketiga. Tulisan terbalik yang dimaksud adalah bisa terbalik atas bawah atau kiri kanan.

Sama halnya dengan tulisan berwarna, trik WhatsApp satu ini pun belum banyak yang mengetahuinya. Dengan mengetahui trik ini, seolah kita ini lebih up to date dari yang lainnya. Keren kan?
Caranya, kunjungi situs upsidedowntext.com, kemudian tulis kalimat yang kamu inginkan, setelah itu pada kolom pengaturan Text Effect, tentukan gaya tulisan yang kamu buat. Kemudian copy paste dan masukkan ke WhatsApp.

7. Merekam Pesan Audio Panjang Tanpa Menekan Tombol Record

Saat merekam pesan audio, biasanya perlu menahan tombol mikrofon untuk melakukan perekaman. Ketika ingin merekam pesan audio yang panjang tentu akan merepotkan jika harus menekan tombol mikrofon terus menerus.

Dengan tips ini, kamu tidak perlu terus menahan tombol mikrofon menggunakan tangan untuk merekam pesan audio yang panjang. Untuk menikmati fitur ini, cukup ketuk dan tahan tombol mikrofon selama beberapa detik, hingga muncul simbol “kunci”. Setelah simbol kunci muncul, geser jari kamu ke atas dan secara otomatis akan mulai merekam dan kamu tak perlu lagi menekan tombol mikrofon untuk merekam.

Daftar Tips dan Trik Keren Tersembunyi di WhatsApp

8. Membalas Pesan Secara Pribadi Dalam Grup

Fitur ini bisa dimanfaatkan, ketika kamu ingin menanggapi pesan seseorang dalam grup, tetapi kamu tidak ingin ada orang lain dalam grup tersebut yang mengetahui isi tentang balasan kamu.

Caranya, tekan lama pada pesan yang ingin kamu balas kemudian ketuk pada menu tiga titik yang berada dibagian kanan atas, selanjutnya pilih “Reply privately”.

9. Mengirim Stiker Di WhatsApp

Kamu bisa mengirim berbagai stiker yang telah disediakan WhatsApp. Masuk ke menu emoji dan pilih stiker yang kamu inginkan lalu kirim dan bagikan.

10. Membuat Stiker Sendiri

Jika kamu bosan dengan tampilan stiker bawaan, kamu bisa membuat stiker buatan kamu sendiri. Untuk bisa membuat stiker buatan sendiri, kamu membutuhkan aplikasi pembuat stiker tambahan. Sudah banyak aplikasi pembuat stiker gratis yang bisa diunduh lewat PlayStore atau AppStore.

Untuk cara membuat stiker WhatsApp buatan sendiri silahkan baca pada ulasan: Cara Membuat Stiker WhatsApp dari Foto Sendiri

11. Menghilangkan Tanda Centang Biru

Tanda centang biru, menandakan bahwa pesan yang dikirim telah dibaca oleh penerima. Nah, jika kamu ingin pengirim pesan tidak tahu bahwa pesan yang dikirimnya telah kamu baca, kamu bisa menghilangkan tanda centang biru tersebut.

Caranya, silahkan masuk ke menu Setelan > Akun > Privasi > lalu hilangkan centang Laporan Dibaca. Kalau ingin mengembalikannya, cukup aktifkan lagi centangnya.

12. Mengirim Pesan Tanpa Menyimpan Nomor

Untuk mengirimkan pesan kepada seseorang melalui WhatsApp, kamu harus menyimpan nomor WhatsApp orang tersebut terlebih dahulu. Nah, dengan menggunakan trik ini, kamu tak perlu repot lagi menyimpan nomor terlebih dahulu jika ingin malakukan chat lewat WhatsApp

Caranya, kamu bisa menggunakan aplikasi QuickWA. Aplikasi ini memungkinkan pengguna bisa mengirimkan pesan tanpa harus simpan nomor terlebih dahulu.

13. Mengirim Foto Dengan Resolusi Tinggi Tanpa Pecah

WhatsApp akan otomatis mengkompres ukuran foto sehingga kualitasnya menurun dan pecah. Untungnya, ada trik yang bisa digunakan untuk mengatasinya, agar nantinya foto yang dikirim tetap berada dalam kualitas tinggi.

Caranya mudah, ketika ingin mengirimkan foto, jangan melalui galeri melainkan lewat fitur Dokumen. Dengan begitu, foto akan dikirim dalam bentuk file yang utuh.

14. Menyembunyikan Media WhatsApp dari Galeri

Jika kamu sering menerima banyak pesan berupa gambar atau video di WhatsApp, file media ini akan masuk ke galeri ponsel. Sehingga akan sedikit repot untuk menemukan foto kamu sendiri. Nah, agar media WhatsApp yang berupa foto dan video tidak muncul di galeri, kamu harus mencegahnya.

Caranya, buka menu Settings > Chats lalu matikan tombol di bawah opsi “Media Visibility”. Setelah selesai, media WhatsApp tidak akan muncul lagi di galeri ponsel kamu.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Kalau WhatsApp Disadap Orang

15. Melakukan Panggilan Grup Di WhatsApp

Sekarang, fitur panggilan grup di WhatsApp telah ditingkatkan. Dulu kita hanya bisa melakukan panggilan grup baik panggilan suara atau video hanya 4 orang, kini sudah bisa dilakukan hingga 8 orang. Seru bukan? Kamu bosa ngobrol bareng dengan lebih banyak teman.

Caranya, pada menu panggilan tekan tombol panggilan + kemudian pilih “Panggilan grup baru” dan pilih orang-orang yang ingin ajak kamu ngobrol bareng. Jika kamu sudah punya grup, buka grup tersebut kemudian tekan tombol panggilan + di bagian atas dan pilih teman yang ingin diajak melakukan panggilan grup. Namun, kamu harus update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.

16. Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Kehilangan Data

Sekarang WhatsApp telah memungkinkan pengguna untuk mengganti nomor mereka tanpa kehilangan data. Ketika kamu ingin mengganti nomor tanpa membuat akun baru dengan nomor baru, semua info akun, grup, dan pengaturan akan ditransfer ke nomor baru.

Caranya, buka menu Settings > Account >Change Number. Kemudian masukkan nomor telepon lama Anda dan nomor hp baru dan klik “Next^. Lalu, WhatsApp akan memverifikasi nomor baru kamu. Namun sebelumnya pastikan nomor baru kamu aktif. Setelah terverifikasi, ikuti langkah-langkah yang diberikan sampai proses selesai.

Baca juga: Cara Membuat 2 Akun WhatsApp Dalam 1 Hp Android

17. Group Catchup

Group Catchup adalah fitur yang berguna memudahkan anggota grup untuk menemukan pesan yang penting bagi mereka. Ketika kamu mengunjungi grup yang selama beberapa waktu belum dikunjungi dan terdapat begitu banyak pesan, maka tombol “@” baru akan muncul. Ketuk tombol tersebut, maka kamu hanya akan melihat pesan-pesan di mana kamu disebutkan secara langsung dalam pesan tersebut.

Ini adalah salah satu fitur yang sangat berguna karena nantinya, kamu tidak perlu menelusuri daftar pesan yang panjang hanya untuk menemukan pesan yang khusus dibuat untuk kamu..

Baca juga: 7 Fitur Tetsembunyi WhatsApp dan Cara Menggunakannya

Itulah daftar tips dan trik keren tersembunyi di WhatsApp yang dapat kamu coba. Agar kamu bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger dengan lebih optimal. Semoga bermanfaat.