Daftar Kode Kerusakan Honda PCX 150 dan ADV150

Daftar kode kerusakan (DTC) Honda PCX 150 dan ADV150 lebih lengkap ketimbang jenis motor matic Honda lainnya. Setidaknya ada dua buah kode baru yang ada pada Honda PCX 150 dan ADV150 yang tidak dimiliki oleh Honda matic lain. Kedua kode ini berfungsi untuk menunjukkan adanya masalah pada sistem pendinginan mesin dan koil (Ignition Coil) di sistem pengapian.

Pihak Honda memberikan indikator malfungsi lebih lengkap untuk Honda PCX 150 dan ADV150, karena kedua jenis motor matic tersebut masuk dijajaran kelas premium motor matic keluaran Honda. Sehingga tak heran jika keduanya dibenamkan teknologi terkini oleh pabrikan motor Honda.

DTC (Diagnostic Trouble Code) adalah kode error atau kerusakan yang akan muncul dalam bentuk angka. Untuk mengecek kode kerusakan, harus colok ke diagnostic tools dan nanti baru bisa diketahui kode kerusakannya.

Berbeda dengan jenis matic Honda lain yang bisa dibaca secara manual lewat kedipan lampu MIL. Untuk PCX 150 dan ADV150 jika terjadi kerusakan atau masalah maka lampu MIL akan menyala terus, sehingga untuk mengetahui kode kerusakan harus menggunakan diagnostic tools atau scanner.

Baca juga: Arti Kedipan Lampu MIL Motor Injeksi

Daftar Kode Kerusakan Honda PCX 150 dan ADV150

Daftar Kode Kerusakan Honda PCX 150

Berikut daftar lengkap kode DTC atau kode kerusakan yang ada di Honda PCX 150 dan ADV150.

Kode DTC 1, kerusakan sensor Manifold Absolute Pressure (MAP)
Kode DTC 7, kerusakan sensor Engine Coolant Temperature (ECT)
Kode DTC 8, kerusakan sensor Throttle Position (TP)
Kode DTC 9, kerusakan sensor Intake Air Temperature (IAT)
Kode DTC 11, kerusakan sensor Vehicle Speed Sensor (VS)
Kode DTC 12, kerusakan sensor Injector
Kode DTC 21, kerusakan sensor O2 Sensor
Kode DTC 29, kerusakan sensor Idle Air Control Valve (IACV)
Kode DTC 33, kerusakan sensor Engine Control Module (ECM)
Kode DTC 52, kerusakan sensor Crankshaft Position (CKP)
Kode DTC 57, kerusakan sensor Engine Coolant Over Temperature

Baca juga: Cara Membaca Kode Kedipan Lampu MIL Yamaha

Itulah daftar kode kerusakan Honda PCX 150 dan ADV150 atau kode DTC secara lengkap beserta gangguan dan masalah yang terjadi. Jika motor PCX 150 atau ADV150 kamu terasa kurang nyaman, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke bengkel resmi atau bengkel langganan kamu yang memiliki diagnostic tools agar bisa diketahui sumber masalahnya, sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat. Walaupun muncul kode kerusakan, belum tentu ada komponen yang rusak, terkadang terjadi gangguan malfungsi pada komponen tersebut. Semoga bermanfaat.