Cara Upload File ke Hosting Melalui cPanel

Cara upload file ke hosting biasanya dilakukan melalui cPanel atau bisa juga lewat aplikasi FTP (File Transfer Protocol) seperti Filezilla, WinSCP, atau aplikasi serupa lainnya. Kedua cara tersebut bisa digunakan untuk mengunggah file ke hosting dengan mudah.

Nah, untuk tips berikut ini, Biangcara akan mengulas tentang, bagaimana cara upload file ke hosting melalui cPanel menggunakan fitur File Manager yang ada di cPanel.

Cara ini bisa dibilang cukup praktis karena Anda tidak memerlukan aplikasi FTP (File Transfer Protocol) untuk melakukannya.

Cara Upload File ke Hosting Melalui cPanel Menggunakan File Manager

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Masuk ke cPanel.
2. Kemudian klik pada ikon File Manager atau Pengelola File.
3. Kemudian klik pada ‘public_html’.
4. Klik ‘Upload’ atau ‘Unggah’ di menu bagian atas.

Cara Upload File ke Hosting Melalui cPanel

5. Kemudian pilih ‘Select File’ lalu cari dan pilih file yang akan diupload.
6. Tunggu sampai proses upload selesai.

Cara Upload File ke Hosting Melalui cPanel

7. Setelah itu kembali ke ‘public_html’ dan refresh halaman tersebut. Maka file yang telah diunggah akan ada dalam folder ‘public_html’.
8. Untuk melihat file yang telah diupload, bisa diakses melalui browser dengan mengetik ‘namasitus.com/logo.png’ jika file yang diupload adalah logo.png.

Sedikit tambahan, bagi yang ingin mengupload file dalam jumlah banyak, akan lebih baik jika file-file tersebut dikompres terlebih dahulu dalam bentuk .zip. Anda bisa melakukannya menggunakan aplikasi seperti WinRAR, WinZip, 7-zip, ataupun yang lainnya.

Baca juga:
Cara Membuat Sitelink di Pencarian Google
Cara Mengatasi Disk Space Penuh di cPanel

Sehingga Anda tidak perlu repot mengupload file satu per satu, selain lebih hemat waktu juga bisa menghemat bandwidth. Setelah file terupload barulah file tersebut Anda ekstrak menggunakan menu “Extract” yang ada di File Manager.

Itulah cara mudah upload file ke hosting lewat cPanel. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.