Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BCA

Sekarang ini tarik tunai di ATM BCA bisa dilakukan tanpa harus menggunakan kartu ATM BCA (Paspor BCA). Layanan ini tentu saja sangat membantu nasabah BCA yang lupa atau tidak membawa kartu ATM saat ingin melakukan tarik tunai. Selain BCA, bank-bank besar lain seperti BRI, BNI, Bank Mandiri dan bank besar lain, juga punya layanan yang sama.

Secara umum, cara tarik tunai tanpa kartu di ATM dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Prosesnya juga sangat mudah dan cepat, kita hanya perlu mencari ATM BCA yang mendukung tarik tunai tanpa kartu. Karena, tidak semua ATM BCA memiliki fitur tersebut, ada beberapa ATM yang hanya mendukung tarik tunai dengan kartu fisik saja.

Ciri ATM BCA yang Punya Fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu

Nah, supaya Anda tidak bingung dan dapat dengan mudah membedakan ATM BCA mana yang telah mendukung tarik tunai tanpa kartu, berikut ini ciri-ciri fisik ATM tarik tunai tanpa kartu yang perlu Anda perhatikan.

1. Memiliki logo atau stiker yang bertuliskan “Bisa Tarik Tunai Sakuku di Sini”.
2. Pada menu utama terdapat pilihan “Transaksi Tanpa Kartu” yang terletak dibagian kanan bawah.

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BCA

Setelah menemukan mesin ATM yang sesuai, Anda tidak bisa serta merta mengambil uang di ATM tanpa kartu. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengambil uang tanpa kartu di ATM. Apa saja syarat-syaratnya?

1. Aktifkan layanan m-BCA.
Sebenarnya layanan ini bisa langsung diaktifkan pada waktu buka rekening. Jika sampai saat ini belum aktif, datang saja ke kantor cabang BCA dan menemui Customer Service untuk daftar layanan m-BCA. Selanjutnya permintaan Anda akan diproses dan layanan tersebut akan diaktifkan oleh pihak bank.

2. Instal aplikasi BCA Mobile.
Download aplikasi BCA Mobile melalui Play Store atau App Store di perangkat Anda. Aplikasi ini akan digunakan untuk mendapatkan kode penarikan tunai, meskipun fungsinya tidak hanya itu saja. Aplikasi BCA Mobile bisa digunakan untuk cek saldo, transfer uang, beli pulsa, bayar tagihan dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Transfer Uang Lewat Internet Banking BRI ke Bank Lain

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BCA

Jika telah memenuhi kedua syarat diatas, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Mulai dari langkah cara mendapatkan kode tarik tunai sampai cara melakukan tarik tunai di ATM BCA tanpa kartu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi BCA Mobile.
2. Pilih menu m-BCA kemudian pilih menu “Cardless”
3. Selanjutnya pilih menu “Tarik tunai”
4. Masukkan nominal uang yang akan Anda tarik, kemudian klik “OK”
5. Masukkan kode PIN m-BCA Anda, kemudian klik “OK” sekali lagi.
6. Kemudian kode tarik tunai beserta tanggal dan jam jatuh tempo penarikan tunai akan muncul dilayar. Jangan lupa simpan dan ingat kode tersebut.

Baca juga: Cara Transfer Uang dari ATM BRI ke BCA

Setelah Anda mendapatkan kode tarik tunai, tahap selanjutnya adalah mengambil uang di ATM BCA tanpa kartu. Caranya sebagai berikut:

1. Datang ke ATM BCA yang memiliki layanan transaksi tanpa kartu.
2. Pilih menu “Transaksi Tanpa Kartu” dengan menekan tombol yang berada di sebelah kanan layar paling bawah.

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BCA

3. Kemudian pilih menu “BCA Mobile”
4. Masukkan nomor telepon yang terdaftar di m-BCA.
5. Masukkan kode tarik tunai
6. Tunggu beberapa saat, mesin ATM akan mengeluarkan uang sesuai nominal yang telah Anda tentukan.

Baca juga: Cara Setor Tunai di ATM BCA

Mudah bukan? Jika kartu ATM Anda ketinggalan, Anda dapat memanfaatkan fitur tersebut dengan cara di atas. Namun, agar proses transaksi berjalan lancar dan aman, perhatikan hal berikut ini:

1. Jaga kerahasiaan kode penarikan tunai dan nomor telepon Anda. Karena siapa saja dapat mengambil uang Anda dengan kode tersebut.

2. Kode penarikan tunai hanya berlaku selama 2 jam dari saat kode diterbitkan. Jika kode tidak digunakan dalam kurun waktu tersebut, kode akan hangus dengan sendirinya dan saldo Anda tidak akan berkurang. Jika ingin tarik tunai kembali, Anda dapat minta kode yang baru.

Demikian, semoga bahasan kali ini bermanfaat dan ingat, selalu waspada ketika bertransaksi lewat ATM.