Cara Skir Klep Yang Benar Dan Tujuannya

Bagaiamana cara skir klep yang benar dan apa tujuannya motor di skir klep? Itulah pertanyaan yang akan saya bahas pada ulasan kali ini. Namun sebelumnya, agar bisa lebih mudah memahaminya perlu diketahui dulu apa yang dimaksud dengan skir klep.

Apa Itu Skir Klep?

Pada motor 4 tak (langkah) terdapat komponen yang dinamakan klep atau katup (valve). Klep merupakan salah satu komponen mesin yang terletak di bagian kepala silinder (cylinder head).

Jumlah klep pada motor berbeda-beda. Untuk motor dengan satu silinder biasanya menggunakan 2 atau 4 buah klep. Misalnya Yamaha Jupiter MX maupun Suzuki Satria Fu yang memiliki 4 buah klep. Sedangkan motor yang memiliki silinder lebih dari satu, seperti moge bisa memiliki klep lebih dari itu.

Terdapat 2 jenis klep pada mesin yaitu:

1. Klep IN, yang berfungsi sebagai jalur masuknya campuran bahan bakar dan udara dari karburator ataupun injektor (nozzle) pada motor jenis injeksi menuju ruang bakar.
2. Klep EX, berguna sebagai jalur pembuangan gas hasil pembakaran menuju exhaust (knalpot).

Selain mempunyai fungsi yang disebutkan di atas, klep juga mempunyai fungsi untuk menahan tekanan kompresi dari piston agar tidak bocor. Jika kompresi sampai bocor dapat menyebabkan mesin susah hidup, bahkan sampai mogok alias ngadat. Selain itu, motor juga kurang bertenaga dan putaran mesin juga tidak bisa langsam.

Kebocoran kompresi bisa terjadi karena payung klep dan sitting tidak menutup dengan rapat. Sehingga terdapat celah atau rongga antara klep dan sitting. Celah ini menyebabkan kebocoran pada saat piston mengkompres atau memampatkan campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar. Nah, disinilah tujuan dari skir klep.

Skir klep atau skur klep adalah suatu proses untuk menghilangkan celah antara sudut payung klep dan sitting agar keduanya dapat menutup dengan rapat. Jadi skir klep tujuannya untuk merapatkan kembali klep dan sitting yang bocor. Sedangkan sitting adalah tempat dudukan dari payung klep.

Baca juga: penyebab Motor Injeksi Mogok dan Cara Mengatasinya

Setelah tahu apa maksud dan tujuan skir klep, selanjutnya bagaimana cara skir klep yang benar?

Sebelum melakukan skir klep, sebaiknya periksa dulu seberapa besar kebocoran yang terjadi antara klep (katup) dan sitting. Hal ini berguna untuk menentukan jenis amril yang akan digunakan. Jika kebocornnya cukup parah bisa menggunakan amril yang kasar dulu, agar proses skir lebih cepat, kemudian saat proses finishing baru menggunakan amril halus. Jika bocornya hanya sedikit bisa langsung menggunakan amril halus.

Proses pemeriksaan kebocoran klep juga dilakukan setelah proses skur klep selesai. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah klep dan sitting sudah benar-benar rapat. Nah, berikut langkah-langkah pemeriksaan kebocoran klep.

Cara Memeriksa Kebocoran Klep

1. Masukan salah satu klep ke tempat dudukannya di kop silinder/kepala silinder (cylinder head), kemudian tekan dan tahan jangan sampai jatuh.
2. Tuangkan bensin ke lubang manifold. Jika klep IN, ke Intake Manifold (lubang yang menuju karburator atau throttle body). Jika klep EX, ke exhaust manifold (lubang yang menuju knalpot).
3. Sambil terus menahan klep, lihat permukaan pada payung klep, apakah ada bensin yang rembes keluar, jika ada berarti klep bocor.
4. Untuk memastikan kebocoran klep, semprotkan angin bertekanan (kompresor) ke permukaan payung klep sampai kering, kemudian lihat apakah bensin rembes lagi.
5. Jika bensin rembes dengan cepat, artinya klep bocor cukup parah, jika hanya terlihat sedikit basah pada permukaan payung klep, kebocorannya hanya sedikit.

Cara Skir Klep Yang Benar Dan Tujuannya

Cara Skir Klep

Setidaknya ada 2 teknik cara skir klep yang biasa dilakukan oleh para mekanik.

1. Cara konvensional
Cara ini dilakukan dari bawah menggunakan selang yang disambungkan ke batang klep. Kemudian selang tersebut diputar dengan tangan atau menggunakan bor. Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan gunakan tangan saja, walau bisa butuh waktu yang lama.

Baca juga: Cara Mengatasi Honda Beat Mogok Mendadak

2. Menggunakan alat khusus
Berbeda dengan cara konvensional yang dilakukan dari bawah, cara ini justru dilakukan dari atas menggunakan alat yang dinamakan double cup valves grindes yang disambungkan ke payung klep. Cara ini dianggap lebih presisi dan praktis ketimbang cara konvensional.

Namun pada prinsipnya kedua teknik skir klep tersebut sama yaitu untuk merapatkan kembali klep dan sitting agar kompresi tidak bocor sehingga performa mesin tetap prima. Berikut cara skir klep yang benar.

1. Oleskan amril atau pasta skir tipis-tipis secara merata pada bagian sudut payung klep yang besentuhan dengan sitting.

Cara Skir Klep Yang Benar Dan Tujuannya

2. Pasang klep pada dudukannya (bos klep).

3. Untuk teknik konvensional, masukkan selang pada batang klep dari bawah. Kemudian putar bolak balik sambil naik turun dengan kedua telapak tangan. Ini dilakukan untuk membuat gesekan antara klep dan sitting searah. Jadi ketika klep naik tidak terjadi gesekan, ketika turun terjadi gesekan dengan sitting dengan putaran yang sama (searah).

4. Jika menggunakan alat double cup valves grindes, sambungkan alat tersebut ke payung klep dari atas. Karet elastis dari alat ini akan menempel kuat pada klep. Kemudian putar alat tersebut sambil sedikit ditekan dengan putaran searah sampai klep rapat.

5. Terakhir, lakukan pengecekan kebocoran klep dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika masih bocor, skir kembali sampai benar-benar rapat.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat video tutorial cara skir klep di bawah ini:

Demikian ulasan tentang cara skir klep yang benar. Mulai dari pengertian skir klep, penyebab klep harus diskir dan tujuan skir klep. Semoga bermanfaat.