Cara Simpan Foto Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

Instagram menjadi salah satu media sosial tempat berbagi foto maupun video yang paling populer. Tak sampai disitu saja, Instagram telah menjadi tempat mengunggah foto-foto terbaik dan berkesan bagi penggunanya. Sehingga tak sulit bagi kita untuk menemukan foto dan video bagus dan keren di Instagram.

Namun sayangnya, jika kita tertarik dengan salah satu foto atau video yang ada di Instagram dan ingin menyimpannya, kita tidak akan menemukan tombol download untuk menyimpannya. Dengan begitu, banyak pengguna yang melakukan screenshot untuk mendapatkan foto yang diinginkan.

Cara ini memang terbilang sangat mudah, namun hasil tangkapan layar (screenshot) memiliki kualitas yang kurang memuaskan. Seringkali gambar yang dihasilkan pecah-pecah saat diperbesar. Solusinya, gunakan cara lain yang tak kalah praktis dan gampang untuk mengunduh foto di Instagram tanpa aplikasi tambahan. Bagaimana caranya?

Cara Simpan Foto Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

Berikut tips praktis dan mudah cara simpan foto Instagram tanpa aplikasi tambahan. Cara ini bisa dilakukan langsung dari aplikasi Instagram dan tidak perlu instal aplikasi pihak ketiga.

1. Cara Simpan Foto Instagram dengan Fitur Saved Photos

Kita bisa memanfaatkan fitur dari Instagram yaitu “Saved Photo”, untuk menyimpan foto di Instagram. Namun dengan cara ini foto akan tersimpan di galeri akun Instagram, bukan pada galeri smartphone. Caranya, tap ikon yang ada di sudut kanan bawah pada foto yang ingin Anda simpan. Maka otomatis foto akan tersimpan di galeri collections akun Anda. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

Cara Simpan Foto Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika ingin melihat kembali semua foto yang sudah disimpan, dari halaman beranda tab ikon ‘Profil’ lalu tap ikon ‘Tiga Garis’ di pojok kanan atas, lalu akan muncul beberapa menu. Pilih saja ‘Saved Photo/Disimpan’. Lihat gambar diatas.

Baca juga: Cara Melihat Instagran Stories Tanpa Ketahuan

2. Cara Simpan Foto Instagram melalui Situs Downloadgram

Kita bisa memanfaatkan situs Downloadgram untuk menyimpan foto dari Instagram. Dengan bantuan situs ini kita bisa menyimpan foto maupun video di Instagram dengan mudah. Dan hasilnya nanti, akan langsung tersimpan di galeri perangkat Anda. Bukan lagi tersimpan di galeri akun Instagram.

Caranya pun gampang, pilih foto Instagram yang akan disimpan, kemudian tap ikon ‘Tiga Titik’ yang berada di kanan atas foto Instagram tersebut. Lalu akan muncul beberapa pilihan, dan tap saja pada ‘Copy Link/Salin Tautan’.

Baca juga: Cara Kembalikan Akun Instagram yang Kena Hack

Setelah itu, buka situs downloadgram.com menggunakan browser. Setelah terbuka, tempelkan link foto Instagram yang telah Anda salin tadi pada form yang disediakan, kemudian klik ‘Download’. Tunggu beberapa saat maka akan muncul tombol ‘Download Image’. Klik saja tombol tersebut untuk menyimpan foto. Tunggu sampai proses download selesai, maka foto akan langsung tersimpan di galeri perangkat Anda.

Nah itulah cara simpan foto Instagram tanpa aplikasi tambahan yang praktis dan mudah. Selamat mencoba.