Cara Setting Tag Tajuk Robot Khusus Agar Lebih SEO

Postingan kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara setting tag tajuk robot khusus agar lebih SEO dimata search engine. Pengaturan tag tajuk robot khusus ini sendiri hanya terdapat pada blogger. Secara default settingan tajuk robot untuk jenis tag ini biasanya dinonaktifkan, namun kita bisa mengaktifkanya untuk meningkatkan kekuatan SEO blog dimata mesin pencarian, terutama googlebot.

Tag tajuk robot khusus ini berfungsi sebagai petunjuk bagi search engine untuk merayapi halaman mana yang boleh diindex ataupun yang tidak boleh diindex. Dalam mengatur tag tajuk tersebut kita perlu hati-hati, sebab jika salah dalam pengaturannya menyebabkan kekuatan SEO blog bukannya lebih kuat, justru akan menurun. Dengan kesalahan pengaturan bisa menyebabkan terjadinya duplikat title tag atau deskripsi meta. Oleh sebab itu sebaiknya pahami dulu maksud setiap rule pengaturan sebelum mengaktifkan settingan tag robot khusus pada blogger.

Untuk itu, berikut ini penjelasan mengenai fungsi dari setiap menu yang ada pada pengaturan tag tajuk robot khusus yang ada pada blogger.


Fungsi Menu Tag Tajuk Robot Khusus

1. All, ini bisa dibilang settingan default pada blogger, dimana semua halaman blog diizinkan untuk ditelusuri search engine.
2. Noindex, berguna untuk memerintah mesin perayap agar tidak merayapi blog. Jadi jika ingin menyembunyikan sebuah laman postingan agar tidak terindeks oleh search engine anda bisa mengaktifkan setingan tags ini.
3. Nofollow, gunanya untuk memberi tahu robot perayap agar tidak mengikuti link yang ada di blog. Sebaliknya jika menggunakan atribut Dofollow berarti memperbolehkan Googlebot untuk merayapi link yang ada di dalam blog.
4. None, adalah tags gabungan dari tags noindex dan tag nofollow. Mesin perayap tidak akan mengindeks halaman melalui link.
5. Noarchive, ini berarti tag yang mematikan versi cache dari blog di halaman pencarian google. Ini untuk mencegah halaman arsip muncul dan terindex oleh mesin perayap.
6. Nosnippet, ini berguna untuk tidak menampilkan cuplikan atau tayangan teks yang ada disetiap postingan.
7. Noodp atau Open Directory Project / Dmoz adalah direktori buatan pengembang diluar google.
8. Notranslate, berfungsi untuk mematikan fitur translate yang ada di blog.
9. Noimageindex, gunanya untuk memberi tahu mesin perayap untuk tidak mengindeks gambar pada postingan. Jika gambar ingin terindeks tidak perlu mengaktifkan fitur ini.
10. Unavailable_after adalah sebuah tags yang menunjukan kepada searh engine agar tidak merayapi web atau blog pada waktu yang telah ditentukan.

Setelah mengerti dan memahami fungsi dari menu yang ada pada pengaturan tag tajuk robot khusus yang terdapat pada blogger, selanjutnya bagaimana cara mengatur tag tajuk robot khusus agar lebih SEO friendly?


Cara Setting Tag Tajuk Robot Agar Lebih SEO

Berikut langkah-langkah cara mengatur tag tajuk robot khusus agar lebih SEO friendly,

1. Login dashboar blogger
2. Setelah masuk, pilih “Setelan – preferensi penelusuran”
3. Kemudian pilih “Edit” pada pilihan tag tajuk robot khusus, setelah masuk kemudia aktifkan dengan menekan tombol “Ya”
4. Setelah itu setting sesuai gambar dibawah ini, kemudian “Simpan Perubahan” dan selesai.

Cara Setting Tag Tajuk Robot Khusus Agar Lebih SEO
Cara Setting Tag Tajuk Robot Khusus Agar Lebih SEO

Selain berfungsi sebagai petunjuk googlebot dalam merayapi setiap halaman yang ada dalam blog, juga bermanfaat untuk mengatasi masalah duplikat judul atau deskripsi meta yang mungkin terjadi pada website anda.

Demikian penjelasan Cara Setting Tag Tajuk Robot Khusus beserta pengertian menu-menu yang ada didalamnya. Semoga bermanfaat.