Cara Setor Tunai di ATM Bank Mandiri yang Aman

Dengan teknologi perbankan yang semakin maju, untuk setor uang tunai tak harus melulu ke bank. Setor tunai dapat dilakukan lewat mesin ATM. Seperti halnya bank-bank besar lain, bank Mandiri juga punya layanan setoran tunai lewat ATM Setoran Tunai Mandiri.

Cara setor tunai Mandiri pun bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Anda tak harus menunggu bank buka dan mengantri di bank, hanya untuk setor tunai lewat teller. Karena Anda bisa melakukannya kapan saja walaupun bank sedang tutup. Sehingga setor tunai melalui ATM Mandiri, memberikan sejumlah kemudahan dan efisiensi waktu serta fleksibel.

Apakah setor tunai bisa dilakukan di semua ATM Mandiri?

Untuk setor tunai via ATM atau transfer uang lewat ATM ke rekening sendiri, hanya bisa dilakukan melalui mesin ATM Setor Tunai atau CDM (Cash Deposit Machine). Jadi tidak semua ATM bisa untuk setoran tunai. Dengan demikian, jika Anda ingin melakukan setoran tunai atau menabung lewat ATM bank Mandiri, harus menggunakan mesin ATM Setoran Tunai (CDM).

Berapa jumlah minimal uang yang bisa disetor?

Pecahan uang yang bisa digunakan untuk setor tunai bank Mandiri adalah, Rp 50.000 dan Rp 100.000. Jadi limit terendah atau batas minimal setoran tunai Mandiri adalah Rp 50.000, sehinnga Anda tidak bisa melakukan setor tunai di bawah Rp 50.000.

Sedangkan untuk batas maksimal setoran tunai Mandiri berbeda-beda tergantung dari jenis kartu ATM yang digunakan. Untuk ATM Mandiri silver batas setoran tunai adalah Rp 5 juta, sedangkan Gold sebesar Rp 10 juta, dan untuk Platinum sebesar Rp 20 juta perhari untuk setiap kartu.

Selain itu daya tampung kotak uang di ATM hanya menerima sebanyak 50 lembar setiap transaksi. Jadi, jika ingin menyetor sebesar Rp 5 juta dengan pecahan Rp 50 ribuan semua, maka dilakukan 2 kali transaksi masing-masing 50 lembar.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk setor tunai Mandiri lewat ATM?

Sebelum melakukan transfer tunai lewat ATM bank Mandiri, sebaiknya siapkan uang terlebih dahulu, pastikan uang dalam keadaan baik. Uang tidak rusak atau sobek, lecek apalagi terdapat staples. Jangan lupa tata uang dengan rapi jangan sampai terlipat serta disusun dengan teratur.

Misalnya, jika setoran menggunakan uang pecahan Rp 50 ribuan dan Rp 100 ribuan, sebaiknya disusun urutan pertama Rp 50.000 semua, baru disusul dengan yang Rp 100.000. Hal ini bertujuan agar uang yang disetor tidak ditolak dan mudah dibaca oleh mesin ATM.

Setelah uang dipersiapkan, silahkan menuju ATM setor tunai Mandiri terdekat, dan ikuti langkah-langkah cara setor tunai di mesin ATM Mandiri berikut ini.

Cara Setor Tunai di ATM Bank Mandiri

Cara Setor Tunai di ATM Bank Mandiri yang Aman

1. Masukkan kartu ATM.
2. Masukkan PIN ATM.
3. Pilih menu ‘Setor Tunai’.
4. Pilih ‘Sudah Lanjut’.
5. Setelah kotak deposit terbuka, masukkan uang yang telah ditata rapi sebelumnya, kemudian pilih ‘Lanjutkan’.
6. Kotak deposit akan otomatis menutup. Silahkan tunggu proses penghitungan uang selesai, jika sudah maka layar akan menampilkan rincian setoran yang telah berhasil dihitung, yang terdiri dari jumlah lembaran uang dan jumlah nominal yang telah disetorkan.
7. Pilih menu ‘Setor’ jika rincian benar.
8. Sekali lagi akan ditampilkan konfirmasi transaksi yang Anda lakukan. Jika semuanya sudah benar, tekan ‘Ya’.
9. Silahkan tunggu proses transaksi, dan mesin akan mengeluarkan struk bukti setoran.
10. Ambil struk dan kartu ATM Anda, selesai.

Itulah langkah mudah cara setor tunai Mandiri melalui ATM ke rekening sendiri. Untuk setoran tunai ke rekening orang lain, saat ini belum bisa dilakukan lewat ATM Mandiri setor tunai. Karena mesin ATM bank Mandiri belum memiliki opsi tersebut. Jadi, jika ingin transfer tunai ke rekening orang lain harus melalui teller.

Sebagai pengingat, sebaiknya Anda selalu hati-hati dan waspada ketika bertransaksi di ATM. Berikut ini tips cara aman bertransaksi lewat ATM yang perlu Anda perhatikan.

Tips Aman Bertransaksi di ATM

Cara Setor Tunai di ATM Bank Mandiri yang Aman

1. Perhatikan lokasi ATM
Keberadaan ATM ditempat yang tidak begitu ramai, cenderung berpeluang terjadi tindak kejahatan. Seperti pemasangan alat skimmer pada mesin ATM atau tindak kejahatan lain. Pilih lokasi ATM yang relatif ramai atau ATM yang berada di bank, karena terdapat security disana, jadi lebih aman.
2. Perhatikan kondisi mesin ATM
Perhatikan, apakah terpasang sesuatu yang mencurigakan di mesin ATM, terutama pada mulut tempat memasukkan kartu ATM dan seputar tombol ATM. Jika Anda menemukan kejanggalan, cari ATM lain.
3. Ganti PIN ATM secara berkala
Mengganti PIN secara berkala, dapat mengurangi resiko terjadinya pencurian uang di rekening Anda.
4. Ganti kartu ATM berteknologi chip
Lakukan penggatian kartu ATM/Debit ke kartu yang sudah menggunakan lempeng data digital (chip). Jika kartu Anda masih berjenis pita magnetik, Anda bisa datang langsung ke bank untuk meminta penggantian kartu.

Semoga ulasan cara setor tunai di ATM Mandiri yang aman dan tips cara aman melakukan transaksi di ATM ini bermanfaat.