Cara Perawatan Jerawat Pada Kulit Sensitif

Bila anda memiliki jenis kulit sensitif dan kebetulan sedang berjerawat, maka anda perlu berhati-hati dalam melakukan perawatan jika anda mengalami kondisi semacam ini. Karena bila anda salah dalam memilih produk kecantikan yang digunakan justru akan memperburuk jerawat anda. Untuk itu pada artikel kali ini akan membahas tips cara perawatan jerawat pada kulit sensitif.

Jika mempunyai kulit yang mudah meradang, memerah dan sangat kering, itu tanda-tanda kulit sensitif. Saat terserang jerawat, jenis kulit ini membutuhkan penanganan khusus, tidak boleh sembarangan.

Cara Perawatan Jerawat Pada Kulit Sensitif

Berikut ini beberapa cara perawatan jerawat pada kulit sensitif yang bisa anda lakukan.

1. Pilih produk perawatan jerawat yang tepat

Banyak terdapat obat anti jerawat yang dijual bebas di klinik hingga minimarket. Biasanya produk-produk tersebut mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.

Untuk jenis kulit sensitif, lebih baik pilihlah produk dengan kandungan asam salisilat. Karena produk tersebut memiliki efek iritasi yang lebih ringan daripada produk yang mengandung benzoil peroksida.

2. Hati-hati menggunakan make up

Beberapa produk make up terkadang menggunakan bahan mica dan talc. Hindari produk ini karena kedua partikel tersebut memiliki tepi yang kasar, sehingga dapat menggores permukaan kulit dan menyebabkan iritasi.

Kondisi tersebut lebih rentan terjadi pada kulit sensitif. Jadi, pilihlah produk make up yang tertulis ‘bebas talc’ atau ‘bebas mica’ pada labelnya.

3. Pemilihan tabir surya dan pelembap

Kulit yang sensitif perlu dilapisi dengan tabir surya setiap harinya karena rentan akan paparan sinar matahari. Tidak hanya memilih tabir surya dengan SPF tidak lebih dari 30, pemilihan kandungan zat dalam tabir surya juga perlu diperhatikan.


Gunakan tabir surya yang berbahan dasar air, menawarkan proteksi UVA atau UVB, serta mengandung oksida zinc dan titanium dioksida. Hindari tabir surya yang mempunyai kandungan kimia oxybenzone, karena bahan tersebut dapat menyebabkan peradangan sehingga jerawat semakin parah.

Selain tabir surya, kulit sensitif cenderung kering, sehingga memerlukan pelembap. Pilih pelembap dengan kandungan fosfolipid dan asam lemak esensial. Serta asam hialuronik untuk menambah kadar kelembapan produk. Kemudian, pakailah pelembap setiap hari pada pagi dan malam sebelum tidur untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit tampak kusam.

Baca Juga: Cara Merawat Kulit Sensitif yang Baik

4. Gunakan pembersih untuk kulit sensitif

Kulit sensitif yang berjerawat juga perlu dibersihkan secara teratur. Lakukan hal ini setidaknya dua kali dalam sehari. Selain itu, perhatikan juga bahan yang terkandung dalam produk pembersih tetsebut dan cara pemakaiannya.

Cara Perawatan Jerawat Pada Kulit Sensitif
Cara Perawatan Jerawat Pada Kulit Sensitif

Kategori Pembersih Untuk Kulit Sensitif

Berikut ini beberapa kategori pembersih untuk kulit sensitif yang disarankan.

a. Berbahan dasar air dan bebas pewangi. Di mana pewangi tersebut dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.
b. Pada label tertulis hipoalergenik, karena jerawat salah satunya disebabkan oleh alergi
c. Tertulis non-komedogenik pada label. Hal ini berarti produk dibuat khusus sehingga tidak menyebabkan pori tersumbat, yang menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat.
d. Bila udara kering, sebaiknya jangan gunakan sabun mandi anti-bakteri dengan kandungan sodium lauryl sulfate (SLS) yang dapat menipiskan lapisan minyak pelindung kulit.

Cara Menggunakan Pembersih

Sedangkan cara menggunakan pembersih adalah sebagai berikut,

a. Gunakan air dengan suhu suam-suam kuku untuk mencuci wajah. Hindari penggunaan air terlalu panas karena bisa menipiskan lapisan minyak alami tubuh yang berfungsi menjaga kelembapan kulit.
b. Cukup dengan mengusap wajah saat mencucinya dan tepuk-tepuk dengan pelan saat mengeringkan. Jangan digosok karena dapat merusak lapisan kulit sehingga rentan teriritasi.

5. Mengatur pola makan

Menjaga pola makan juga dapat membantu meringankan timbulnya jerawat. Makanan dengan kandungan iodin yang tinggi dapat menyebabkan tersumbatnya folikel rambut, sehingga dapat menyebabkan munculnya jerawat. Beberapa makanan tinggi iodin yang perlu dihindari seperti kerang dan bayam. Hindari juga makanan yang digoreng karena hal ini bisa meningkatkan produksi minyak pada wajah.

Demikian tips Cara Perawatan Jerawat Pada Kulit Sensitif yang bisa anda lakukan. Apabila anda memilki jenis kulit sensitif dan berjerawat, maka lakukan perawatan dengan hati-hati. Mulai dari memperhatikan bahan produk kecantikan secara teliti hingga cara tepat membersihkan wajah, sehingga nantinya kulit sensitif anda bisa terawat dengan baik.