Cara Pasang Matched Content Di Blogger dan WordPress

Matched Content atau Konten Yang Sesuai adalah salah satu jenis iklan terbaru dari Google AdSense. Iklan konten yang sesuai ini, merupakan fitur baru dari Google AdSense, yang bentuknya mirip dengan related post atau artikel terkait.

Agar bisa memasang iklan jenis ini, publisher Google AdSense harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari Google AdSense, untuk memasang Matched Content. Jika belum mendapatkan ijin, maka iklan konten yang sesuai tidak akan bekerja.

Perlu diketahui juga bahwa, walaupun akun Google AdSense Anda sudah mendapatkan ijin untuk memasang Matched Content, namun iklan konten yang sesuai hanya akan tampil pada situs web yang disetujui saja.

Artinya, jika Anda mengelola lebih dari satu blog, maka hanya blog yang diberikan ijin saja yang bisa dipasang iklan konten yang sesuai.

Konten yang sesuai akan menampilkan semua konten relevan dari situs yang bersangkutan layaknya related post. Hal ini dapat membantu meningkatkan tampilan halaman situs web, sehingga mampu menurunkan angka bounce rate.

Ini bisa terjadi karena, pengunjung website akan disuguhi konten yang relevan dengan apa yang telah dibaca yang tampil di Matched Content. Sehingga akan membuka peluang, pengunjung melakukan klik pada konten tersebut, yang akhirnya membuatnya lebih lama berada dalam blog.

Lalu, bagaimana cara memasang iklan konten yang sesuai di blog?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa, untuk bisa memasang Matched Content, akun AdSense dan situs web sudah mendapatkan ijin dari pihak Google AdSense. Untuk mengetahui apakah akun AdSense sudah diperbolehkan untuk pasang Matched Content atau belum, bisa dilakukan dengan cara:

1. Masuk ke akun Google AdSense
2. Kemudian tap ikon tiga baris dipojok kiri atas
3. Lalu tap pada menu ‘Situs’. Jika akun sudah mendapat ijin, maka akan terdapat menu baru yaitu ‘Konten yang Sesuai’ atau ‘Matched Content’

Cara Pasang Iklan Konten Yang Sesuai Di Blogger dan WordPress

4. Kemudian tap pada ‘Konten yang Sesuai’ untuk melihat blog atau website mana yang diberi ijin, jika memiliki situs web lebih dari satu.

Cara Membuat Unit Iklan Konten yang Sesuai atau Matched Content

Jika blog atau website sudah diperbolehkan untuk pasang Matched Content, kini saatnya untuk membuat unit iklan dan dipasang pada blog. Caranya sama seperti membuat unit iklan AdSense lainnya, yaitu:

1. Pada beranda Adsense tap menu ‘Iklan’
2. Kemudian pilih ‘Unit Iklan’ lalu pilih jenis iklan ‘Konten yang Sesuai’ atau ‘Matched Content’

Cara Pasang Iklan Konten Yang Sesuai Di Blogger dan WordPress

3. Selanjutnya buat nama unit klan, dan atur gaya dan ukuran iklan. Disarankan untuk memilih jenis iklan yang ‘Responsif’ agar nanti iklan bisa tampil menyesuaikan ukuran layar
4. Setelah selesai, klik ‘Simpan dan Dapatkan Kode’
5. Kemudian salin dan simpan kode iklan tersebut

Cara Pasang Matched Content Di Situs Web

Setelah membuat dan menyimpan kode jenis iklan Konten yang Sesuai (Matched Content), sekarang tinggal memasangnya ke dalam website. Untuk pengguna Blogger, lakukan langkah berikut ini.

Cara Pasang Iklan Konten Yang Sesuai Di Blogger

1. Masuk Blogger
2. Pilih ‘Tema’ kemudian tap pada ‘Edit HTML’
3. Tempelkan kode iklan Konten yang Sesuai (Matched Content), ke tempat yang diinginkan. Disarankan letakkan dibawah postingan.
4. Kemuduan klik ‘Simpan Tema’

Baca juga: Cara Memasang Iklan Ditengah Artikel

Cara Pasang Iklan Konten Yang Sesuai Di WordPress

1. Masuk WordPress
2. Pilih menu ‘Tampilan’ lalu tap pada ‘Theme Editor’
3. Kemudian pilih ‘content-singel.php’ dan tempelkan kode iklan Konten yang Sesuai (Matched Content), ke tempat yang diinginkan. Disarankan letakkan dibawah artikel.
4. Kemudian klik ‘Perbarui Berkas’ untuk menyimpan perubahan

Baca juga:
Cara Pasang Iklan Diblog WordPress
Cara Membuat Saluran Khusus AdSense Untuk Meningkatkan Penghasilan

Catatan:
Setiap menu dalam tema bisa berbeda antara tema satu dengan yang lainnya. Sesuaikan dengan tema yang sedang digunakan.

Disarankan iklan Matched Content dipasang pada halaman yang mempunyai konten atau tulisan yang cukup panjang, minimal 300-400 kata. Dan setidaknya memiliki satu gambar thumbnails dalam artikel tersebut. Sehingga nantinya, tampilan Matched Content akan semakin menarik dengan adanya gambar thumbnails tersebut.

Nah, bagi yang belum tahu bagaimana bentuk dari iklan Konten yang Sesuai, bisa dilihat pada bagian bawah artikel ini. Demikian, semoga bermanfaat.