Cara Pasang Iklan AdSense di AMP WordPress dan Blogger

Google AdSense sudah mendukung layanan periklanan untuk halaman yang berbasis AMP (Accelerated Mobile Pages). Dengan adanya fitur AMP ads ini, sangat membantu bagi para publisher AdSense untuk memasang iklan pada situs AMP. Sehingga mereka yang mengelola blog AMP, baik itu WordPress maupun Blogger masih bisa mendapat penghasilan dari iklan AdSense.

Saat ini, Google sendiri lebih mengutamakan pengindeksan menggunakan versi seluler ketimbang desktop. Bukan tanpa alasan, sebab sekarang ini mayoritas pengguna internet didominasi oleh perangkat seluler. Sehingga Google AdSense pun menambahkan fitur-fitur baru agar iklan bisa tampil lebih responsive di perangkat seluler. Salah satunya adalah AMP ads yang sengaja dibuat agar kompatibel dengan situs AMP.

Lantas, Bagaimana Cara Memasang Iklan Google AdSense di AMP?

Untuk memasang iklan AMP ke dalam blog atau website, sebenarnya caranya tak jauh berbeda dengan memasang iklan non AMP. Anda bisa memasang iklan secara otomatis dengan menggunakan AMP Auto ads (Iklan Otomatis AMP), atau memasangnya secara manual. Hanya saja jenis kode iklannya berbeda.

Untuk cara pasang iklan di AMP WordPress dan Blogger, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini selengkapnya.

Cara Pasang Iklan AdSense di AMP WordPress

Jika Anda menggunakan plugin AMP for WP, saya rasa, Anda tidak perlu plugin pemasang iklan seperti Ad Inserter atau plugin lainnya yang sejenis. Karena plugin AMP for WP sudah memiliki fitur untuk memasang iklan. Baik digunakan untuk memasang iklan otomatis atau manual. Seperti yang telah saya terapkan pada blog Biangcara ini, berikut caranya.

1. Cara Pasang Iklan Otomatis di AMP WordPress

1. Log in ke akun AdSense
2. Kemudian pilih menu “Iklan” dan Anda akan langsung diarahkan ke halaman “Ringkasan”
3. Selanjutnya klik “AMP tidak aktif” di sebelah kanan di atas daftar situs yang Anda miliki
4. Kemudian aktifkan tombol “Izinkan Google menempatkan iklan display di situs AMP Anda”
5. Setelah itu salin kedua skrip iklan otomatis AMP yang disediakan
6. Selanjutnya buka plugin AMP for WordPress, lalu pilih menu “Settings” kemudian klik pada “Advance Settings”
7. Masukkan skrip kode pertama pada kolom “Enter HTML in Head”
8. Masukkan skrip kode kedua pada kolom “Enter HTML in Body” kemudian klik “Save Changes”

Cara Pasang Iklan AdSense di AMP WordPress

9. Silahkan tunggu minimal satu jam atau bisa lebih, maka iklan AMP otomatis akan tayang di blog Anda

Baca juga: Cara Pasang Iklan AdSense di Blog WordPress

2. Cara Pasang Iklan AdSense di AMP WordPress Secara Manual

1. Log in ke akun AdSense
2. Pilih menu “Iklan” kemudian klik “Menurut unit iklan”
3. Anda bisa membuat unit iklan baru atau menggunakan iklan yang sudah ada. Pilih jenis iklan display atau iklan dalam artikel.
4. Klik tanda “< >” pada unit iklan yang sudah ada untuk mendapatkan skrip kode iklan, lalu simpan kode tersebut. Sebagai contoh,

5. Selanjutnya buka plugin AMP for WordPress, lalu pilih menu “Settings” kemudian klik pada “Advertisement”
6. Ada enam buah tempat dimana posisi iklan bisa tampil di halaman Anda, pilih sesuai kebutuhan. Sebagai contoh AD #1, iklan akan muncul di bawah header
7. Aktifkan tombol AD #1, jika aktif akan berwarna hijau
8. Masukkan “ca-pub-9876543211234567” pada kolom “Data AD Client” dan “1234567890” pada kolom “Data AD Slot”. Ingat, ganti ID client AdSense dan slot iklan dengan ID dan slot iklan milik Anda.

Cara Pasang Iklan AdSense di AMP WordPress

9. Jika ingin iklan tampil sesuai dengan ukuran yang telah Anda tentukan, non aktifkan pilihan “Responsive Ad Unit”. Jika tidak, Anda bisa mengaktifkannya, maka iklan akan muncul dengan tampilan responsive
10. Setelah mengatur semua iklan yang ingin Anda pasang, jangan lupa klik “Save Changes” untuk menyimpan pengaturan tersebut

Selesai, sekarang iklan otomatis AMP sudah terpasang di situs AMP WordPress Anda, begitu juga dengan iklan konvensional. Selanjutnya, bagaimana dengan situs AMP Blogger? Untuk cara pasang iklan Google AdSense di AMP Blogger, berikut caranya.

Cara Pasang Iklan AdSense di AMP Blogger

Tak berbeda dengan AMP WordPress, di AMP Blogger juga bisa dipasang iklan AMP otomatis dan iklan konvesional. Namun pastikan dulu bahwa template atau tema Anda sudah valid HTML AMP.

1. Cara Pasang Iklan Otomatis di AMP Blogger

1. Log in ke akun AdSense untuk mendapatkan dua buah skrip kode iklan AMP otomatis.
2. Kemudian log in ke dashboard Blogger
3. Pilih menu “Tema” kemudian klik ikon “Tiga titik” disebelah kanan atas, di bawah foto akun Google
4. Pilih “Edit HTML”. Namun sebaiknya cadangkan tema terlebih dahulu, agar jika terjadi masalah dapat dikembalikan dengan mudah. Caranya pilih opsi “Cadangkan” kemudian klik tombol “Download”
5. Selanjutnya letakkan skrip kode iklan otomatis pertama di atas tag dan skrip kode iklan kedua tepat dibawah tag lalu simpan. Jangan lupa ganti ID client Adsense dengan ID AdSense milik Anda.

Cara Pasang Iklan AdSense di AMP Blogger



2. Cara Pasang Iklan AdSense di AMP Blogger Secara Manual

1. Log in ke dashboard Blogger
2. Pilih menu “Tata Letak” kemudian klik tambahkan widget/gadget pada tempat dimana iklan akan ditampilkan
3. Pilih gadget HTML/JavaScript
4. Masukkan skrip kode iklan AMP di bawah ini kemudian simpan

Cara Pasang Iklan AMP di Blog WordPress

5. Selesai

Baca juga: Cara Mengaktifkan Ads txt untuk Publisher AdSense

Demikian penjelasan cara pasang iklan AMP Auto ads di situs AMP WordPress dan Blogger, serta cara memasang iklan secara manual di kedua platform tersebut.

Catatan:
Untuk memasang iklan di tengah artikel pada blog AMP, caranya mudah. Terapkan saja kedua cara di atas yaitu, pasang iklan secara manual dan pasang juga iklan otomatis AMP. Hasilnya seperti yang bisa Anda lihat di blog ini. Sehingga Anda tidak perlu tambahan plugin pemasang iklan, dan juga plugin AMP for WP versi Pro. Semoga ada manfaatnya dan selamat mencoba.