Cara Optimasi SEO On Page untuk Website atau Blog

Seperti yang telah diketahui, pada dasarnya teknik SEO dibagi menjadi dua jenis yaitu SEO on page dan SEO off page. Kedua teknik ini sangat penting untuk website atau blog agar bisa memenangkan persaingan untuk tampil pertama di hasil pencarian. Oleh karena itu perlu diketahui bagaimana praktik terbaik yang perlu dilakukan untuk optimasi SEO.

Nah, pada kesempatan kali ini, Biangcara akan membahas mengenai apa yang dimaksud SEO, khususnya on page SEO dan bagaimana cara optimasi SEO on page tersebut.

Pengertian SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik untuk meningkatkan peringkat website atau artikel blog pada halaman hasil pencarian atau Search Engine Results Pages (SERP). Jadi, SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs pada posisi teratas pada sebuah mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu.

Lalu, apa yang dimaksud dengan SEO on page?

SEO on page adalah praktik optimasi SEO yang fokus pada halaman atau konten yang ada di dalam website. Langkah optimasi ini dilakukan pada faktor-faktor yang ada di dalam website itu sendiri. Mulai dari tema, kecepatan situs sampai konten yang berkualitas.

Tujuan dari on page SEO adalah untuk meningkatkan kualitas konten agar mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca blog dan juga mesin pencari. Ketika website teroptimasi dengan baik, maka mesin pencari akan lebih mudah memahami relevansi konteks atau isi konten dengan kata kunci yang sedang dicari.

Cara Optimasi SEO On Page untuk Website atau Blog

Langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk optimasi SEO on page? Berikut langkah-langkahnya.

1. Buat Judul yang Menarik

Jika Anda melihat halaman pencarian Google, Google hanya menampilkan judul dan deskripsi singkat konten di hasil pencarian. Sehingga judul menjadi bagian konten pertama yang dilihat dan dibaca. Oleh karena itu, buatlah judul yang menarik, agar orang langsung tertarik untuk membaca konten Anda.

2. Tambahkan Gambar atau Video

Cara Optimasi SEO On Page

Agar lebih menarik tambahkan gambar atau video pada konten. Paling tidak tambahkan satu atau dua gambar pada setiap konten yang Anda buat. Agar on page SEO meningkat, dalam menambahkan gambar Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Pertama, gunakan gambar berukuran kecil, usahakan tidak lebih dari 100 KB. Gambar berukuran besar hanya akan memperlambat loading website. Anda bisa menggunakan layanan kompres gambar untuk mengecilkan ukurannya.

Kedua, ubah nama file sesuai dengan kata kunci yang Anda targetkan. Hal ini akan membantu gambar untuk muncul di hasil pencarian gambar.

Ketiga, buat teks alt sesuai kata kunci. Teks alt atau alternative text akan membantu Google mengidentifikasi topik yang sedang Anda bahas dan memudahkan gambar untuk muncul di Google Image Search. Jika gambar lebih dari satu, Anda bisa membuat teks alt menggunakan padanan kata kunci atau keyword turunan (LSI).

3. Gunakan Permalink Sederhana

Permalink atau url sebuah halaman yang sederhana, lebih memudahkan mesin pencari untuk mengenali konten yang sedang dibahas. Untuk itu, gunakan permalink yang singkat namun tetap mengandung kata kunci yang menjadi target. Dengan permalink yang singkat dan informatif membuat SEO on page lebih meningkat.

4. Tambahkan Internal Link

Internal link adalah link yang mengarah ke konten lain di website Anda. Internal link membantu mesin pencari untuk memahami hubungan antar halaman dalam website Anda. Dalam menambahkan link ini, usahakan link tersebut mengarah ke halaman dengan bahasan topik yang sama. Misalnya Anda membuat konten tentang SEO, maka buat internal link ke halaman yang membahas seputar SEO.

Untuk cara menambahkan internal link baca pada ulasan, Pengertian Internal Link dan External Link dan Cara Membuatnya

5. Sisipkan Outbound Link

Berbeda dengan internal link yang mengarah ke konten yang ada dalam website Anda, outbound link adalah jenis link yang mengarah ke website lain. Anda bisa menambahkan paling tidak satu link jenis ini ke website yang benar-benar mempunyai reputasi baik. Dan website tersebut juga punya relevansi dengan konten yang Anda buat.

Baca juga: Cara Membuat Link Nofollow di WordPress Gutenberg

6. Buat Link Jadi Open in New Tab

Buat link agar terbuka di tab baru, cara ini selain diharapkan dapat menurunkan angka bounce rate, juga bisa memberi pengalaman pengguna yang lebih baik. Di WordPress Anda bisa mengubahnya secara manual atau jika Anda menginginkan secara otomatis, Anda bisa menggunakan bantuan plugin.

7. Gunakan LSI Keyword

LSI keyword adalah kata kunci yang masih bermakna mirip dengan keyword yang Anda targetkan. Atau bisa diartikan sebagai variasi padanan kata kunci. Untuk menghindari pengulangan kata kunci target secara berlebih, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan LSI keyword ini. Anda bisa memanfaatkan layanan seperti LSIKeywords.

Baca juga: Cara Riset Keyword yang Tepat Untuk Website

8. Buat Konten Berkualitas

Cara Optimasi SEO On Page

Konten berkualitas tidak hanya dilihat dari jumlah kata yang digunakan. Memang benar jumlah kata berpengaruh untuk meningkatkan SEO. Namun itu tidak ada artinya jika konten Anda berkualitas buruk. Konten berkualiatas adalah konten yang mampu menjawab dan memberi solusi persoalan pembaca. Untuk itu, beri informasi yang lengkap dan jelas mengenai topik yang sedang Anda bahas.

9. Gunakan Tema Responsif

Gunakan tema yang kompatibel dengan semua perangkat, baik di perangkat desktop, tablet, terlebih pada perangkat mobile. Karena Google saat ini mengutamakan pengindeksian versi mobile. Jadi, pastikan tema yang Anda gunakan mobile friendly. Jika website versi mobile menghasilkan performa kurang baik, kemungkinan besar akan berpengaruh buruk pada kualitas SEO website Anda. 

10. Tingkatkan Kecepatan Website

Menurut Google, 53 persen pengunjung akan meninggalkan website dengan loading lebih dari 3 detik. Jika kecepatan loading website Anda lambat, bukan tidak mungkin banyak pengunjung yang akan meninggalkan website Anda. Hal ini jelas mengakibatkan tingginya bounce rate website Anda. Nah, bounce rate tinggi inilah yang akan memberi pengaruh buruk pada kualitas SEO website Anda.

Baca juga: Cara Mudah Menghasilkan Trafik Tanpa SEO

Nah, jika ingin meningkatkan kualitas SEO website, langkah-langkah SEO on page adalah salah satu cara yang layak Anda coba. Namun, manfaat SEO on page ini tidak serta merta langsung berdampak pada website Anda, karena semua butuh proses. Yang terpenting adalah, selalu buat konten berkualitas, menarik dan bermanfaat bagi pembaca, karena Google sangat menyukai itu.