Cara Optimasi SEO Off Page Untuk Blog

Langkah optimasi SEO secara sederhana dibedakan menjadi dua macam, yaitu SEO on page dan SEO off page. Agar blog atau website bisa mendapatkan peringkat yang baik dihasil pencarian, keduanya harus dioptimasi secara optimal. Jika salah satu tidak dioptimalkan, maka akan berpengaruh negatif pada kualitas SEO website secara keseluruhan.

Nah, untuk artikel kali ini Biangcara akan membahas mengenai apa itu SEO offpage dan bagaimana cara optimasi SEO off page secara maksimal, agar kualitas SEO blog atau website Anda semakin meningkat.

Pengertian SEO Off Page

Seo off page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan diluar website. Jadi semua tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat blog di halaman hasil pencarian (SERP), melalui faktor-faktor eksternal website.

Lalu, Apa yang Dimaksud SEO On Page?

SEO on page adalah tindakan yang dilakukan dengan mengoptimalkan faktor-faktor yang ada di dalam website itu sendiri. Jadi, semua upaya optimasi SEO yang fokus pada konten atau faktor lainnya yang ada di dalam website.

Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa, perbedaan mendasar antara SEO on page dan off page terletak pada dimana optimasi itu dilakukan. Pada SEO onpage optimasi dilakukan pada website atau blog itu sendiri. Sedangkan pada SEO offpage optimasi dilakukan pada faktor lain diluar blog atau website.

Bagaimana Cara Optimasi SEO Off Page?

Ada berbagai langkah optimasi SEO off page yang perlu dilakukan dengan serius, agar peringkat website jadi lebih baik di hasil pencarian Google. Langkah tersebut adalah:

1. Link Building

Link building adalah teknik optimasi yang dilakukan untuk mendatangkan link atau tautan berkualitas dari website satu ke website lain. Jadi, link building merupakan metode untuk mendapatkan backlink dari website lain menuju website Anda.

Cara Optimasi SEO Off Page

Sedangkan pengertian backlink adalah link atau tautan yang ada di website lain yang mengarah ke website Anda. Backlink juga biasa disebut dengan istilah inbound link.

Agar memperoleh backlink berkualitas, dalam melakukan link building, ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

a. Website dengan page authority dan domain authority bagus

Page authority (PA) dan domain authorty (DA) sangat berpengaruh pada kualitas sebuah backlink. Website yang mempunyai PA dan DA yang tinggi, backlink yang dihasilkan lebih berkualitas dibanding dengan website dengan PA dan DA rendah.

Oleh karena itu, pertimbangkan kualitas page authority dan domain authority, jika Anda ingin mendapatkan backlink berkualitas tinggi. Untuk mengetahui PA dan DA sebuah website, Anda bisa menggunakan Moz atau Ahrefs atau situs sejenis.

b. Memberikan link dofollow

Google hanya akan menelusuri link yang bersifat dofollow. Untuk itu, usahakan link yang mengarah ke website Anda bersifat dofollow. Dengan begitu, authority website Anda akan meningkat, sehingga SEO off page website Anda menjadi lebih berkualitas. Sebaliknya, jika link bersifat nofollow tidak akan berpengaruh pada kualitas authority webaite Anda.

c. Menggunakan anchor text yang sesuai

Gunakan anchor text yang sesuai atau relevan dengan kata kunci yang ditargetkan. Anchor text adalah teks yang berisi link yang bisa di klik oleh pengunjung. Dengan membuat anchor text yang tepat sesuai kata kunci, website akan tampil lebih baik di halaman hasil pencarian.

d. Relevan dengan website Anda

Pilih website yang punya niche sama dengan kepunyaan Anda. Jika website Anda membahas dunia blogging, maka cari backlink dari website dengan niche yang sama. Karena backlink dari website satu niche lebih bagus dari website yang berbeda niche.

e. Mempunyai trafik tinggi

Jika Anda mendapat backlink dari website yang punya trafik tinggi, kemungkinan besar trafik website Anda juga akan melonjak. Karena link yang menuju website Anda berpeluang besar di klik oleh pengunjung.

Itulah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat melakukan link building. Jika sulit menemukan website dengan kriteria diatas, Anda bisa menitik beratkan kepada salah satu poin. Misalnya backlink yang satu dari website dengan PA dan DA tinggi untuk membangun authority. Sedangkan backlink yang lain dari website dengan trafik tinggi untuk meningkatkan trafik website.

Baca juga: Cara Menghasilkan Trafik Tanpa SEO

2. Sosial Media

Cara Optimasi SEO Off Page Untuk Blog

Dengan melakukan promosi atau membagikan konten Anda melalui jejaring sosial, adalah langkah yang cukup efektif untuk meningkatkan trafik website. Walaupun link bersifat nofollow, namun cara ini sangat membantu untuk mendatangkan pengunjung ke website Anda.

Apalagi jika orang-orang menyukai konten Anda dan membagikannya kembali ke media sosial, tentu akan semakin besar peluang konten Anda dibaca banyak orang. Walaupun share di media sosial tidak berdampak langsung pada SEO, paling tidak cara ini dapat meningkatkan trafik dan juga website Anda jadi lebih dikenal banyak orang.

3. SEO Lokal

SEO lokal umumnya fokus pada hasil terkait dimana lokasi penggunanya berada. Karena semakin banyaknya pengguna smartphone, diiringi dengan dukungan koneksi internet yang cepat, cara ini sangat membantu meningkatkan kualitas SEO off page.

Dengan Google Bisnisku, Anda bisa memanfaatkan layanan listing bisnis gratis dari Google ini, untuk meningkatkan SEO lokal. Dengan Anda mendaftar ke Google Bisnisku, bisnis Anda akan berpeluang besar muncul di kotak snack pack hasil pencarian Google, dan juga akan muncul di Google Maps.

Itulah beberapa cara optimasi SEO off page untuk blog dari berbagai macam cara yang ada. Melakukan teknik SEO off page sangat penting untuk meningkatkan trafik pengunjung dan membuat reputasi blog menjadi semakin baik.

Namun jangan lupa, optimasi SEO on page juga tak kalah penting untuk Anda terapkan dalam website Anda. Tanpa konten berkualitas, SEO off page yang Anda upayakan dengan susah payah tidak akan bekerja secara maksimal.