Cara Mudah Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Cara Mudah Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh – Ketika musim penghujan tiba, biasanya kebanyakan orang mengalami gangguan kesehatan. Misalnya terkena flu, batuk ataupun demam. Namun banyak juga orang yang tidak terganggu kesehatannya, karena mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

Sistem kekebalan tubuh merupakan sistem kompleks yang tersusun dari sel, jaringan, dan organ yang bertanggung jawab terhadap imunitas dan pertahanan tubuh dari berbagai virus dan bakteri. Sehingga orang yang mempunyai kekebalan tubuh yang baik akan lebih tahan dan tidak mudah sakit akibat serangan virus dan bakteri.

Jumlah sistem kekebalan tubuh pada seseorang dapat turun karena gaya hidup dan aktifitas yang dilakukan. Seperti terus terpapar polusi atau bekerja di ruangan tertutup. Banyak ahli kesehatan menyimpulkan bahwa sistem kekebalan yang menurun sangat berbahaya bagi tubuh. Hal ini dikarenakan, tubuh tidak lagi dapat mempertahankan diri dari berbagai ancaman kesehatan.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Bekas Luka dengan Cepat dan Gampang

Menurut dokter Suci Sutinah Diah Suksmasari dalam diskusi bersama Redoxon yang mengusung tema “Siapkan Komuter Indonesia untuk Menjaga Daya Tahun Tubuh yang Sehat dan Kuat”, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dan berikut ini 4 cara mudah menjaga sistem kekebalan tubuh.

1. Minum banyak air putih

Cara Mudah Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Air putih sangatlah penting bagi sistem kekebalan tubuh. Ia dipercaya dapat memperkuat sistem tersebut melalui keluarnya virus dan bakteri jahat di dalam tubuh lewat buang air kecil. Oleh karena itu, sangat disarankan, seseorang untuk minum 8-10 gelas per hari.

2. Makan yang bergizi

Tak hanya sekadar makan, seseorang harus dibekali dengan makanan yang bergizi. Makanan berupa daging organik yang tidak terkontaminasi dengan antibiotik serta sayuran dan buah-buahan yang segar, yaitu bebas dari paparan pestisida dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

3. Mengkonsumsi suplemen

Suplemen yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah yang memiliki kandungan vitamin C dan zinc. Jika dikonsumsi secara teratur, ia akan memberikan dampak yang baik dan positif bagi sistem ini.

4. Berolahraga

Selain mengkonsumsi makanan, minuman dan suplemen, hal lain yang harus diperhatikan adalah olahraga. Ini dipercaya dapat membuat tubuh menjadi bugar dan sistem imunitas tubuh pun meningkat. Jika tak punya waktu cukup, bergerak selama 10 menit saja sudah sangat disarankan.

Demikian beberapa cara gampang menjaga sistem kekebalan tubuh yang dapat Anda coba.