Cara Merekam Video Call WhatsApp di Android

Selain berkirim pesan, pengguna WhatsApp juga bisa melakukan voice call (panggilan suara) dan video call (panggilan video) untuk berkomunikasi di WhatsApp. Cara menggunakannya juga mudah dan gratis, sehingga tak heran jika WhatsApp menjadi salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan untuk melakukan panggilan video (video call).

Jika karena suatu kebutuhan Anda ingin merekam pangilan video di WhatsApp, aplikasi ini belum memiliki fitur perekaman. Meski demikian, jangan khawatir Anda masih bisa merekam panggilan video di WhatsApp dengan mudah. Bagaimana cara merekam panggilan video WhatsApp di Android? Berikut tutorial selengkapnya.

Cara Merekam Video Call WhatsApp di Android

Bagi pengguna Hp Android yang sudah tersedia fitur screen recording atau perekam layar, langsung bisa memanfaatkan fitur ini untuk merekam video call WhatsApp. Fitur screen recording mampu merekam tampilan layar dan suara yang dihasilkan handphone Anda. Tinggal aktifkan fitur screen recording dan otomatis gadget Anda akan melakukan perekaman pada semua tampilan layar, termasuk jika Anda melakukan panggilan video di WhatsApp.

Baca juga: Cara Membuat 2 Akun WhatsApp dalam 1 Hp Android

1. Screen Recorder – No Ads

Namun jika Hp Android Anda belum ada fitur tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa didapatkan secara cuma-cuma. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda coba, antara lain,

Cara Merekam Video Call WhatsApp

Silahkan download dan install aplikasi Screen Recorder – No Ads di smartphone Anda, kemudian buka dan jalankan aplikasi. Beri izin aplikasi agar bisa berjalan dengan semestinya. Anda bisa masuk ke menu pengaturan, disana Anda dapat mengatur perekaman video, mulai dari pengaturan waktu tunda sebelum perekaman, besarnya resolusi video, orientasi layar, frame rate, kualitas suara dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan perekaman, buka aplikasi kemudian tap pada tombol lambang video. Kemudian buka Aplikasi WhatsApp dan lakukan panggilan video. Untuk mengakhiri perekaman ada tiga pilihan cara yang bisa Anda atur di menu pengaturan, yaitu lewat jendela notifikasi, ketika layar mati dan dengan menggoyangkan ponsel Anda.

Hasil perekaman bisa langsung dilihat atau lewat galeri. Anda juga bisa mengedit video hasil perekaman dan membagikannya ke berbagai media sosial termasuk WhatsApp dan YouTube.

2. AZ Screen Recorder – No Root

Cara Merekam Video Call WhatsApp

Sebelum bisa merekam layar menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder, seperti biasa Anda harus download dan install terlebih dahulu aplikasi tersebut di ponsel Anda. Setelah terinstall jalankan aplikasi dan beri izin aplikasi aga bisar berjalan dengan normal.

Seperti aplikasi Screen Recorder – No Ads, aplikasi AZ Screen Recorder memiliki beberapa menu pengaturan. Anda bisa mengatur video perekaman, mulai dari resolusi, frame rate, bit-rate, orientasi, dan time-lapse dan audio record.

Untuk memulai perekaman, jalankan apikasi lalu buka jendela notifikasi dan pilih tombol record. Untuk mengakhirinya juga sama, buka jendela notifikasi dan pilih tombol stop. Hasil perekaman video bisa langsung dilihat atau lewat Galeri.

Baca juga: Cara Merekam Layar HP Android Tanpa Root

Demikian, tips cara merekam video call WhatsApp di Android paling mudah. Selain dua aplikasi perekam layar di atas, masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan untuk merekam layar ponsel Android yang bisa Anda dapatkan melalui PlayStore. Semoga bermanfaat.