Cara Merekam Layar Hp Android Tanpa Root

Android merupakan salah satu sistem operasi yang populer dan banyak digunakan saat ini. Banyak sekali ponsel yang beredar dipasaran menggunakan OS Android. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, ponsel tidak lagi hanya digunakan sebagai alat komunikasi. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan ponsel. Seperti browsing, chatting, bermain game, sampai mengerjakan tugas kantor maupun sekolah.

Salah satu yang menarik dan bisa dilakukan di Android adalah merekam layar hp Android menjadi sebuah video. Misalnya ketika bermain game yang cukup seru dan Anda ingin membagikannya kepada teman atau saudara, tentu Anda harus merekamnya dahulu baru kemudian bisa dibagikan. Nah, bagaimana cara merekam layar hp Android?



Untuk bisa merekam layar di ponsel Android tanpa root sebenarnya mudah sekali. Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara, yaitu tanpa menggunakan aplikasi dan menggunakan bantuan aplikasi. Ingin tahu caranya? Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Merekam Layar Hp Android

Berikut beberapa cara merekam layar hp Android tanpa root.

1. Menggunakan Aplikasi Bawaan

Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa di hp Android sudah dibenamkan kemampuan untuk merekam aktifitas layar ponsel, yaitu menggunakan aplikasi bawaan Google Play Games. Anda tak perlu lagi mengunduh dan menginstal aplikasi lewat PlayStore.



Aplikasi ini berguna untuk menyimpan data game di hp android. Selain itu, ternyata bisa digunakan untuk merekam permainan yang sedang dimainkan dan melakukan streaming langsung di YouTube. Jadi Anda bisa langsung melakukan live streaming di YouTube dengan aplikasi Google Play Game. Inilah fungsi lain dari aplikasi ini yang jarang diketahui banyak orang.

Kembali ke pokok pembahasan, melalui Google Play Games, Anda bisa merekam screen tampilan layar dengan gampang. Cukup ikuti tahapan dan petunjuk yang diberikan. Silahkan buka aplikasi Google Play Game, dan pilih game atau aplikasi lain yang ingin direkam, dan ikuti langkah-langkah yang diberikan dan atur proses perekaman sesuai dengan hasil rekaman yang Anda inginkan nanti. Disini Anda bisa memilih kualitas rekaman hd 720p atau 480p, mengatur kamera depan, microphone dan lainnya.

Sebagai tambahan, fitur ini bisa dipakai pada hp Android dengan OS Lollipop 5.0 keatas, dan belum tentu akan kompetibel dengan semua jenis ponsel Android, walaupun sudah menggunakan OS Lollipop 5.0 keatas.



Selain menggunakan Google Play Games, bisa juga menggunakan Youtube Gaming untuk melakukan perekaman pada layar hp Android. Selain digunakan untuk streaming secara real time, juga bisa digunakan sebagai perekam layar screen smartphone Android.

2. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Jika tidak berhasil merekam screen ponsel Android menggunakan aplikasi bawaan, Anda bisa menggunakan aplikasi perekam layar hp yang banyak tersedia di PlayStore. Sebelumnya silahkan download dan instal aplikasinya sebelum bisa melakukan perekaman.

Aplikasi Perekam Layar Hp Android

Berikut beberapa aplikasi yang bagus untuk merekam layar smartphone Android.

1. AZ Screen Recorder

Cara Merekam Layar Hp Android Tanpa Root
Cara Merekam Layar Hp Android Tanpa Root

Aplikasi AZ Screen Recorder ini bisa digunakan walaupun hp belum di root atau di jailbreak. Aplikasi ini juga tidak menampilkan watermark aplikasi, dengan ini anda dapat menghasilkan video yang bebas dan bersih dari watermark aplikasi.

Aplikasi ini memiliki fitur magic button, sehingga tombol tidak akan tampil pada saat perekaman berlangsung. Sebelum proses perekaman berlangsung aplikasi ini akan menunjukkan count down timer, tentunya hal ini dapat membantu mempersiapkan diri untuk melakukan perekaman. Anda bisa melakukan penyuntingan video setelah perekaman layar hp android dilakukan.

2. Screen Recorder




Aplikasi ini menawarkan berbagai macam resolusi mulai dari 240p hingga FHD 1080p. Pada aplikasi ini juga terdapat pengaturan frame atau gambar per tiap gerakan, dan hasil perekaman pun dapat dilakukan tanpa adanya batasan waktu. Yang lebih menariknya lagi, rekaman pun bisa dikontrol melalui menu notifikasi.

3. Mobizen Screen Recorder

Aplikasi ini memiliki facecam atau perekaman kamera depan untuk merekam wajah atau emosi user. Selain itu, juga memiliki fitur editing video yang sangat menarik, video yang ditampilkan tidak akan terlihat monoton. Kelebihan lainnya adalah Anda dengan mudah bisa menambahkan musik di daalamnya.

Anda juga dapat menambahkan intro dan outro video, yaitu video identitas pembuat yang muncul pada awal video juga pada akhir video. Sehingga membuat rekaman yang dihasilkan terlihat lebih profesional dan berkelas. Asyiknya lagi, Anda bisa merekam tanpa batas waktu dan tanpa watermark. Anda pun dapat menyimpan hasil rekaman tersebut pada memori external.



Baca juga: Aplikasi Pembuat Video Intro YouTube

Demikian cara merekam layar hp Android yang gampang dan mudah dengan hasil yang baik. Selain aplikasi diatas, masih banyak aplikasi lain yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi.