Cara Merawat Kulit Sensitif Yang Baik

Kulit yang memerah, mudah bentol, dan sangat kering adalah beberapa tanda kulit sensitif. Jenis kulit seperti ini membutuhkan perawatan khusus. Untuk itu, bagi anda yang memiliki kulit sensitif harus extra hati-hati. Anda perlu tahu cara merawat kulit sensitif yang benar, sehingga nantinya kulit tetap sehat dan terawat dengan baik.

Kulit sensitif juga dapat disebabkan karena reaksi alergi. Selain itu kondisi semacam ini juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan yang mampu merusak kulit. Seperti sinar matahari, angin, atau cuaca yang ekstrim.

Masalah-Masalah Pada Kulit Sensitif

Kulit sensitif lebih mudah untuk mengalami iritasi dengan berbagai penyebab. Dibawah ini beberapa masalah yang sering dijumpai pada kulit sensitif.

  1. Kulit Memerah
    Orang dengan kulit sensitif sering kali mengalami masalah kulit memerah akibat pembuluh darah yang melebar. Biasanya disertai pula dengan bentol, pembesaran kelenjar minyak, dan penebalan kulit pada hidung, pipi, dan dagu.

  2. Reaksi Alergi
    Orang yang memiliki kulit sensitif akibat reaksi alergi, biasanya kulit terasa seperti terbakar, muncul ruam gatal, hingga rasa seperti tersengat. Dalam beberapa kasus ini mungkin terjadi.

  3. Mudah Berjerawat
    Bagi orang yang memiliki kulit sensitif sudah tidak asing lagi dengan masalah ini. Jerawat akan muncul meski usia pubertas sudah terlewati. Karena kulit sensitif lebih rawan terhadap jerawat, baik karena stres, kurang tidur, minyak berlebih, ataupun pemakaian produk tertentu.

  4. Kulit Mudah Kering
    Penggunaan produk yang menimbulkan iritasi atau merusak kulit, dapat menyebabkan kulit yang mengalami dehidrasi menjadi rusak dan terkelupas. Kondisi semacam ini membuat kulit di bawahnya lebih mudah untuk terpapar bahan-bahan lain.

Baca Juga: Cara Perawatan Jerawat Pada Kulit Sensitif

Cara Merawat Kulit Sensitif Yang Baik
Cara Merawat Kulit Sensitif Yang Baik

Tips Cara Merawat Kulit Sensitif

Berikut beberapa cara merawat kulit sensitif yang baik.

1. Melakukan Percobaan
Sebelum menggunakan produk tertentu untuk perawatan kulit, pastikan kulit tidak akan mengalami iritasi, memerah, atau muncul bentol. Dengan cara mencoba keamanan produk kulit tersebut, apalagi bila sebelumnya belum pernah menggunakan produk tersebut.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara memakai sedikit produk tersebut di belakang telinga semalaman. Jika tidak ada iritasi, silahkan dicoba juga pada area sekitar mata. Bila, tidak ada keluhan berarti produk tersebut aman digunakan pada wajah.

2. Bersihkan Kulit dengan Baik
Kulit sensitif tidak bisa dibersihkan dengan sembarangan. Terlalu sering mencuci muka atau jarang mencuci muka sama-sama dapat menimbulkan masalah. Cukup cuci muka dua kali dalam sehari.

Pilihlah pembersih khusus kulit sensitif, jangan mengeringkan kulit dengan cara digosok. Jarang mencuci muka atau terlalu sering mencuci muka sama-sama dapat menimbulkan masalah pada kulit sensitif.

3. Produk Hipoalergenik Belum Tentu Aman

Produk kulit dengan label hipoalergenik (rendah risiko alergi) belum tentu aman bagi kulit sensitif. Sebab, tidak ada aturan hukum yang mengatur mengenai pengunaan label ini. Setiap perusahaan dapat menggunakannya secara bebas.

4. Teliti dan Baca Label Produk

Agar kulit terhindari dari beragam masalah, harus teliti dan membaca label dan keterangan produk sebelum membeli. Pilihlah produk dengan kandungan bahan yang aman, misalnya bebas dari pengharum dan paraben yang dapat menyebabkan iritasi.

Disarankan pula memilih produk kulit dengan komposisi sedikit, maksimal terdiri dari 10 bahan. Karena, semakin kompleks formula produk maka makin besar peluang kulit mengalami iritasi.

5. Teliti Memilih Produk Kosmetik

Saat membeli produk kosmetik kamu harus lebih teliti. Pilih bedak yang memiliki sedikit pengawet dan berisiko rendah iritasi, pilih foundation berbahan dasar silikon, jangan gunakan kosmetik tahan air, dan hindari eyeliner cair yang mungkin mengandung lateks penyebab alergi.

Jangan gunakan produk kosmetik yang sudah lama untuk mencegah kontaminasi. Perlu diperhatikan juga hati-hati dengan produk kosmetik yang berbahaya.

6. Gunakan Produk Perawatan Kulit Sederhana

Bagi pemilik kulit sensitif jangan terlalu banyak memakai produk perawatan kulit, hal ini justru dapat menimbulkan iritasi. Cukup gunakan produk sederhana untuk sehari-hari, seperti pembersih, pelembap, dan pelindung sinar matahari.

7. Gunakan Pakaian Berbahan Rendah Iritasi

Selain pada bagian kulit wajah, pada kulit tubuh lainnya juga perlu dilakukan perawatan. Yaitu, dengan menggunakan pakaian yang memiliki potensi iritasi cukup rendah.

Kulit akan sering bergesekan dengan bahan pakaian yang dikenakan. Sebaiknya pilih pakaian berbahan lembut dan terbuat dari bahan alami seperti katun. Sehingga, kelembapan kulit tetap terjaga.

Kulit sensitif umumnya tidak membutuhkan penanganan medis, terutama masalah akibat pemakaian produk perawatan kulit atau kosmetik. Namun, jika keluhan makin memburuk harus secepatnya menghubungi dokter kulit.

Semua bagian kulit bisa bersifat sensitif, untuk itu pemakaian produk atau bahan tertentu yang bersentuhan langsung dengan kulit perlu diperhatikan dengan teliti. Hanya gunakan produk yang benar-benar aman. Semoga tips Cara Merawat Kulit Sensitif yang Baik diatas dapat bermanfaat.