Cara Merawat Body Motor Agar Mengkilap

Sekarang ini motor menjadi salah satu kebutuhan banyak orang. Memiliki motor merupakan suatu keharusan sebagai supaya mempermudah kebutuhan transportasi untuk berbagai aktifitas yang dilakukan. Saat ini motor matic menjadi motor yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Sebagai pemilik dan pengguna motor jenis apapun, selain memperhatikan perawatan berkala, merawat penampilan motor merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Penampilan motor yang baik sering di korelasikan dengan penampilan dan prilaku pengguna atau pemiliknya. Motor yang terlihat bersih menunjukkan bahwa pemiliknya merupakan orang yang terawat dan memperhatikan aspek kebersihan pada dirinya. Sedangkan motor yang terlihat kotor menunjukkan bahwa pemiliknya adalah orang yang malas dan tidak mau memperhatikan bagaimana cara merawat body yang dimilikinya.

Kondisi body motor yang baik sebagai wujud dari penampilan luar motor bukan hanya terlihat bersih saja namun juga harus mengkilap untuk menunjukkan kesan selalu baru dan terawat pada motor tersebut. Untuk dapat mengkilapkan body motor tersebut, berikut cara merawat body motor agar mengkilap yang dapat dilakukan sendiri oleh pemilik motor.

Cara Merawat Body Motor Agar Mengkilap

1. Rutin Membersihkan Kotoran dan Debu Pada Body

Kotoran dan debu merupakan hal yang pasti akan menempel pada body motor pada saat digunakan dijalanan. Membersihkan body motor dari kotoran dan debu melukakan langkah yang harus rutin dilakukan agar body motor terlihat bersih dan tetap mengkilat. Untuk menghindarkan pemilik motor memikirkan cara menghilangkan baret motor, pembersihan debu dan kotoran sebaiknya tidak menggunakan lap kasar secara lengsung. Gunakanlah lap lembut khusus debu dan lap kanebo yang basah untuk kotoran yang berpasir. Selalu usahakan untuk rutin membersihkan agar debu dan kotoran tidak menumpuk yang akan susah dibersihkan dikemudian hari.

2. Mencuci Motor
Mencuci motor secara keseluruhan adalah tindakan yang sebaiknya dilakukan rutin beberapa minggu sekali untuk menjaga seluruh komponen dari kotoran. Proses mencuci motor ini harus dilakukan dengan benar dan tidak sembarangan untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Mencuci motor dengan shampo khusus motor adalah keharusan yang sebaiknya dilakukan untuk mendapati kondisi motor yang mengkilap. Menghindarkan produk pembersih yang bukan khusus untuk motor berfungsi juga untuk menghindarkan body motor dan komponen lainnya dari zat yang berbahaya.

3. Mengunakan Minyak Pemoles Body

Minyak pemoles body dibutuhkan untuk membuat body tampak kilap dan terlihat baru. Dalam menggunakan pemoles body motor ini, usahakan body dalam kondisi yang benar benar besih dan kering setelah terelebih dahulu dicuci. Kemudian oleskan sedikit minyak tersebut dengan bantuan lap sampai body terlihat mengkilap seluruhnya. Untuk menghindarkan body dari kusam dan perubahaan warna akibat pemakaian minyak pemoles body yang berlebihan, selalu pilih produk pemoles body yang tidak mengandung zat abrasive. Selain body komponen metal lain juga bisa dipoles menggunakan minyak khusus pemoles komponen metal motor agar terlihat mengkilap.

4. Perhatikan lokasi parkir motor
Setelah motor dicuci dan dipoles sehingga terlihat mengkilap dan besih, selalu perhatikan lokasi parkir motor agar terhindar dari sinar matahari langsung dan berbagai resiko kotoran yang ada. Sinar matahari langsung yang mengenai body motor secara terus menerus dapat menyebabkan body akan terlihat kusam. Agar hal tersebut tidak terjadi, selalu usahakan motor terparkir pada tempat yang teduh dan jauh dari resiko kotoran yang ada.


Cara merawat body motor agar mengkilap dan kinclong diatas harus dilakukan secara teratur dan berkesinambungan agar hasilnya memuaskan. Namun tetap memperhatikan frekuensinya seperti penggunaan minyak yang berlebihan pasti dapat menimbulkan dampak negatif pada motor. Perawatan motor haruslah tetap diperhatikan dan dikerjakan agar motor dapat awet serta bisa digunakan sebagai moda transportasi dan membuat nyaman dalam perjalanan. Semoga bermanfaat.