Cara Menyembunyikan Iklan Adsense Pada Halaman Pencarian

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa, menampilkan iklan adsense pada halaman pencarian blog, memang sangat beresiko. Karena, kita tidak tahu apa yang dilakukan pengunjung ketika sedang berada di situs Anda. Masalahnya, apakah ada cara menyembunyikan iklan adsense pada halaman pencarian? Dan bagaimana caranya? Berikut ini akan saya sampaikan bagaimana caranya dan kenapa harus disembunyikan iklan tersebut di hasil pencarian pada blogger.

Alasan Mengapa Iklan Adsense Disembunyikan Dari Hasil Pencarian

Setidaknya ada dua alasan mengapa iklan adsense harus di sembunyikan dari hasil pencarian blogger yang dikutip dari caramanual.com, untuk menjaga agar akun Anda tetap aman.

Alasan pertama,
Mungkin ada pengunjung situs Anda yang iseng menulis kata kunci atau keyword yang tidak berhubungan dengan situs Anda pada kotak penelusuran atau pencarian blog.

Jika mereka menulis kata kunci atau keyword negatif pada kotak pencarian blog, tentu blog Anda akan menghasilkan URL seperti ini misalnya: https://www.example.com/search?q=kata+kunci+negatif. kata+kunci+negatif ini bisa terdeteksi oleh adsense dan bisa menyebabkan akun anda di banned.

Nah, jika Anda masih menampilkan iklan adsense pada halaman hasil pencarian mungkin Anda akan mendapatkan sebuah peringatan bahwa halaman tersebut melanggar kebijakan adsense dan ini sangat beresiko bisa-bisa akun Anda di banned.

Hal ini sudah sering terjadi, bahkan beberapa teman saya juga mengalami hal seperti ini. Oleh sebab itu, menyembunyikan atau menghilangkan iklan adsense pada halaman pencarian perlu di lakukan untuk menjaga agar akun tetap aman.

Alasan kedua,
Pada halaman pencarian tidak memiliki konten, misalnya seseorang mencari artikel pada blog Anda. Kemudian mereka menggunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang di inginkannya, namun pengunjung situs Anda mencari artikel yang tidak ada kaitannya dengan situs Anda.

Sehingga pada hasil penelusuran tidak menampilkan apapun atau hanya blank kosong, ini bisa juga menjadi penyebab akun Anda di banned karena pada halaman tersebut tidak terdapat sebuah konten. Selain itu untuk halaman error juga perlu di perhatikan, lebih baik kita menyembunyikannya juga pada halaman error atau halaman yang tidak ada pada situs Anda.

Oleh sebab itu kita tidak boleh menampilkan iklan di sembarang tempat, iklan yang paling aman di letakan pada halaman posting dan homepage karena halaman ini mendapatkan sumber trafik yang tinggi dan mudah di lihat oleh setiap orang.

Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana caranya agar iklan adsense tidak tampil atau tidak muncul pada halaman pencarian, halaman label, halaman statis, dan halaman error.

Cara Menyembunyikan Iklan AdSense di Halaman Pencarian dan Halaman Label

Biasanya iklan adsense di pasang secara manual menggunakan widget HTML/JavaScript atau ada juga yang memasangnya langsung di template blog.

Kali ini kita akan bahas terlebih dahulu cara menyembunyikan iklan adsense yang dipasang pada widget HTML/JavaScript baik itu di bagian header, sidebar, maupun footer blog.

Untuk yang memasang iklan adsense menggunakan widget HTML/JavaScript.

1. Pertama masuk ke bagian Tata Letak > kemudian klik Edit pada salah satu widget iklan adsense > setelah itu lihat bagian URL paling ujung sebelah kanan untuk mengetahui ID widgetnya.

2. Setelah mengetahui ID widget, silahkan masuk ke bagian Tema> Edit HTML> klik Lompat ke widget> pilih sesuai ID widget iklan adsense tadi contohnya HTML2

3. Kemudian akan terlihat kode seperti ini <b:widget id=’HTML2′ …..

di bagian kode ini silahkan cari kode <b:includable id=’main’>

kemudian tambahkan kode ini di bawahnya.

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;index&quot; and data:blog.url != data:blog.homepageUrl’>
<b:else/>

4. Lalu scroll ke bawah sedikit dan cari kode </b:includable>

kemudian tambahkan kode ini di atasnya.

</b:if>

5. Kemudian silahkan klik Simpan tema

Catatan:
Lakukan cara di atas pada widget iklan adsense lainnya.
Kode di atas akan menyembunyikan iklan adsense di halaman pencarian dan halaman label.

Jika Anda ingin tetap menampilkan iklan adsense di halaman label maka gunakan kode di bawah ini.

<b:if cond=’data:blog.searchQuery’><b:else/>
Letakan kode iklan disini…
</b:if>

Kode di atas hanya akan menyembunyikan iklan adsense di halaman pencarian.

Untuk yang memasang kode iklan adsense langsung di dalam template blog

Bagi yang memasang iklan adsense langsung di dalam template blog caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan kode tag kondisional kedalam kode iklan adsense seperti berikut ini.

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;index&quot; and data:blog.url != data:blog.homepageUrl’><b:else/>
Letakan kode iklan disini…
</b:if>

Cara Menyembunyikan Iklan AdSense di Halaman Statis dan Halaman Error

Halaman static (statis) dan error page (halaman error) merupakan tempat yang kurang efektif untuk menampilkan iklan adsense, oleh karena itu lebih baik iklan adsense di sembunyikan di bagian ini, caranya dengan menggunakan tag kondisional seperti di bawah ini.

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;index&quot; and data:blog.url != data:blog.homepageUrl’>
<b:else/>
<b:if cond=’data:blog.pageType != &quot;static_page&quot; and data:blog.pageType != &quot;error_page&quot;’>
Letakan kode iklan disini…
</b:if>
</b:if>

Catatan:
Kode ini berfungsi untuk menyembunyikan iklan adsense di halaman pencarian, halaman label, halaman statis, dan halaman error.


Jika Anda ingin tetap menampilkan iklan adsense di halaman statis maka gunakan kode di bawah ini.

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;index&quot; and data:blog.url != data:blog.homepageUrl’>
<b:else/>
<b:if cond=’data:blog.pageType != &quot;error_page&quot;’>
Letakan kode iklan disini…
</b:if>
</b:if>

Dengan menggunakan tag kondisional Anda bisa menyembunyikan maupun menampilkan berbagai widget yang ada pada blog.

Demikian ulasan mengenai cara menyembunyikan iklan adsense pada halaman pencarian blogger, berlaku juga untuk halaman label, halaman statis, dan halaman error. Cara ini cukup efektif untuk menyembunyikan iklan adsense dan tentunya aman di gunakan. Semoga bermanfaat.