Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

Adakah cara menurunkan berat badan tanpa harus diet ketat? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan diatas, silahkan simak ulasan berikut ini. Karena, kamu akan tahu apakah memang benar ada cara menurunkan berat badan tanpa diet ketat?

Berat badan terkadang harus dikontrol agar tidak berlebihan. Selain akan berpotensi menyebabkan berbagai macam penyakit, dengan berat badan berlebih akan membuat gerak badan kamu terbatasi. Tapi masalahnya, masih banyak orang yang enggan melakukan diet, karena merasa terkekang dengan program diet yang begitu ketat.

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki berat badan yang ideal tanpa harus diet ketat, kamu bisa melakukan beberapa cara menurunkan berat badan secara alami dan praktis, yang akan Biangcara bagikan.

Berikut tips menurunkan berat badan tanpa harus merasa tersiksa yang bisa kamu coba, karena kamu tidak perlu melakukan diet ketat untuk melakukannya.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

1. Pilih jenis makanan yang rendah kalori

Konsumsi makanan yang rendah kalori dapat membantu menurunkan berat badan. Salah satunya dengan mengurangi makanan yang digoreng. Pilih jenis makanan yang dikukus atau dipanggang. Hal ini bisa mengurangi kalori yang berasal dari minyak. Dengan begitu, kamu bisa menikmati makanan dengan porsi yang sama namun dengan jumlah kalori yang lebih sedikit.

Baca juga: Makanan Penurun Kolesterol dengan Cepat

2. Makanlah lebih sering

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

Jika biasanya kamu makan tiga kali sehari, kamu bisa coba makan enam sampai tujuh kali sehari, namun dengan porsi yang sama. Maksudnya jatah porsi makan kamu tiga kali sehari, tapi kamu makan enam sampai tujuh kali kesempatan.

Misalnya, biasanya dipagi hari kamu sarapan sereal, susu, roti, dan buah. Maka kamu makan sereal dan susu terlebih dahulu. Setelah 1-2 jam kemudian baru roti dan buah. Jadi satu porsi makan yang biasanya kamu makan sekali kamu makan dua kali.

Dengan melakukan ini, dapat mencegah kamu untuk ngemil katena masih merasa kenyang. Namun makanan yang dikomsumsi merupakan jenis makanan yang rendah lemak dan kalori.

3. Konsumsi air putih secukupnya

Kamu harus lebih banyak konsumsi air putih daripada soda atau jus kemasan, karena minuman seperti ini mengandung kadar gula yang tinggi sehingga jumlah kalori yang masuk akan meningkat.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Minum Air Putih

4. Waspadai gula, garam dan lemak yang tersembunyi dalam makanan atau minuman

Sering kali kamu tidak menyadari telah mengkonsumsi gula, garam, dan lemak dalam jumlah berlebih hingga menyebabkan asupan kalori meningkat. Untuk menyiasatinya kamu bisa memilih jenis makanan dan minuman yang rendah kalori.

Misalnya, dengan mengganti camilan seperti donat atau biskuit dengan buah-buahan, soda atau jus diganti dengan air putih. Dengan begitu kamu bisa mengurangi konsumsi gula, garam dan lemak.

Bagaimana, caranya gampang kan? Kamu tidak perlu diet ketat untuk menurunkan berat badan. Lakukan secara teratur disertai dengan olahraga, badan jadi sehat dan berat badan akan lebih terjaga.