Cara Menurunkan Berat Badan dengan Minum Air Putih

Menurunkan berat badan dengan minum air putih merupakan salah satu cara alternatif yang bisa kamu pilih untuk menjaga agar tubuh kamu tetap ideal. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, air putih juga bisa membakar lemak dalam tubuh kamu.

Air putih dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh walaupun, tubuh kita tidak melakukan aktivitas fisik. Metabolisme yang lancar akan berpengaruh terhadap penurunan berat badan secara perlahan. Dan untuk dapat memaksimalkan metabolisme tubuh dengan minum air putih, maka harus dilakukan secara teratur.

Jadi, kamu tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi air putih. Sudah semestinya harus dilakukan dengan ukuran yang tepat. Lalu, bagaimana cara minum air putih yang benar untuk menurunkan berat badan? Dan apa saja cara diet dengan air putih yang efektif?

Nah, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan tanpa harus olahraga, dan memilih diet dengan minum air putih, kamu bisa melakukan cara berikut ini.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Minum Air Putih

1. Minum sebelum makan

Dengan mengkonsumsi air putih sebelum makan, dapat membantu kamu menahan nafsu makan. Karena, kamu akan merasa kenyang setelah minum air putih. Dengan begitu jumlah makanan yang kamu konsumsi akan berkurang. Dan otomatis jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh kamu juga turut berkurang.

2. Ganti minuman yang mengandung kalori dengan air putih

Jika ingin berat badan turun secara efektif, hindari minuman yang banyak mengandung kalori. Misalnya jus, soda atau teh dalam kemasan. Ganti kebiasaan mengkonsumsi minuman tinggi kalori dan gula dengan minum air putih. Karena, minuman tinggi kalori dan gula dapat membuat berat badan kamu bertambah

3. Minum air dingin

Minum air dingin dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu air supaya lebih hangat. Proses ini akan membuat tubuh lebih banyak membakar kalori, sehingga berat badan kamu akan turun.

4. Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh

Pada umumnya, kecukupan air minum harian adalah delapan gelas per hari, atau setara dengan 2 liter per hari. Namun kebutuhan cairan bisa berbeda-beda tergantung aktifitas yang dilakukan, bisa lebih banyak atau lebih sedikit. Walaupun jumlah air putih yang dikonsumsi lebih sedikit, masih bisa memberikan manfaat dalam penurunan berat badan.

Baca juga:
Cara Agar Kebutuhan Cairan Harian Terpenuhi

5. Tambahkan irisan lemon kedalam air putih

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Minum Air Putih

Jika kamu merasa bosan dengan rasa air putih yang hambar, kamu bisa menambahkan irisan lemon kedalam air putih. Kandungan pektin dalam lemon bisa membantu mengurangi konsumsi makanan berlebih. Jadi berat badan kamu akan turun.

Itulah tips dan cara minum air putih yang tepat untuk diet dan mengurangi berat badan. Karena proses menurunkan berat badan membutuhkan waktu yang relatif lama, maka konsumsilah air putih secara teratur dan disiplin. Dan perhatikan juga jangan sampai berlebihan.