Cara Menulis Artikel dan Memposting Artikel

Bagi yang baru saja membuat blog, hal yang dilakukan selanjutnya adalah mengisi blog tersebut dengan artikel-artikel sesuai dengan tema blog yang dibuat. Misalnya Anda berkeinginan membuat blog tentang teknologi, maka diisi dengan artikel-artikel tentang teknogi, sesuai dengan keinginan Anda ketika membuat blog. Kali ini akan saya bahas cara menulis artikel dan memposting artikel tersebut ke dalam blog, sehingga nantinya tulisan kita dapat dibaca banyak orang.

Cara menulis artikel dan memposting artikel dalam blog sebenarnya gampang sekali. Hanya bagi yang baru mengenal blog memang butuh belajar lebih dulu untuk memahaminya. Untuk itu, lewat artikel ini saya mencoba membantu Anda yang belum tahu cara menulis artikel dan memposting artikel dalam blog, agar nantinya menjadi mahir dan handal.

Berikut langkah-langkah untuk menulis artikel dan memposting artikel dalam blog menggunakan blogger.

1. Pertama harus login atau masuk dulu ke https://blogger.com menggunakan akun google yang digunakan untuk membuat blog.

2. Setelah masuk di halaman utama blogger, perhatikan bagian kiri atas pada halaman tersebut. Maka akan terlihat nama dari blog Anda, dan tepat dibawahnya ada beberapa macam pilihan. Lalu pilih dan klik pada “postingan”.

3. Setelah halaman baru terbuka, silahkan pilih dan klik icon “Pensil” atau “entri baru”. Biasanya ada di bagian atas dan berwarna oranye.

4. Kemudian kita akan disuguhi halaman untuk menulis artikel dan mempostingnya atau bisa disebut halaman editor postingan. Dan disinilah Anda akan menulis artikel dan mempublikasikannya. Sebelum memulai menulis artikel, sebaiknya pahami terlebih dahulu fungsi dari menu ataupun ikon-ikon yang ada dan berjajar rapi dihalaman tersebut. Kalau sudah paham langsung saja mulai menulis, dan bagi yang belum paham silahkan lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai.

Mengenal Ikon dan Menu Pada Halaman Postingan

Perhatikan halaman editor postingan tersebut dengan seksama. Pada bagian atas akan terlihat 2 buah baris menu dan ikon secara horisontal. Dan pada sebelah kanan atas terdapat menu setelan entri yang berjajar menurun. Berikut ini penjelasan masing-masing menu.

A. Menu horisontal baris pertama, dimulai dari kiri ke kanan.

1. Nama blog.
2. Kotak memanjang yang terdapat tulisan “judul postingan”. Disinilah tempat untuk menulis judul dari postingan Anda. Kalau bisa, setiap kali membuat artikel tulis judul dulu sebelum menulis isi artikel.
3. Foto dan profil pemilik blog.
4. Publikasikan, biasanya berwarna oranye. Berfungsi untuk memposting atau mempublikasikan artikel apabila artikel yang ditulis telah selesai.
5. Simpan. Berguna untuk menyimpan artikel yang telah ditulis, baik artikel tersebut sudah selesai atau belum. Sehingga kita bisa mempublikasikan atau melanjutkan menulis artikel tersebut kapan saja.
6. Pratinjau. Gunanya untuk melihat dan mengecek tampilan artikel yang telah di buat sebelum diposting. Sehingga kita tahu apabila terdapat kesalahan atau tampilannya tidak sesuai dengan yang diinginkan bisa diperbaiki.
7. Tutup. Berguna untuk menutup halaman editor postingan dan kembali ke dashboard blogger.

B. Menu horisontal baris kedua dimulai dari kiri ke kanan.

Setidaknya ada 8 kelompok ikon yang dipisahkan dengan tanda “|”. Berikut penjelasan fungsi dari ikon pada kelompok-kelompok tersebut.

Kelompok pertama ada 4 ikon,
1. Compose. Digunakan untuk menulis dalam mode normal. Untuk yang belum paham kode html gunakan mode ini dalam menulis artikel.
2. HTML. Untuk menulis dalam mode HTML.
3. Tanda panah ke kiri, untuk mengembalikan tulisan sebelumnya yang telah dihapus atau mengembalikan artikel kebentuk sebelumnya.
4. Tanda panah ke kanan, untuk kembali pada tulisan sesudahnya. Kebalikan dari tanda panah ke kiri.

Kelompok kedua ada 3 ikon,
1. Untuk memilih macam-macam jenis huruf atau font.
2. Untuk memilih ukuran huruf besar ataupun kecil.
3. Untuk mengatur heading. Digunakan untuk membuat judul ataupun sub judul pada paragraf yang diinginkan.

Kelompok ketiga ada 4 ikon,
1. Untuk membuat huruf tebal.
2. Untuk menulis dengan huruf miring atau membuat tulisan miring.
3. Untuk membuat garis bawah pada huruf. Jika kita ingin membuat kalimat yang bergaris bawah.
4. Untuk membuat bentuk huruf yang ada garis pada tengah huruf.

Kelompok keempat ada 2 ikon,
1. Berguna untuk merubah warna huruf sesuai keinginan.
2. Untuk memberikan warna latar belakang pada tulisan.

Kelompok kelima ada 5 ikon,
1. Untuk membuat link menuju halaman tertentu pada artikel.
2. Untuk menambahkan gambar pada artikel.
3. Untuk memasukkan video pada artikel.
4. Untuk menambahkan macam-macam karakter, yang berupa emoji atau lainnya.
5. Untuk memotong sebagian atau bagian-bagian artikel yang diinginkan.

Kelompok keenam ada 5 ikon,
1. Untuk mengatur kerataan huruf atau tulisan. Kita bisa mengatur posisi tulisan rata kiri, rata kanan ataupun rata kanan kiri.
2. Untuk memberi nomor urut secara otomatis.
3. Untuk membuat tanda bullet pada list.
4. Berfungsi untuk membuat petikan kalimat yang menjorok ketengah. Biasanya digunakan untuk kalimat kesimpulan.
5. Untuk menghilangkan atau menonaktifkan fungsi dari pilihan kelompok ini. Misalnya menonaktifkan penomoran otomatis atau bullet.

Kelompok ketujuh ada 2 ikon,
1. Berguna untuk mengecek kesalahan penulisan pada artikel. Misalnya salah ketik ataupun pemakaian bahasa yang tidak baku.
2. Untuk memilh karakter abjad atau huruf, antara huruf latin dan huruf arab.

Kelompok delapan ada 2 ikon,
1. Digunakan untuk memindahkan tulisan kesamping kiri.
2. Digunakan untuk memindahkan tulisan kesamping kanan.

C. Menu setelan entri disebelah kanan atas yang berjajar menurun.

1. Label, berguna untuk memberi label pada setiap artikel. Sekaligus mengelompokkannya sesuai dengan masing-masing tema agar tidak berantakan. Sehingga bila artikel yang kita tulis banyak sekali mudah untuk mencarinya karena sudah tertata rapi berdasarkan label yang telah dibuat.
2. Jadwal, berfungsi untuk mengatur waktu dan tanggal artikel dipublikasikan. Anda bisa memilih otomatis ataupun diatur kapan dipublikasikan.
3. Link, untuk membuat url artikel, biasanya secara otomatis langsung ada, namun ada pilihan untuk membuat url khusus.
4. Lokasi, untuk mengetahui lokasi Anda saat mempublikasikan artikel. Bila dibiarkan kosong juga tak masalah.
5. Deskripsi penelusuran, berguna untuk membuat deskripsi atau tag untuk mesin pencarian.
6. Pilihan, berguna untuk mengaktifkan dan menonaktifkan komentar dan beberapa pilihan lain yang tersedia.

Baca juga: Cara Membuat Blog Gratis

Demikian penjelasan mengenai menu dan ikon-ikon yang terdapat pada halaman editor postingan. Walaupun tanpa disertai gambar semoga penjelasan diatas dapat dipahami. Selamat berkarya.