Cara Mengubah Tampilan Navigasi Bar Android Tanpa Root

Pada umumnya tampilan warna navigasi bar Android secara default berwarna putih atau hitam. Nah, jika kamu bosan dengan tampilan navigasi bar Andriod ini, Biangcara punya tips cara mengubah tampilan navigasi bar Android tanpa root, yang bisa dilakukan dengan mudah.

Ada dua jenis tombol navigasi yang terdapat pada smartphone Android, yaitu dalam bentuk navigasi bar dan tombol navigasi fisik. Jika handphone Android kamu kebetulan memakai navigasi bar, kamu bisa merubah tampilannya agar semakin menarik dan tampil beda.

Inilah salah satu keunggulan OS Android, yang merupakan sistem operasi terbuka sehingga penggunanya bebas melakukan kostumisasi. Lalu, bagaimana cara merubah tampilan navigasi bar Android tanpa root? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Mengubah Tampilan Navigasi Bar Android

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan navigasi bar Android. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store dan ada beberapa aplikasi yang bisa kamu pilih dan gunakan.

Untuk bisa mengubah tampilan navigasi bar Android tanpa root, versi Android smartphone kamu sudah menjalankan Android Nougat ke atas. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan.

1. Kunjungi Play Store dan download aplikasi Navbar Apps

Cara Mengubah Tampilan Navigasi Bar Android Tanpa Root

2. Setelah aplikasi terinstal, buka dan jalankan aplikasi Navbar Apps tersebut dengan menekan tombol ‘Let’s Do it!’
3. Kemudian tekan tombol ‘Allow app to draw over other apps’ dan aktifkan tombol ‘Allow display over other apps’ untuk memberikan izin aplikasi
4. Jika sudah tekan tombol kembali, kemudian pilih tombol ‘next’, lalu tekan tombol’ Go to accessibility services’ kemudian aktifkan tombol ‘Accessibility’
5. Pilih tombol kembali, kemudian tekan tombol ‘Go to finish screen’
6. Secara default, aplikasi ini akan menampilkan warna navigasi bar sesuai dengan aplikasi yang sedang kamu buka. Untuk mengatur warna navigasi bar sesuai keinginan, tekan saja menu ‘Static Color’ kemudian tekan ikon ‘Setting’
7. Setelah itu, pilih warna yang kamu inginkan, lalu tekan ‘Select this color’

Itulah cara mengubah warna navigasi bar Android tanpa root dengan bantuan aplikasi Navbar Apps.

Baca juga:
Cara Agar Ponsel Android Makin Ngebut
Aplikasi Android Keren Yang Tidak Dimiliki Iphone
Cara Menghapus File Di Kartu Memori Yang Tidak Bisa Dihapus

Selain mengubah warnanya, kamu juga bisa mengubah background navigasi bar mengunakan aplikasi ini, sehingga tampilan navigasi bar akan lebih menarik.

Caranya hampir sama, hanya saja pada menu ‘Navigation bar widgets’ aktifkan pilihan ‘Image’, lalu tekan ikon ‘setting’. Kemudian pilih salah satu background yang telah disediakan. Maka aplikasi akan mengubah background navigasi bar sesuai gambar yang kamu pilih. Demikian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.