Cara Mengubah kelistrikan Honda Win 6 Volt Menjadi 12 Volt

Secara bawaan, Honda Win memiliki tegangan kelistrikan 6 volt. Tak heran jika sorotan lampu honda win agak redup. Nah, agar lampu lebih terang kita bisa mengakalinya dengan mengubah kelistrikannya menjadi 12 volt. Selain lebih terang, kita juga akan lebih mudah mencari lampu dengan voltase 12 volt ketimbang 6 volt.

Cara mengubah kelistrikan honda win menjadi 12 volt tidak terlalu rumit. Kita hanya membutuhkan beberapa part yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Perlengkapan apa saja yang diperlukan untuk merubah kelistrikan honda win yang semula 6 volt menjadi 12 volt? Langsung saja, berikut cara menaikkan tegangan kelistrikan honda win dari 6 volt ke 12 volt secara lengkap.

Cara Mengubah kelistrikan Honda Win 6 Volt Menjadi 12 Volt

Untuk menaikkan tegangan listrik honda win dari 6 volt ke 12 volt perlu penggantian sejumlah part yang diperlukan.

1. Spul
Part yang harus diganti adalah spul lampu. Ganti dengan spul milik honda prima karena sudah memiliki voltase 12 v. Dan magnet masih menggunakan milik honda win. Jika punya dana lebih, bisa juga diganti dengan spul milik honda grand dan magnet juga diganti milik honda grand.

2. Regilator/Kiprok
Ganti kiprok dengan kepunyaan honda supra x, grand atau milik jupiter z. Jangan lupa soket juga disesuikan dengan pin kiproknya yaitu 4 pin. Beda dengan kiprok dan soket bawaan honda win yang menggunakan 3 pin.

Cara Mengubah kelistrikan Honda Win 6 Volt Menjadi 12 Volt

3. Baterai/Aki
Aki perlu diganti dengan aki 12 volt. Gunakan aki kering milik honda karisma, supra 125 atau vario lama.

4. Lampu dan Kelengkapan Kelistrikan
Semua lampu atau bohlam bawaan honda win ganti 12 volt. Mulai dari lampu depan/utama, lampu belakang, lampu kota, lampu sein, kontrol spedometer. Jangan lupa, klakson dan flasher juga ganti dengan yang 12 v.

Baca juga: Cara Mengatasi Lampu Depan Vario 125 Mati

Langkah Pemasangan

Jika peralatan yang diperlukan sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah penggantian atau pemasangan semua part tersebut ke motor. Nah, untuk pemasangan spul dan kiprok jalur kabelnya jangan sampai salah.

Ada dua jalur kabel yang keluar dari spul lampu yaitu kabel warna kuning dan kabel warna putih yang keduanya menuju kiprok. Kabel kuning untuk menghidupkan lampu penerangan sedangkan yang warna putih untuk pengisian aki.

Sedangkan kiprok ada 4 pin dengan warna kabel merah, kuning, putih dan hijau.

Cara Mengubah kelistrikan Honda Win

Keterangan gambar.
1 Kuning = arus dari spul (lampu penerangan)
2 Merah = arus menuju aki
3 Hijau = massa/body
4 Putih = arus dari spul (pengisian)

Mudah bukan? Itulah cara mengubah tegangan honda win dari 6 volt ke 12 volt. Semoga bermanfaat.