Cara Mengoptimalkan Perangkat Android Baru

Bagi Anda yang baru saja membeli ponsel Android baru, dan kebetulan baru pertama kali menggunakan smartphone berbasis Android, tentu ada beberapa pertanyaan yang muncul dibenak Anda. Bagaimana cara menggunakan smartphone Android yang baru dibeli? Aplikasi mana yang berguna untuk digunakan? Dan bagaimana cara mengoptimalkan perangkat Android baru tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut beberapa tips yang dikutip dari Tekno Liputan6 yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan perangkat Android yang baru dibeli dengan 4 langkah mudah ini.

1. Optimasi Baterai

Hal pertama yang patut kamu lakukan adalah mematikan fitur otomatis kecerahan cahaya. Dengan begini, baterai di smartphone pun dapat dihemat setiap harinya.

Untuk mematikan fitur ini, kamu bisa masuk ke menu Settings> Display> Brightness Level. Kamu bisa atur tingkat kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sembari mengakrabkan diri kamu dengan fungsi yang ada di dalam smartphone, ada baiknya kamu sekaligus mengisi daya baterai perangkat hingga penuh.

2. Login Akun Google

Usai mengenal fungsi dan beberapa fitur yang ada di dalam smartphone, saatnya kamu login ke akun Google.

Dengan begini, kamu dapat mengakses beberapa fitur khusus Google seperti Gmail, Play Store, dan sekaligus sinkronisasi data di perangkat ke akun Google.

Agar paket data tak boros, ada baiknya kamu menghubungkan perangkat Android ke internet melalui jaringan WiFi.

3. Aktifkan Android Device Manager

Kebanyakan pengguna Android terkadang suka lupa untuk mengaktifkan fitur bawaan Android ini. Padahal, Android Device Manager dapat digunakan untuk melacak lokasi ponsel, mengunci ponsel, dan lain sebagainya saat tidak diketahui keberadaanya, hilang, atau dicuri.

Untuk mengaktifkannya, masuk ke menu Settings >Security> Device Administrators dan beri centang di kotak samping Android Device Manager.

4. Instal Clean Master


Apa itu Clean Master? Clean Master adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membersihkan Android dan untuk mendongkrak performa RAM, dan membersihkan cache data di Android.

Baca juga: Cara Hp Android Makin Ngebut

Demikian beberapa tips cara mengoptimalkan perangkat Android baru, yang bisa diterapkan pada smartphone baru Anda. Semoga bermanfaat.