Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Paling Efektif

Banyak cara bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari Facebook. Salah satu cara menghasilkan uang dari Facebook adalah dengan menjual jasa atau barang kepada sesama pengguna Facebook. Berjualan online di Facebook merupakan hal yang lumrah dilakukan untuk memperoleh uang dari Facebook.

Selain jualan online, masih banyak cara mencari uang di Facebook yang bisa dilakukan. Lalu, apa saja cara menghasilkan uang dari Facebook? Dan bagaimana bisa Facebook menghasilkan uang untuk kita? Berikut ulasan cara mendapatkan uang dari Facebook selengkapnya.

Cara Menghasilkan Uang dari Facebook

Nah, berikut cara mendapatkan penghasilan dari Facebook yang bisa kamu pilih sesuai minat dan keahlian yang kamu miliki.

1. Membuka Toko Online

Salah satu cara memperoleh penghasilan dari Facebook adalah dengan membuka toko online. Jika kebetulan kamu memiliki produk yang bisa dipasarkan, membuka toko online di Facebook menjadi pilihan yang masuk akal. Kamu bisa mempromosikan produk kamu lewat akun Facebook pribadi, Fans Page atau kamu share di grup yang memiliki minat sama dengan barang yang dijual.

Bagaimana jika tidak punya barang sendiri untuk dijual? Gampang, kamu bisa bekerja sama dengan orang lain dengan cara menjadi reseller jika kamu punya modal cukup besar, atau jadi dropshiper yaitu menjualkan barang orang lain.

2. Jual Jasa

Selain membuka toko online, kamu juga bisa menawarkan jasa sesuai keahlian kamu. Misal, jasa menulis artikel, desain grafis, jasa titip barang, jasa pemasangan iklan, jasa pengelolaan Fans Page atau jenis jasa lainnya. Kamu bisa memasang jenis jasa yang kamu tawarkan di market place Facebook, agar lebih banyak diketahui orang.

3. Menjadi Buzzer

Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Paling Efektif
Source: pixabay.com

Buzzer bekerja dengan memanfaatkan lebih dari satu akun media sosial untuk membuat sesuatu jadi trending. Buzzer tidak selamanya negatif. Memang jika menjadi buzzer politik biasanya hanya membagikan status-status hoax untuk menjatuhkan lawan politik, dan ini tidak kami sarankan.

Namun jika kamu menjadi buzzer untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa agar terkenal dan menjadi trending, dapat menjadi salah satu peluang untuk mendapatkan penghasilan dari Facebook. Untuk menjadi Buzzer tidak perlu punya banyak pengikut, karena tugasnya hanya membuat informasi atau produk tersebut jadi viral, tanpa peduli apakah orang mau membeli produk atau jasa tersebut.

4. Menjadi Influencer

Cara kerja influencer adalah mempengaruhi orang untuk melakukan sesuatu yang ditawarkan. Misalnya untuk membeli atau menggunakan produk maupun layanan yang sedang dipasarkan.

Untuk jadi influencer biasanya memiliki pertemanan atau follower yang banyak. Nah, influencer ini bertugas memberi pengaruh kepada pengikutnya agar mengikuti apa yang diinginkan, seperti membeli sebuah produk tertentu atau lainnya. Oleh karena itu, jika kamu ingin jadi influencer, mulai sekarang bangun brand kamu agar lebih banyak dikenal orang.

5. Menjadi Endorser

Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Paling Efektif
Source: pixabay.com

Berbeda dengan Influencer, walaupun sama-sama mempromosikan dan memasarkan sebuah produk atau jasa, seorang Endorser juga harus mengerti benar produk yang sedang dipasarkan.

Oleh karena itu biasanya perusahaan akan memberikan sebuah produk yang akan dicoba langsung oleh Endorser. Kemudian Endorser akan mereview hasil dari produk tersebut kepada followers atau pengikutnya. Dengan demikian Endorser harus paham betul produk yang ditawarkan.

6. Affiliate Marketing

Menjadi affiliate marketing merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari facebook. Untuk dapat mendapatkan penghasilan dari affiliate marketing, kamu harus mendaftar dulu pada situs yang menawarkan kerjasama affiliasi secara personal atau bisa langsung pada perusahaan affiliate network. Misalnya saja Tokopedia, Lazada, bukalapak dan lainnya.

Sedangkan cara mempromosikan link affiliate, kamu bisa menyebarkannya lewat postingan di akun Facebook pribadi atau menyebarkan ke group-gruop yang punya banyak pengikut.

7. Menjual Akun Fans Page

Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Paling Efektif

Cara ini ibaratnya ternak akun Fans Page, yaitu dengan membuat akun Fans Page kemudian menjualnya secara online. Semakin banyak pengikutnya akan semakin mahal. Fans Page yang laku dijual biasanya yang sudah memenuhi syarat monetasi Ad Breaks, yaitu minimal 10 ribu like. Selain bisa dijual, Fans Page bisa digunakan sebagai media promosi untuk memasarkan produk.

8. Monetisasi Akun Fans Page

Selain untuk media promosi, Fans Page juga bisa di monetisasi melalui Ad Breaks. Ad Breaks sendiri merupakan jaringan periklanan milik Facebook. Jadi Fans Page yang memenuhi syarat akan dipasangi iklan oleh Facebook dan akan mendapat bayaran.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin bergabung dengan Facebook Ad Breaks antara lain, harus memiliki minimal 10 ribu pengikut. Dan dalam 60 hari terakhir harus memiliki video berdurasi 3 menit yang tayang minimal 30.000 tayangan selama 1 menit.

Baca juga: Cara Membuat Fans Page Facebook

Nah, demikian tips dan cara menghasilkan uang dari Facebook paling efektif dan tanpa modal yang bisa kamu coba. Memang semuanya tidak bisa di dapat dengan instan. Namun dengan usaha yang serius tentu hasil yang di dapat akan memuaskan. Semoga ulasan cara mendapatkan uang dari Facebook paling efektif di atas bermanfaat. Selamat mencoba.