Cara Menghafal Pelajaran Sekolah dengan Cepat

Setiap siswa tentu ingin mendapat nilai yang bagus saat ulangan. Untuk mendapat hasil yang bagus, pastinya siswa dituntut untuk rajin dan giat belajar. Dari berbagai pelajaran yang diberikan siswa juga dituntut untuk menghafal pelajaran tersebut. Bagaimana cara menghafal pelajaran sekolah yang cepat dan efektif agar lebih mudah menghafal?

Menurut cosmogirl terdapat beberapa tips agar mudah menghafal pelajaran sekolah dan mengingat dengan baik setiap materi pelajaran yang dijelaskan oleh guru yang d



Cara Menghafal Pelajaran Sekolah dengan Cepat

1. Rapikan Meja Belajar

Langkah pertama, aturlah meja belajar dengan baik. Meja belajar yang berantakan, dengan alat tulis dimana-mana, coretan disana-sini, membuat sulit belajar dengan baik. Jadi, rapikan meja belajar, bereskan kamar dan berikan suasana nyaman di tempat belajar. Rasa nyaman saat belajar membuat pikiran jauh lebih baik untuk menghafal dan mengingat pelajaran.

2. Rhyming

Menempatkan informasi ke dalam sajak adalah cara lain untuk membuat lebih mudah untuk diingat. Contohnya, sajak yang membantu orang mengingat ada berapa hari di setiap bulan.
30 hari dalam bulan September, April, Juni, dan November.
Semua sisanya 31 hari.
Kecuali Februari memiliki 28.
Namun dalam Leap Year memiliki 29.

3. Satukan Gambar dan Tulisan

Salah satu cara mudah untuk mengingat pelajaran adalah dengan menggabungkan gambar dengan tulisan. Hal ini membuat lebih mudah untuk mengingat informasi, karena semua yang dilihat dalam bentuk visual, akan mudah mengingatnya. Misalnya, ketika menghafal nama pahlawan atau nama presiden negara lain, bisa sering-sering untuk mencari nama di google images dan menghafal wajahnya.


4. Buatlah Sebuah Cerita

Untuk membantu otak menyerap potongan besar dari informasi, trik lain yang bisa dicoba untuk memecah informasi adalah dengan membuat cerita yang menghubungkan setiap potongan informasi. Misalnya, jika ingin menghafal rumus kimia yang rumit, kita bisa mengubah nama molekul dengan nama manusia yang diawali dengan huruf yang sama (Carol = Klorin, misalnya) dan membuat sebuah cerita kecil di mana rumus tersebut menjadi sebuah karakter molekul dalam formula yang memiliki sifat-sifat sama dengan manusia. Ini bisa menjadi metode yang sangat efektif untuk sebuah pembelajaran dengan informasi yang rumit. Misalnya, Glukosa dia itu tipenya manis, periang dan bisa menjadi teman baik bagi semua makhluk hidup.

5. Hafalkan Satu Pelajaran Dulu

Mungkin niatnya, kamu mau hafal semua pelajaran dalam satu waktu bersamaan. Tapi, cara ini justru keliru. Otak juga butuh cara untuk bisa menghafal dengan baik satu persatu informasi dari pelajaran yang ingin kita ingat. Setelah sudah mantap, barulah beralih kepelajaran berikutnya.

6. Perhatikan Konsumsi Makanan

Makanan yang kita makan juga sangat mempengaruhi kinerja otak, itulah banyak yang bilang kalau kita kebanyakan makan makanan mengandung MSG, kita bisa sulit konsentrasi. Jadi cobalah makan makanan begizi seperti susu, telur, ikan, kerang, kacang, millet, jagung, lily, lada, bayam, jeruk, teh, nanas, wortel, alpukat, kubis, jamur, aprikot, anggur, dan blueberry.


7. Istirahat yang Cukup

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk membantu mengingat hal-hal adalah tidur malam yang baik. Bukan hanya malam sebelum ujian, tapi setiap malam. Waktu tidur yang tepat akan membantu memiliki performa yang baik, mempertahankan kelincahan mental dan menangkal stres dan kelelahan. Jadi, percuma kalau sudah menghafal dengan baik justru kelelahan karena kurang tidur sehingga konsentrasi akan terganggu.

Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris Paling Mudah

Dengan mengingat semua materi pelajaran sekolah yang diajarkan guru, maka kamu tidak akan takut jika tiba-tiba ada ulangan dadakan. Semoga bermanfaat.