Cara Mengganti WP-admin Agar Blog Aman Dari Hacker

Salah satu cara untuk mengamankan blog berplatform WordPress dari ulah hacker adalah dengan mengganti user name “admin” dengan nama unik lainnya. Anda tentu tidak ingin blog yang dibangun susah payah jadi korban tangan jahil orang yang tidak bertanggung jawab bukan?

Dengan mengganti user name tentu keamanan blog kita menjadi lebih baik. Setidaknya ada dua cara untuk mengganti url login page wordpress, yaitu menggunakan bantuan plugin atau dengan merubahnya langsung dari file manager. Namun, sebelumnya jangan lupa back up dulu untuk antisipasi jika terjadi masalah.

Menurut CaraPedi.com yang dikutip oleh Biangcara.com, cara ini sudah dibuktikan berkali-kali dan berhasil, asal Anda melakukannya dengan cermat. Berikut cara mengganti WP-admin agar blog aman dari hacker.

Cara Mengganti WP-Admin

A. Cara Mengganti WP-Admin dengan Merubah Script.

1. Masuk ke Cpanel hosting kamu dan buka “publik html” > lalu rename (biasanya dengan klik kanan) file:wp-login dengan kata yang mudah diingat dan susah ditebak. Misal: “antihacker”. Ingat, jangan hilangkan.phpnya kemudian SAVE.

2. Setelah kembali ke halaman public html, cari kata “antihacker” (kata yang telah dibuat), lalu edit file. Setelah masuk ganti semua kata wp-login yang ada di dalamnya (ada 14) dengan antihacker secara manual (mengganti satu persatu dengan menggunakan Ctrl+F untuk menemukan kata wp-login) atau dengan mengcopy paste di halaman notepad lalu di replace. Jangan lupa untuk SAVE.

3. Langkah berikutnya adalah membuka folder wp-include (di bawah wp-content), dan cari filegeneral-template.php. laluedit file, kemudian ganti semua kata wp-login yang ada di dalam general-template.php dengan antihacker (ada 5). Namun sekalipun itu sudah berhasil, hacker masih bisa membukanya dengan mengetikan wp-admin. Karena akan langsung redirect (menuju langsung) ke halaman login kamu walaupun sudah diganti.

4. Biar tidak redirect langkah terakhir adalah dengan menghilangkan atau menghapus kata “antihacker.php” dengan membuka lagi general template yang ada di dalam wp-include. Caranya cari:function wp_login_url($redirect = ”,$force_reauth = false) {$login_url = site_url(‘antihacker.php’,‘login’);Sehingga akan menjadi seperti ini:function wp_login_url($redirect = ”,$force_reauth = false) {$login_url = site_url(”, ‘login’);

5. Save. Lalu coba buka dengan kata login baru kamu. Ingat jangan lupa untuk mengakhiri dengan kata .php. Contoh: domainkamu.com/antihacker.php. Selesai.

Baca juga: Cara Memasang Video di WordPress Paling Mudah

B. Cara Merubah WP-Admin dengan Plugin.

Cara Mengganti WP-admin Agar Blog Aman Dari Hacker

1. Download dan instal plugin Rename wp-login.php lalu aktifkan.
2. Kemudian buka menu Setting > pilih Permalinks > dan isi kolom “login url” yang terdapat di dasar tampilan dengan kata yang Anda sukai. Misal Anda mengisinya dengan kata: “painomainpiano”, maka ketika hendak login Anda harus mengetikkan: domainanda.com/painomainpiano.

Demikian penjelasan tentang Cara Mengganti WP-admin Agar Blog Aman Dari Hacker. Selamat Mencoba.