Cara Mengganti Template Blog di Blogger

Kali ini saya akan membahas mengenai cara mengganti template blog pada blogger. Bagi yang belum tahu apa itu template, akan saya coba memberi sedikit penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan template.

Template bisa disebut sebagai tema blog, yang merupakan tampilan dari sebuah blog. Apabila kita membuka sebuah situs atau blog, maka yang ditampilkan pada layar itulah template atau tema blog. Yang meliputi penempatan judul blog, letak artikel maupun widget-widget yang digunakan. Jadi gampangnya template adalah tampilan dari sebuah blog.

Wujud dari tampilan blog itu berbeda-beda sesuai dengan template atau tema yang digunakan. Walaupun memakai tema yang sama kadang terdapat perbedaan tampilan, tergantung pemakaian widget dan penempatannya, namun pada dasarnya sama. Jadi template adalah bentuk tampilan sebuah blog atau situs. Demikian sedikit gambaran tentang template yang saya tahu.

Sejatinya blogger sudah menyediakan beberapa tema yang langsung bisa digunakan. Kita dapat memilih template yang disediakan dan kita bisa mengganti tema tersebut kapan saja. Dan yang terpenting template yang tersedia tersebut semuanya gratis.

Apabila anda merasa bosan dengan tampilan template yang disediakan oleh blogger, ada banyak situs yang menyediakan template secara gratis, namun ada juga yang berbayar alias harus beli. Banyak yang menyarankan agar mengganti template bawaan blogger karena dianggap kurang SEO. Dan disarankan pula menggantinya dengan template yang berbayar, karena tampilannya lebih keren dan lebih eksklusif. Dikarenakan, jarang blog atau situs yang menggunakannya. Bahkan ada beberapa template yang dijual secara khusus untuk satu orang pembeli.

Jangan lupa, apabila anda ingin mengunduh template yang gratisan ataupun ingin membeli sebuah template, lebih baik anda melihat bentuk tampilannya terlebih dahulu. Sehingga nantinya tidak kecewa apabila tampilannya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dengan cara melihat previewnya terlebih dahulu dengan menekan tombol preview.

Cara Mengganti Template Blog di Blogger

Ada dua metode mengganti template pada blogger.
1. Mengganti template bawaan blogger dengan template bawaan blogger lainnya yang tersedia.
2. Mengganti template bawaan blogger dengan template hasil download secara gratis ataupun dengan membeli.

Berikut tips dan cara dari kedua metode tersebut,

1, Mengganti template bawaan blogger dengan template bawaan blogger yang lain.

a. Silahkan login ke https://blogger.com.
b. Setelah halaman blogger terbuka, maka pilih dan klik menu “Template atau Tema” yang terletak pada sebelah kiri.
c. Setelah itu akan ditampilkan beberapa template yang bisa dipilih, kemudian klik saja pada template yang menjadi pilihan.
d. Selanjutnya akan masuk pada halaman konfirmasi, kemudian pilih dan klik “Terapkan ke Blog”.
e. Selanjutnya bila ingin mencadangkan tema yang saat ini dipakai tekan tombol “download tema”. Jika tidak, pilih saja “Lewati Backup”. Selesai.

2, Mengganti template bawaan blogger dengan template hasil unduhan dari situs lain.

Sebelumnya siapkan dulu template yang akan diterapkan pada blog, yang didapatkan secara gratis maupun membeli. Dan file template tersebut berformat “.xml” agar bisa diterapkan.

Berikut langkah-langkahnya,

a. Silakan login ke https://blogger.com.
b. Setelah halaman blogger terbuka, maka pilih dan klik menu “Template atau Tema” yang terletak pada sebelah kiri.
c. Selanjutnya pilih dan klik pada menu “Backup/Pulihkan” yang terletak pada sebelah kanan atas.
d. Langkah selanjutnya pilih dan tekan tombol “Download Tema” biasanya berwarna orange. Hal ini berguna untuk menyimpan template atau tema yang saat ini digunakan. Sehingga bila suatu saat anda ingin memasang kembali template tersebut tidak perlu terlalu repot mengaturnya. Namun begitu, kemungkinan beberapa pengaturan tidak ikut tersimpan saat tema tersebut dicadangkan (di download).
e. Setelah selesai, lalu pilih dan tekan menu “Pilih File”.
f. Kemudian, pilih file template yang akan diterapkan pada blog. Yaitu template hasil unduhan yang anda dapatkan secara gratis atau berbayar yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
g. Setelah itu tekan tombol “Upload”. Selesai.

Untuk melihat perubahan tampilan blog, silahkan tekan “Lihat Blog” pada menu bagian kiri yang terletak di bawah nama blog anda. Bagaimana, sudah berubah bukan?

Anda dapat menggunakan cara diatas untuk mengganti template apapun, namun perlu diingat juga, setiap mengganti template biasanya terdapat perubahan pengaturan yang telah dilakukan sebelumnya. Semoga bermanfaat.