Cara Mengganti Komstir Honda Vario 125, Beat dan Scoopy

Cara mengganti komstir Honda Vario 125, Beat dan Scoopy serta motor Yamaha seperti Yamaha Mio J, Soul GT dan Yamaha M3, caranya hampir sama. Karena pada umumnya harus bongkar sebagian cover depan atau seluruh cover depan tergantung kondisi motor tersebut.

Sepintas memang agak rumit, karena harus bongkar bagian depan motor seluruhnya. Mulai dari cover depan, roda depan, kaliper rem cakram depan dan beberapa komponen yang terkait dengan garpu depan/segitiga shock depan. Sehingga segitiga shock depan dapat dicopot dari tempatnya.

Lain lagi bagi seorang mekanik, hal tersebut sudah jadi santapan tiap hari. Nah jika sobat ingin mencoba mengganti komstir sendiri, kali ini Biangcara akan membagikan tutorial cara mengganti komstir sepeda motor Honda paling mudah dan efektif.

Cara Mengganti Komstir Honda Vario 125, Beat dan Scoopy

Cara ini sebenarnya bisa diterapkan pada hampir semua jenis sepeda motor tipe bebek dan matic. Perbedaanya hanya pada model dan ukuran baut serta desain cover dari masing-masing motor. Namun pada prinsipnya sama yaitu mencopot segitiga shock depan dari tempatnya kemudian ganti komstir dengan yang baru.

Bahan dan Peralatan

Pertama siapkan sparepart atau suku cadang asli dari motor tersebut yaitu komstir ori. Ingat jangan gunakan produk palsu, selain kurang awet, penyetelannya nanti juga agak kesulitan. Karena biasanya sparepart palsu pembuatannya kurang presisi. Selain itu, jangan lupa siapkan greace atau gemuk yang berkualitas baik. Bisa juga pakai gemuk atau stempet CVT yang sudah tentu berkualitas.

Baca juga: Cara Membedakan Sparepart Asli atai Palsu

Kemudian siapkan peralatannya yang dibutuhkan, seperti obeng plus, obeng min, palu, kunci T10, kunci pas 30 – 32, Kunci L bintang, kunci ring 14 dan 19, kunci sok10 dan 17, obeng min besar (sebagai pahat), kunci inggris, dongkrak atau balok kayu untuk mengganjal motor dan pipa as shock depan bekas.

Cara Mengganti Komstir Vario 125

Tutorial Cara Ganti Komstir Motor

1. Posisikan sepeda motor pada posisi standar tengah.

2. Lepas semua cover depan dan cover leher sehingga baut penghubung antara stang kemudi dengan segitiga terlihat dan nantinya bisa dilepas.

3. Lepas kaliper rem cakram depan, lalu lepaskan selang lem dari segitiga shock depan dengan membuka baut pengikatnya.

4. Lepaskan roda depan, namun sebelumnya ganjal motor dengan dongkrak atau balok agar seimbang tidak ambruk ke depan.

5. Lepaskan baut pengikat stang kemudi dengan segitiga, kemudian tarik stang kemudi keatas agar copot dari segitiga. Namun sebelumnya, pastikan tidak ada kabel-kabel yang menyebabkan stang susah ditarik keatas. (Lepaskan kabel dari klem/penjepit jika ada).

6. Buka mur 32 (lock nut) dengan kunci inggris atau kunci pas 30 – 32.

7. Kendorkan setelan komstir (top thread) dengan cara dipahat pakai obeng min besar dan palu. Kalau ada, buka pakai alat khusus kunci setelan komstir.

8. Saat memutar stelan komstir (top thread dilakukan secara perlahan sambil tahan segitiga shock depan dengan tangan agar tidak jatuh secara mendadak.

9. Setelah segitiga terlepas, kemudian ambil komstir bagian atas dan pelor/bearing/bola baja dari komstir.

10. Copot komstir dengan cara getok dengan pipa shock bekas (besi lain juga boleh) dari atas jika yang dicopot mangkokan bawah dan dari bawah jika mangkokan atas dengan dipukul pakai palu.

11. Untuk mangkok komstir paling bawah yang terdapat pada segitiga cara mencopotnya cukup dipahat dari bawah ke atas atau sebaliknya.

12. Selanjutnya bersihkan seluruh dudukan mangkok, baik yang terdapat di sasis dan di segitiga. Bersihkan pula ulir/drat setelan komstir yang terdapat pada segitiga agar saat pemasangan nanti tidak seret. Pastikan juga mur 32 (lock nut), setelan komstir (top thread) dan ring stopper (washer) dalam kondisi baik agar hasilnya jadi maksimal.

13. Pasang mangkokan baru dengan memanfaatkan mangkokan bekas sebagai bantalan. Pastikan mangkok baru terpasang secara rata dan mentok pada dudukannya. (Mangkokan bawah mentok ke atas, mangkokan yang atas mentok ke bawah)

14. Bersihkan mangkokan dari kotoran, lalu beri greace/stempet secara merata.

15. Susun pelor/bearing/bola baja secara rapi dengan jumah yang tepat, tidak kurang juga tidak lebih. Karena kurang atau lebih satu pelor saja akan sangat berpengaruh pada hasilnya.

16. Selanjutnya pasang segitiga ke sasis/kerangka, Tahan segitiga pada posisi yang tepat (mentok ke atas), jangan sampai goyang-goyang atau anjlok turun walaupun hanya sedikit. Jika sampai anjlok, biasanya bola baja akan berantakan dan harus ditata ulang. Jika sendiri kesulitan, bisa meminta bantuan teman untuk menyangga segitiga.

17. Pasang setelan komstir (top thread) dan kencangkan,kemudian pasang washer (ring) dan mur 32 (lock nut), dan lakukan penyetelan yang pas pada komstir. Buat segitiga tidak oblak juga tidak seret.

18. Pasang kembali stang, roda depan dan semua komponen yang mendukung motor bisa dikendarai untuk dicoba hasilnya.

19. Setel kembali mur setelan komstir jika kurang pas. Jika stang terasa berat atau saat dikendarai terasa goyang-goyang (gleyor) seperti akan jatuh, artinya setelan terlalu kencang. Tetapi jika direm depan dengan keras atau melewati jalan berlubang terasa jeglok-jeglok artinya setelan terlalu kendor.

20. Setelah setelan sudah benar, pasang kembali cover depan dan semua part yang telah dibuka, selesai.

Baca juga: Cara Mengatasi Lampu Depan Vario 125 Mati

Untuk lebih jelasnya, sobat bisa tonton video tutorial cara pasang komstir di bawah ini:

Demikian tutorial cara pasang komstir vario 125, Beat dan Sccopy atau Yamaha Mio J, Soul GT, Yamaha M3 atau motor matic lainnya. Karena pada dasarnya caranya sama, yang membedakan biasanya terletak pada model covernya atau pun model baut yang digunakan. Semoga bermanfaat.